Haul Habib Abu Bakar bin Salim, Habib Ali Al-Jufri Apresiasi Umat Islam Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

Haul Habib Abu Bakar bin Salim, Habib Ali Al-Jufri Apresiasi Umat Islam Indonesia

jakarta, JATMAN Online – Haul adalah bagian dari Syiar Islam memperingati sosok pribadi Ulama yang baik, Habaib, Kiai dan lainnya. Ambil pelajaran dari para tokoh yang telah banyak berjuang (لاعلاء لمة الله) baik akhlak maupun mua’a’lah agar menjadi hamba yang memperoleh kemuliaan Allah SWT.

Haul sudah menjadi tradisi di kalangan umat Islam Indonesia, terutama haul Al-Imam Fakhrul Wujud As-Syekh Al-Habib Abu Bakar bin Salim di Kediaman Al-Habib Muhsin Al-Hamid, Kompleks Pertahanan dan Keamanan Cidodol, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan , Minggu pagi (21/21 08).

Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri Karakter ulama moderat yang selalu berdakwah ala Tariqah Alawiyah mengajak para pecinta Al-Imam Fakhrul Wujud As-Syekh Al-Habib Abu Bakar bin Salim untuk selalu mengutamakan akhlak akhlakul karimah. Nabi Muhammad.

“Akhlak Nabi Muhammad SAW kepada Allah adalah menjalani hidup dengan keikhlasan, keikhlasan adalah kunci kemuliaan seorang hamba agar dapat menerima anugerah terindah dan terbesar berupa pahala yang tak terhitung (بغير اب)” kata Habib Ali Al-Jufri.

Habib Ali Zainal Abidin Al-Jufri mengapresiasi umat Islam Indonesia memenuhi jalan-jalan dengan tertib, tak ada yang bisa dilakukan selain mengunjungi dan memanfaatkan Haul Al-Imam Fakhrul Wujud As-Syekh Al-Habib Abu Bakar bin Salim.

“Kehadiran kalian semua dengan segala kondisi, baik yang mengetahui peristiwa haul ini maupun yang baru bergabung, maka Allah Yang Maha Pengasih mengampuni umat yang hadir (قد لهم) tanpa kecuali, sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW,” kata Habib yang merupakan lulusan Fakultas Dirasat Islamiyyah Universitas Shan’a di Yaman ini.

Perlu dicatat bahwa menurut silsilah, Syekh Abubakar adalah keturunan (Dhurija) dari Nabi Muhammad SAW dilanjutkan melalui Sayyidah Fatimah Azzahra binti Rasulillah Saw yang menikah dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib Ra.

Berikut Silsilah Syekh Abu Bakar bin Salim bin Abdillah bin Abdurahman bin Abdullah bin Abdurahman Assegaf bin Muhammad Al-Mudawailah bin ‘Ali bin ‘Alwi Al-Ghuyur bin Muhammad bin ‘Ali bin Muhammad Shahib Mirbath bin ‘Ali bin ‘Alwi bin Muhammad bin ‘Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir bin ‘Isa ar-Rumi bin Muhammad al-Naqib bin ‘Ali al-Uraidhi bin Ja’far al-Sadiq bin Muhammad al-Baqir bin ‘Ali al-Ashghar Zainal Abidin bin Husein Sayyidus Syuhada bin ‘Ali Karaamallahu wajhah wa Sayyidatina Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah Muhammad SAW.

Syekh Abubakar bin Salim juga menulis banyak buku terutama yang berkaitan dengan Tasawwuf termasuk Miftah as-Sara’ir wa Kanz adz-Dzakha’ir yang ia susun sebelum ia berusia 17 tahun. Mi’raj Al-Arwah yang membahas tentang ilmu alam.

Acara Haul diawali dengan pembacaan Tawasul an Aulia dari Habaib dan Masyayekh Tanah Jawa hingga Timur Tengah, dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Simtud Duror dan pembacaan Qosoid (Wosidah) yang diiringi oleh Tawon Hadroh. Acara Haul dihadiri oleh ribuan jamaah dari berbagai penjuru Nusantara, Habaib dari Yaman, Malaysia, Singapura, dari seluruh Jabodetabek, Kiai dari seluruh Jabodetabek, Pakar Thoriqoh Mu’tabaroh dan Nahdliyin dari seluruh Jabodetabek.

Wartawan: Abdul Mun’im Hasan

Penerbit: Warto’i

Source: jatman.or.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button