Festival Prawirotaman siap digelar lagi, catat tanggalnya! - WisataHits
Yogyakarta

Festival Prawirotaman siap digelar lagi, catat tanggalnya!

Ilustrasi kawasan Prawirotaman. [Suara.com/Chandra]

Festival ini berlangsung tepat di kawasan Prawirotaman, tepat di Jalan Prawirotaman I dan Prawirotaman II.

SuaraJogja.id – Berbagai kegiatan seni dan budaya di kota Yogyakarta terus bergulir. Yang terbaru adalah Festival Prawirotaman yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Agustus 2022.

Kepala Biro Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan Festival Prawirotaman diadakan untuk mempromosikan secara penuh potensi wisata di kawasan Prawirotaman. Festival tahun ini merupakan yang ke-10 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2013.

Pemilihan kawasan Prawirotaman sendiri tak lepas dari julukan desa internasional hingga saat ini. Selain itu, sejak Januari hingga sekarang, banyak turis asing terlihat membanjiri sudut kota Gudeg.

Momentum ini kami coba manfaatkan dengan memperbanyak event-event pariwisata berbasis potensi seni dan budaya yang ada di suatu daerah, kata Wahyu kepada tim media, Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Semarak Agustus, Balai Kota Sleman Gandeng Jogja Museum Expo hingga Jogja Fashion Week

Wahyu mengatakan pihaknya juga sedang mempertimbangkan pengaturan waktu rangkaian kegiatan seni budaya. Tepatnya pada saat peak season atau puncak kedatangan wisatawan asing di kota Jogja yaitu pada bulan Juli, Agustus dan September.

“Festival Prawirotaman akan ada karnaval dan diakhiri dengan pertunjukan seni budaya. Dilaksanakan pada Sabtu, 27 Agustus 2022 mulai pukul 14.00 hingga 21.00 WIB,” jelasnya.

Festival ini berlangsung tepat di kawasan Prawirotaman, tepatnya di Jalan Prawirotaman I dan Prawirotaman II dengan mengusung konsep seni pertunjukan yang bercorak internasional.

“Akan dimulai dengan upacara pembukaan, kemudian akan ada karnaval budaya. Kemudian kita akan memiliki pertunjukan musik di daerah tersebut. Kami akan mengajak seluruh elemen seni budaya yang ada di kawasan Prawirotaman dan sekitarnya,” ujarnya.

Tahun ini Festival Prawirotaman memiliki motto “Bhinneka Tunggal Ika”. Tema tersebut dapat diartikan sebagai sinergi dari seluruh elemen yang ada di kawasan Prawirotaman.

Baca Juga: Siap-siap! Balai Kota Sleman mengadakan acara belanja untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, banyak diskon menanti Anda!

Sehingga Prawirotaman juga bisa lebih mendunia nantinya. Selain itu, tidak menutup kemungkinan untuk mempopulerkan kembali citra kawasan Prawirotaman sebagai desa bagi wisatawan asing.

“Semoga acara Prawirotaman ini benar-benar dapat menarik wisatawan mancanegara yang menginap di Prawirotaman untuk melihatnya,” harapnya.

“Kemudian diharapkan seluruh potensi wisata yang ada di Prawirotaman nantinya akan mendunia, mendunia, sehingga dapat meningkatkan daya tarik daerah tersebut sehingga dapat terus dikunjungi wisatawan mancanegara,” lanjutnya.

Karnaval budaya juga akan digelar nanti untuk membuka Festival Prawirotaman. Ada 10 kelompok yang mengikuti pawai budaya, yaitu Pasukan Berkuda, Tari Gila, Bregodo Wirotomo, Gedrug, Andong, Kapi Terwelu, Wanita Berkebaya, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Asrama Mahasiswa Kaltim dan Asrama Mahasiswa Sumatera Barat.

Selama karnaval budaya, Jalan Prawirotaman I dan II akan ditutup total mulai pukul 16.00-17.00 WIB. Pada malam hari, Jalan Prawirotaman I akan ditutup total antara pukul 18:00 hingga 22:00 WIB karena adanya festival musik.

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button