Bendungan beton di Ponjong Gunungkidul akan dilengkapi taman bermain dan menjadi destinasi wisata baru - WisataHits
Yogyakarta

Bendungan beton di Ponjong Gunungkidul akan dilengkapi taman bermain dan menjadi destinasi wisata baru

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah merampungkan Masterplan Revitalisasi Bendungan Beton di Desa Umbulrejo, Ponjong, Gunungkidul. Program ini merupakan upaya untuk merevitalisasi sektor pariwisata di sisi timur Gunungkidul.

Nurudin Araniri, Kepala Bidang Ekonomi dan Pengembangan Masyarakat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, mengatakan revitalisasi bendungan beton ini merupakan bagian dari upaya pengembangan desa wisata di Umbulrejo, Ponjong. Pembangunan masih dalam tahap perencanaan karena telah selesainya masterplan dan detail konstruksi (DED) tahap pertama. “Rencananya ada empat DED, tapi sekarang baru satu yang selesai untuk revitalisasi beton,” kata Nurudin, Rabu (14/9/2022).

Dia menjelaskan, lanskap bendungan akan dibuat. Juga akan ada toilet, kolam ikan, kolam renang anak, ice rink dan tempat kuliner.

DIDUKUNG: YouGov: Tokopedia jadi brand yang paling direkomendasikan untuk orang Indonesia

“Intinya ada upaya mempercantik kawasan beton sehingga bisa menarik pengunjung,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten baru telah mengusulkan anggaran revitalisasi melalui dana istimewa sebesar Rp 8 miliar untuk pembangunan tahap pertama.

“Jika disetujui, realisasi pembangunan akan dimulai pada 2024, karena usulan penggunaan dana harus diajukan dua tahun sebelum pelaksanaan pembangunan,” ujarnya.

Menurut dia, alokasi Rp8 miliar hanya digunakan untuk pembangunan tahap pertama. Menurut rencana, tiga tahap lagi direncanakan hingga selesainya renovasi sesuai dengan rencana induk yang dibuat.

“Ini harus dilakukan secara bertahap dan penataan kawasan ini diharapkan selesai pada 2028,” katanya.

Saptoyo, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, mengatakan pengembangan Desa Wisata Umbulrejo merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten untuk merevitalisasi pariwisata di sisi timur Gunungkidul.

BACA JUGA: Pencuri Spesialis Kambing Ditangkap Polisi Usai Aksi di 18 Lokasi

Sejauh ini, destinasi wisata masih terkonsentrasi di sisi selatan, terutama kawasan pantai. Oleh karena itu, ada upaya untuk mengembangkan destinasi selain kawasan pesisir. “Salah satunya di Umbulrejo, Kapanewon Ponjong,” katanya.

Umbulrejo memiliki banyak potensi. Selain keragaman budaya, kawasan ini memiliki potensi sumber daya alam berupa gua, gundukan tanah dan keberadaan bendungan beton.

“Pengembangan pariwisata ini akan fokus pada bendungan beton. Nantinya akan ada integrasi antar target seperti Gua Beton Cokro atau lainnya karena merupakan satu kawasan,” ujarnya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button