Pekan Budaya Disabilitas 2022 siap digelar di Yogya - WisataHits
Yogyakarta

Pekan Budaya Disabilitas 2022 siap digelar di Yogya

Dari: Mo. Jauhar al-Hakimi / Senin, 28 November 2022 10:56

Pekan Budaya Disabilitas 2022 siap dimulai

Media Gathering PBD 2022 di Balai Kundha Ka Budayaan DIY, Sabtu siang (26/11). (Foto: Naskah Dinas PBD 2022).

Gudeg.net – Temu media Pekan Budaya Disabilitas (PBD) 2022 digelar pada Sabtu sore (26/11) di Pendapa Kundha Ka Budayaan DIY Jalan Cendana No.11, Semaki, Yogyakarta.

Angkat topiknya Ngayomi Ngayemi“, PBD 2022 akan diselenggarakan mulai tanggal 28 November hingga 3 Desember 2022 di kawasan Bendungan Tegal Jayan – Desa Wisata Imogiri Kebon Agung.

Dalam jumpa pers, Ketua Panitia dan Manajer Produksi M Arif Wijayanto atau yang lebih dikenal dengan Broto Wijayanto menyatakan bahwa alasan dipilihnya Desa Wisata Kebon Agung Imogiri tidak hanya untuk mencerminkan wisata pedesaan dengan alamnya yang asri dan dilengkapi dengan atraksi Wisata Bendungan Tegal dan kuliner unik yaitu mie ayam.

Terlebih lagi karena ada keinginan untuk sementara mengalihkan kepedulian kita terhadap sahabat disabilitas ke pedesaan, artinya kita juga harus hadir di hati, apalagi Imogiri merupakan daerah yang beberapa warganya merupakan penyandang disabilitas dari tahun 2006 gempa bumi.

“Karena banyak tanaman pisang di negeri ini, kita akan pergi dari sana. Bahwa kita bisa menjaga diri dengan tanaman pisang. Selain itu dengan daun pisang kita juga bisa. Diam karena Anda bisa menyajikan makanan. Karena dalam mengolah tempe, nagasari dan makanan lainnya, daun pisang tidak bisa dikesampingkan. Daun pisang adalah simbol yang mengayomi dan melindungi sahabat difabel,” kata Broto Wijayanto saat jumpa pers, Sabtu (26/11) siang.

Art Director Do-It-Yourself Culture Service Aryanto Hendro Suprantoro menjelaskan bahwa ketika kita berbicara tentang budaya secara inklusif, berarti kita juga perlu memikirkan keberadaan dan peran aktif teman-teman difabel, tidak hanya tentang subjek, tetapi juga subjeknya. Imogiri salah satunya karena ada beberapa warga yang cacat akibat gempa tahun 2006 lalu.

“Jika sebagian besar daerah hanya menyelenggarakan pekan olahraga, maka kita memiliki sesuatu yang bisa dibanggakan, yaitu dapat menyelenggarakan pekan budaya disabilitas secara rutin. Sementara itu, kita bisa saling bertemu secara tidak langsung dengan bersilaturahmi di kampung Bagikan budaya, termasuk kemampuan memahami budaya dan kebutuhan teman difabel,” ujar Aryanto Hendro.

Pekan Budaya Disabilitas 6 Hari 2022 akan dibuka pada 28 November di kawasan Tegal Jayan Bende – Desa Wisata Imogiri Kebon Agung dengan penampilan Puser Bumi, sebuah grup musik Yogyakarta yang setiap anggotanya adalah penyandang disabilitas netra. . Grup musik ini telah tampil di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Selain Puser Bumi, Ndaru ‘Ndarboy Genk’, musisi dangdut asal Bantul, Yogyakarta juga memeriahkan acara tersebut.

Rangkaian acara PBD 2022 meliputi workshop, talk show, pentas seni (wayang, kethoprak, jathilan, tari, teater, operet), pemutaran film dan bazaar selama PBD. Informasi pelaksanaan terkini tersedia di akun media sosial PBD 2022 Instagram: @pekan Budayadifabel, Tiktok: @pekan Budayadifabel, Facebook: @pekanbudayadifabel, Twitter: @pekandifabel

Poster Pekan Budaya Disabilitas 2022. (Foto: dokumen resmi PBD 2022)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button