Wisata Gratis Taman Balai Kota Bandung - WisataHits
wisatahits

Wisata Gratis Taman Balai Kota Bandung

Wisata Gratis Taman Balai Kota Bandung

Harga Tiket Masuk Taman Balai Kota Bandung: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Wastukancana No.2 Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40117.

Taman Balai Kota Bandung atau lebih dikenal dengan Taman Balai Kota Bandung yang berdiri di tengah kota Bandung. Itu dulunya adalah tanah yang ditutupi pepohonan rimbun berusia ratusan tahun.

Dulunya tempat ini disebut Taman Dewi Sartika karena terdapat patung tokoh pendidikan Dewi Sartika. Gedung balai kota juga merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Bandung.

Pada zaman dahulu, gedung balai kota yang berdiri saat ini adalah a kafe pakhui atau dalam bahasa Indonesia disebut kafe. Adries de Wilde adalah pemilik bangunan yang dikenal sebagai pemilik sekaligus asisten residen Priangan.

Baca: Tiket Masuk Dago Dream Park dan Photo Walk yang Menawan

Gudang kopi ini didirikan pada saat perkebunan kopi di Bandung berkembang pesat. Kemudian gudang tersebut dibongkar pada tahun 1927 dan didirikanlah gedung balai kota yang saat ini dikenal masyarakat.

Taman yang tadinya kurang diminati ini kini ramai pengunjung sejak diresmikan pada 19 Desember 2017 lalu. Tempat ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas agar pengunjung dapat memanfaatkan ruang taman dengan maksimal.

Taman Kota Bandung juga memiliki koleksi tugu yang biasa dijadikan spot foto bagi pengunjung. Tak kalah menarik, taman yang terbentang luas dihiasi dengan bunga cantik berwarna-warni yang akan membuat siapapun betah memandangnya.

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Lengkap

Harga Tiket Masuk Taman Balai Kota Bandung

Bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan segala fasilitas dan melakukan aktivitas di Taman Balai Kota tidak dipungut biaya alias gratis masuk.

Baca: JALAN BRAGA Bandung: 4 Kegiatan Menarik

Jam Buka Taman Balai Kota Bandung

Jam Buka Taman Balai Kota Bandung
Setiap hari 24 jam

Taman Balai Kota dibuka untuk umum setiap hari, Senin hingga Minggu dengan jam berkunjung tidak terbatas. Namun secara umum menyesuaikan jam kerja pemerintah yaitu pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.

Taman Kegiatan di Taman Balai Kota Bandung

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di taman hiburan ini. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Balai Kota Badung antara lain:

Baca: Wisata Edukasi Kebun Binatang Bandung: Tiket Masuk, Aktivitas dan Atraksi

Taman Labirin

Labyrinth Park merupakan wahana yang paling menarik di Taman Balai Kota Bandung. Ini memiliki empat pintu masuk ke arah yang berbeda dengan rumput tinggi ditanam untuk menghalangi pandangan orang dewasa.

Ini adalah daya tarik utama Taman Labirin karena pengunjung harus mencoba mencari jalan keluar melalui pintu lain. Saat berjalan melalui arena ini, yang Anda lihat hanyalah tembok sampai Anda mencapai pintu keluar lain, itulah sebabnya wahana ini disebut taman labirin.

Olahraga Lari

Di area taman juga terdapat jalan setapak bagi pengunjung yang ingin melakukannya joging dengan keluarga. Meski berada di tengah kota, tidak membuat taman ini dipenuhi polusi berlebihan.

Hal ini dikarenakan banyaknya pepohonan tinggi menjulang yang membuat kawasan ini tetap sejuk. Dengan demikian, aktivitas fisik tetap dapat dilakukan dengan baik tanpa khawatir akan polusi udara.

