Kuliner lezat ini wajib Anda cicipi saat berwisata ke Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Kuliner lezat ini wajib Anda cicipi saat berwisata ke Solo

Kuliner sudah menjadi program wajib saat berwisata ke kota Solo. Pasalnya, kota tersebut memiliki julukan semangat jawa Menawarkan banyak menu tradisional lezat yang siap menggiurkan lidah Anda sepanjang hari.

Karena banyaknya tempat wisata kuliner di Solo, Anda harus pandai-pandai menjadwalkan kunjungannya agar tidak ketinggalan menu-menu favorit Anda.

Penasaran dengan kuliner enak di Solo yang mungkin bisa membuat lidah Anda bergoyang? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Gudeg Ceker Margoyu dan istri Kasno

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloGudeg Cakar Margoyudan Bu Kasno (instagram.com/mr.roydigital)

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno buka mulai pukul 01.00 hingga 07.00. Meski buka di waktu yang tidak biasa, antrean pembeli yang penasaran atau ketagihan cita rasa gudeg selalu mengular, lho.

Seperti namanya, lauk pauk tanda tangan Gudeg Margoyudan Bu Kasno adalah ceker ayam yang terkenal empuk dan enak. Anda bisa menikmati menu utama di sini dengan nasi putih atau bubur hangat.

2. Timlo Sastro

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloSemangkuk Telur Timlo (instagram.com/nyonyodoyanmakan)

Bagi yang belum pernah mendengar timlo, sajian kuliner ini menyajikan risol, hati ampela, daging sapi, dan telur rebus dalam kuah bening yang segar. Nasi putih disajikan terpisah dengan taburan bawang goreng.

Ada banyak stand Timlo di Kota Solo. Namun, jika Anda mencari Warung yang paling terkenal, datanglah ke Warung Timlo Sastro. Tak hanya kualitas rasa yang meyakinkan, suasana kedai pun bersih dan nyaman.

3. Sate kambing tambak segar

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloSate Kambing Tambak Segaran (instagram.com/kyirfano)

Sate kambing mungkin terdengar biasa saja di lidah Anda. Namun, sate kambing yang satu ini cukup unik dan berbeda lho. Di Stan Sate Kambing Tambak Segaran, Anda bisa mencicipi bakpao sate yang terbuat dari daging kambing premium.

Alih-alih dipotong dadu, daging kambing dicincang halus, dibumbui, lalu dibungkus atau dibungkus dibundel gunakan lemak tipis pada tusuk sate.

Kemudian sate kambing tersebut dibakar hingga matang. Itu terasa seperti? Jangan tanya. Rempah-rempahnya sangat pedas!

4. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloNasi Liwet Bu Wongso Lemu (instagram.com/mimolette_1106)

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu bisa direncanakan sebagai malam kuliner. Sepiring nasi liwet hangat yang disajikan dengan suwiran ayam kampung, labu siam, telur rebus, dan areh dijamin membuat lidah Anda sulit berhenti mengunyah.

Penyajian nasi liwet dengan daun pisang menambah keharuman masakan ini. Jangan lupa tambahkan cabai rawit untuk menambah cita rasa dan menggugah selera.

5. Penjara Rawon Bu Har

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloPenjara Rawon Bu Har (instagram.com/ny.rempong)

Dari segi tampilan, Penjara Rawon Bu Har sekilas tidak ada yang istimewa. Percayalah, Rawon yang berada tepat di sebelah LP Surakarta ini akan membuat Anda jatuh cinta pada gigitan pertama.

Kaldunya enak dan segar, potongan dagingnya berdaging, dan Anda bisa menambahkan kecambah dan daun kemangi sebanyak yang Anda suka. Agar lebih mengenyangkan, pesanlah sepiring Rawon dengan telur asin. Besar Tiang!

6. Tengkleng Klewer Bu Edi

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloTengkleng Klewer Bu Edi (instagram.com/papalapar)

pencinta kerangka najis hukum skip tengkleng Klewer Bu Edi. Mengapa? Karena rasa kelezatannya tidak pernah mengecewakan.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Dagingnya pasti empuk, kuah tengkleng kaya bumbu dan disajikan dengan daun pisang pincuk.

