Optimalisasi potensi desa dievaluasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat - WisataHits
Jawa Barat

Optimalisasi potensi desa dievaluasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

jakarta

Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan atau Syarief Hasan mengatakan, desa-desa di Indonesia pasti memiliki potensi. Jika dikembangkan secara optimal, maksimal dan dikelola secara profesional, potensi tersebut pasti akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan secara keseluruhan.

“Banyak potensi desa yang bisa dikembangkan, seperti B. seni kuliner khas, wisata alam dan kekayaan seni budaya. Namun sebagian besar dikelola oleh masyarakat secara individu dan masih menggunakan cara tradisional. Dukungan yang diperlukan untuk pengelolaan aset desa untuk meningkatkan produksi dan memperluas jaringan pemasaran harus diperkuat,” kata Syarief dalam keterangannya, Selasa (9/8/2022).

Demikian disampaikan Ketua MPR Partai Demokrat usai keikutsertaan dan sebagai narasumber utama dalam acara diskusi interaktif “Community Hearing” di aula lembah Sarongge bekerjasama dengan MPR RI dan pemerintah desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (9/8). ).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Syarief Hasan melanjutkan, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa harus didukung agar dapat bertahan dan berkembang.

“Sesampai di desa Ciputri, saya berkesempatan untuk melihat stand produk kuliner khas desa ini yang dikelola oleh BUMDes. Saya perhatikan produknya bervariasi dan kemasannya tidak kalah dengan produk di supermarket besar.” dia berkata.

Ia melanjutkan, berdasarkan penuturan manajemen, BUMDes Ciputri ini masuk dalam 10 besar terbaik se-Kabupaten Cianjur. Saat ini BUMDes Ciputri sedang bersiap untuk menjadi yang terbaik di Jawa Barat.

Syarief Hasan melihat tidak hanya produk kuliner tetapi juga desa Ciputri memiliki kekayaan seni budaya termasuk pencak silat.

“Saya melihat kegiatan pencak silat yang dilakukan oleh anak-anak sekolah sangat bagus dan bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata budaya. Ketika saya bertemu dengan seniman desa, saya menyadari bahwa mereka sangat mencintai budaya mereka secara keseluruhan dan saya sangat menghargai mereka. Pejuang budaya ini perlu didukung, “jelasnya.

Ia kemudian mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membeli produk lokal desa, karena melihat betapa pentingnya pengembangan produk lokal bagi kesejahteraan warga.

“Saya sendiri membeli beberapa produk desa Ciputri ini karena saya melihat produknya enak dan enak. Ini juga sebagai bentuk dukungan tulus saya kepada warga desa. Saya mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk mencintai produk desa untuk kepentingan bersama. “kebangkitan ekonomi desa dan kesejahteraan orang-orang shaleh,” ujarnya. .

Sebagai informasi, acara tidak hanya diisi dengan diskusi tetapi juga menghadirkan pameran berbagai produk kuliner lokal yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ciputri.

Turut hadir dalam diskusi tersebut Kepala Desa Ciputri Nia Novi Hertini, Kepala BUMDes Irfan Nasution dan sekitar 100 orang masyarakat sekitar sebagai peserta.

(fhs/ega)

Source: news.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button