Rute Cinomati dihapus dari Google Maps selama Nataru, ada apa? - WisataHits
Yogyakarta

Rute Cinomati dihapus dari Google Maps selama Nataru, ada apa?

Memuat…

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan, jalur menuju Tanjakan Cinomati di Wonolelo, Pleret, Bantul akan dihapus dari Google Maps selama libur Nataru. Foto/MPI/John Demo

BANTUL – Jalur Pendakian Cinomati di Wonolelo, Pleret, Bantul akan dihapus dari Google Maps selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Keputusan itu dibuat untuk mencegah sejumlah besar kendaraan melintasi jalur curam yang berbahaya itu.

“Jadi sifatnya sementara. Kami akan mengajukan permintaan ke Google untuk menghapus jalur Cinomati Climb dari peta Google,” kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan usai rapat koordinasi persiapan Hari Nataru, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga: Ikuti Google Maps Mobil Ini Ternyata Tersesat Di Tengah Hutan Hantu

Kapolres menjelaskan, Tanjakan Cinomati merupakan salah satu jalur dengan tingkat kecelakaan yang sangat tinggi. Pasalnya, kontur lereng Cinomati sangat terjal.

Sedangkan dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak pengendara yang ingin melakukan perjalanan saat liburan Natal dan Tahun Baru dan mencari jalur alternatif dengan menggunakan layanan Google Maps.

“Bayangkan saya dari Jakarta misalnya, orang luar Yogyakarta yang tidak tahu kondisi jalan kebanyakan diarahkan lewat jalur Cinomati. Jalur Cinomati saat ini cukup rawan kecelakaan karena konturnya yang sangat terjal,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan strategi tersebut dengan harapan pengendara dari luar wilayah Yogyakarta tidak melewati jalur berbahaya tersebut. Menurutnya, cara tersebut sudah pernah digunakan dan cukup efektif untuk mengusir kendaraan dari luar wilayah Yogyakarta.

Baca juga: Waspadai Macet! 1,1 juta kendaraan akan memasuki Jogja selama liburan Nataru

“Kami menggunakannya seperti itu tahun lalu. Awalnya kami mengira tidak banyak pengendara yang akan melewati Cinomati. Kami mengembangkan metode ini dan ternyata cukup efektif,” katanya.

Meski demikian, pihaknya akan terus memantau, menyiagakan petugas di lapangan untuk mengantisipasi kecelakaan.

Menurutnya, beberapa jalur rawan kecelakaan saat liburan Natal dan Tahun Baru antara lain Jalan Jogja Wonosari khusus di kawasan wisata Bukit Bintang, Jalan Parangtritis dan Jalan Mangunan.

“Selain mengantisipasi kecelakaan, kami akan mengingatkan aparat untuk mengurangi kemacetan,” ujarnya.

(shf)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button