Baca: Rabit Town Bandung: Tiket Masuk dan Aktivitas Seru

Ambil foto

Setelah direvitalisasi oleh Walikota Bandung, Bapak Ridwan Kamil, Taman Balai Kota Bandung kini lebih modern. Ada berbagai tempat menarik yang bisa dijadikan latar foto oleh pengunjung.

Salah satunya adalah area gembok cinta yang biasa digunakan pasangan muda-mudi untuk mengabadikan momen mereka. Ada juga taman bunga yang dihiasi tanaman-tanaman cantik yang ditata dengan cermat sehingga menjadi spot favorit pengunjung.

Area bermain anak dan area kebugaran

Pengunjung yang membawa anak-anak pasti tidak akan bosan karena Taman Balai Kota Bandung menawarkan ayunan dan jungkat-jungkit. Orang tua dapat mengawasi anak-anak mereka di ruang tunggu yang tersedia kursi.

Tersedia pula arena olahraga dewasa yang dilengkapi dengan peralatan olahraga sederhana seperti di pusat kebugaran. Pengunjung dapat menggunakan alat ini kapan saja tanpa batas waktu yang ditentukan.

Baca: Tiket Masuk Taman Cikao Purwakarta dan 6 Aktivitas Permainan Air

Tempat berkumpulnya anak muda

Taman Balai Kota Bandung menjadi sangat multifungsi bagi warga Bandung dengan segudang aktivitas. Anak muda sering menggunakan taman ini untuk berkumpul dengan teman-temannya bahkan ada yang menghabiskan waktu berduaan dengan pasangannya.

Pengunjung juga akan menemukan kegiatan lain seperti berlatih menari, parkour, sepak bola, dll. Hal tersebut juga dilatarbelakangi oleh beberapa spot foto menarik berupa patung badak putih, konon pada zaman dahulu taman ini merupakan tempat pemandian badak putih.

permainan air sungai

Tidak hanya ayunan dan tempat bermain goyang yang disediakan untuk buah hati. Pengunjung juga bisa mengajak putra-putrinya bermain di kawasan sungai yang airnya dingin.

Aliran yang ada di taman tersebut adalah Sungai Cikapayang yang sudah mengalami proses penyaringan agar anak-anak bisa bermain. Orang tua hanya perlu mengawasi kegiatan bermain anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Museum Geologi Bandung

Fasilitas di Taman Balai Kota

Fasilitas yang tersedia di taman ini cukup lengkap layaknya taman kota seperti tersedianya toilet pria dan wanita. Ada juga fasilitas kesehatan, terutama berupa puskesmas kecil yang terletak di dekat pintu masuk taman.

Dilengkapi juga dengan arena alat olahraga fitnes yang dapat dinikmati pengunjung sesuka hati. Ada juga mushola dengan bangunan hijau di salah satu sudut taman.

Baca: Tiket Masuk Cikole Orchid Forest dan Beragam Aktivitas Seru

Gembok cinta, sebagai tempat yang digunakan para remaja untuk menuliskan nama mereka dan pasangannya di sebuah gembok, kemudian ditempelkan pada lokasi yang dimaksud. Mereka percaya bahwa dengan melakukan ritual ini, cinta mereka akan langgeng.

Dan taman satwa yang menjadi rumah bagi kelinci, ayam, dan burung yang dikurung, meski pengunjung tetap bisa menikmatinya dari dekat.

Transportasi Umum ke Taman Balai Kota Bandung

Angkutan umum yang melewati lokasi Taman Balai Kota Bandung ini cukup banyak. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum dengan jalur Kalapa-Ledeng, Stasiun Hall-Dago, Antapani-Ciroyom, Stasiun Hall-Ciumbuleuit dan Margahayu-Ledeng. Lalu minta turun di depan taman balai kota.

Alamat dan kontak Taman Balai Kota Bandung

Taman Balai Kota Bandung terletak di Jalan Wastukancana No. 2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Taman Balai Kota, Anda dapat menghubungi nomor (022) 4216402.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button