Jika ingin mencoba Tengkleng Klewer Bu Edi, harap datang 30 menit atau satu jam sebelum buka. Karena antrean pembeli sering berkelok-kelok di sini, meski tokonya belum dibuka, Rakyat.

Baca Juga: 10 Malam Kuliner Legendaris Saja, Enak Sepanjang Zaman

7. Soto Gading

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloSoto Gading (instagram.com/randset92)

Berbeda dengan soto biasa yang berkuah kuning kecoklatan atau menggunakan santan, Soto Gading menawarkan kuah bening. Sekilas, kuahnya lebih mirip kuah bakso.

Semangkuk soto gading berisi nasi putih, bihun, dan suwiran ayam, lalu dituangi kuah bening panas dan ditaburi bawang goreng dan seledri cincang. Rasanya hangat, asin dan sangat segar. kamu bisa menambahkan Hiasan, seperti tempe goreng dan aneka sate.

8.Harjo Bestik

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloHarjo Bestik (instagram.com/anggajoan)

Harjo Bestik yang hanya buka pada malam hari tidak pernah sepi pengunjung. Terkenal seantero kota Solo, Harjo Bestik memiliki cita rasa khas yang bisa membuat Anda ketagihan.

Rasa manis yang mendominasi bumbu Bestik berpadu dengan telur, daging sapi, selada, kentang dan wortel. Selain telur dan daging sapi, varian bestik lain yang bisa Anda coba adalah daging ayam, hati ampela, brutu, dan usus. Yang mana yang kamu mau?

9. Warung Selat Mbak Lies

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloSelat Mbak Lies (instagram.com/coolinerin.id)

Jika Anda menyukai kuliner khas Selat Solo, Warung Mbak Lies tidak boleh Anda lewatkan. Sepiring selat Mbak Lies menyajikan steak, telur rebus, selada, buncis, kentang dan wortel dalam kuah yang gurih dan manis.

Dari isi sajian kuliner ini, terlihat jelas bahwa Solo Strain Food merupakan perpaduan masakan Eropa dengan cita rasa khas Solo.

Ketika Anda datang ke stan mereka, Anda akan menemukan desain interior yang cukup unik karena stan Mbak Lies dipenuhi dengan banyak piring keramik, gelas, dan lukisan.

10. Sate Kere Yu Rebi

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloSate Yu Rebi kere (instagram.com/anggolo_pryadiy)

Tahukah Anda bahwa sate kere terbuat dari tempe gembus? Pada zaman dahulu, orang miskin pengemis menganggap daging sapi terlalu mahal untuk dibeli dalam bahasa Jawa. Sebagai pengganti daging, tempe gembus digunakan untuk membuat sate.

Meski terbuat dari ampas pembuatan tempe, rasa Sate Kere Yu Rebi bisa diadu. Sebelum dibakar, Sate Kere Yu Rebi terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu rahasia.

Sate kere yang telah matang kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang manis dan pedas. Lezat!

11. Mie Ketoprak Yu Nani

11 kuliner yang menggugah selera ini wajib dicoba saat berwisata ke SoloMie Ketoprak Yu Nani (instagram.com/jogjafood)

Apakah Anda ingin mencoba pasta dan ketoprak dalam satu hidangan? Mampir saja ke Toko Yu Nani yang menjual sajian kuliner unik ini!

Satu porsi Mi Ketoprak Yu Nani memiliki isian lengkap mulai dari mie, bihun, daging, tahu, tauge, sosis solo, tempe, cakwe dan kacang tanah.

Isian tersebut kemudian direndam dalam kaldu gurih yang tidak mempan. Ditambah irisan cabai rawit, makin nikmat!

Selain sebelas kuliner tersebut, Solo memiliki segudang kuliner lezat lainnya. Namun, jika ingin mencicipi kuliner legendaris, jangan ke menu-menu di atas-melewati, Ya memang. Jadi kapan mau ke Solo Rakyat?

Baca Juga: 12 Bahan Makanan Isian Terpopuler di Selat Solo

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button