Ekowisata Tritis, destinasi wisata baru di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Ekowisata Tritis, destinasi wisata baru di Gunungkidul

TANJUNGSARI (Fakta9.com) _ _// Bekerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Yogyakarta, Kalurahan Ngestirejo kini menawarkan wisata “Tritis Ecotourism” di gua dan danau di Padukuhan Jaten, Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul.

Tur dibuka secara seremonial oleh Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, dihadiri oleh Kadishub, Kapolsek Tanjungsari, Forkompimkap Tanjungsari Pamong Kalurahan Ngestirejo dan para tamu undangan. Sabtu (11/5/2022).

Baca Juga: Longsor, Jalan Jogja-Wonosari Buka dan Tutup

Dalam sambutannya, Kepala Desa Ngestirejo, Suhendri, mengucapkan terima kasih atas kerja keras UPN dalam program pendampingan dan peningkatan kapasitas untuk berdirinya Tritis Ecotourism.

“Ini adalah hasil kerjasama 3 tahun antara Pemkal dan mahasiswa fakultas ekonomi.” Jelasnya.

Ekowisata Tritis secara garis besar merupakan ekonomi kreatif berbasis pariwisata yang menampilkan tidak hanya potensi alam, tetapi juga seni, tradisi, kuliner dan daya dukung lainnya seperti output UMKM yaitu kerajinan dari pelepah pisang dan pembuatan tepung mokaf.

“Untuk mempopulerkan ekowisata ini, kami akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk komersialisasinya.” kata Henri.

Meski demikian, Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian berharap pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul dapat didorong lebih jauh ke depan bagi wisatawan yang memiliki banyak pilihan untuk dikunjungi.

“Intinya, tujuan memiliki destinasi wisata di semua tempat di Gunungkidul adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Jelaskan itu.

Baca juga: Desa Wisata Tepus Masuk 50 Besar Peraih Penghargaan Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif 2022

Tak lupa, Arif juga menyampaikan apresiasinya kepada UPN atas kerjasama dan kerja cerdasnya untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul, khususnya di Padukuhan Jaten, Kalurahan Ngestirejo.

“UPN merupakan universitas yang relatif tua, memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukan kajian-kajian terkait geologi, sehingga kami berharap UPN dapat membantu kami di Kabupaten Gunungkidul dengan mengintervensi kajian pengembangan pariwisata di berbagai aspek.” kata Arief.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button