Indonesia 2022 Siap Digelar – KRJOGJA berbincang dengan 900 seniman dan pegiat budaya - WisataHits
Yogyakarta

Indonesia 2022 Siap Digelar – KRJOGJA berbincang dengan 900 seniman dan pegiat budaya

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk pertama kalinya digelar event besar festival seni bertajuk Indonesia Menceritakan 2022 yang akan digelar di Taman Wisata Candi Borobudur pada 7-11 September 2022.

Indonesia Bertutur 2022 hadir sebagai wadah untuk menjaga budaya yang berkelanjutan, sehingga warisan budaya yang tersebar di seluruh Indonesia tidak hanya “diam”, tetapi dapat membuka mata generasi muda untuk lebih memahami warisan budaya dan menjadi sumber pengetahuan.

Diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), festival ini mengusung tema “Living the past, grow the future” dengan menampilkan 20 aset budaya sebagai bahan pilihan para pelaku budaya dalam karyanya.

Pada acara Talking about Indonesia Speaking yang diadakan di Artjog 2022, Artjog Director Indonesia Talking 2022 Melati Suryo Dharmo menjelaskan program apa saja yang akan diputar di festival tersebut.

“Indonesi Bertutur merupakan media event terbesar karena ada beberapa program besar yang meliputi penyelamatan lima gunung dan warga sekitar serta 300 penari mesin ketik. Ada juga Festival Cahaya (video mapping) yang diproyeksikan ke Candi Borobudur dan Festival Tari,” jelas Melati.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) juga terlibat dalam festival ini. Cagar budaya tersebut adalah Sangiran (Jawa Tengah), Liang Bua (Nusa Tenggara Timur), Leang-Leang (Sulawesi Selatan), Gugus Misool (Papua Barat), Sangkulirang (Kalimantan Timur), Lore Lindu (Sulawesi Tengah), Kutai Kartanegara (Kalimantan). ), Tarumanegara (Jawa Barat), Kompleks Candi Dieng, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Prambanan (Jawa Tengah), Candi Gunung Kawi (Bali), Muara Takus (Riau), Muaro Jambi (Jambi), Candi Jago, Candi Singosari, Trowulan (Jawa Timur) dan Candi Bahal (Sumatera).

Melati menambahkan, acara ini diadakan untuk anak muda untuk merangsang minat terhadap warisan budaya yang dulunya hanya untuk pariwisata, sekarang bisa dikunjungi dan bisa memberikan manfaat lebih.

Indonesia Speaks juga akan dimeriahkan oleh penampilan sejumlah artis milenial antara lain Tulus, Letto, The Fox, Ardhito Pramono, The Finest Tree, OM Wawes, Paksi Band, Teater Garasi dan masih banyak lagi.

Festival ini semakin spesial karena bertepatan dengan Kepresidenan Indonesia G20, menjadikan kegiatan ini sebagai agenda kegiatan budaya G20. Sebanyak 900 seniman dan pegiat budaya akan memamerkan lebih dari 100 karya di ajang akbar ini.

Harapannya, tayangan Indonesia Speaking 2022 dapat menjadi sumber pendidikan, pengalaman dan inspirasi bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk ikut terlibat melestarikan warisan seni dan budaya Indonesia. Acara ini tidak dipungut biaya, alias gratis. Pengunjung diharapkan mendapatkan berbagai pengalaman menarik di Indonesia Speaking 2022.

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button