Dikhawatirkan kenaikan harga BBM akan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Gunungkidul - KRJOGJA - WisataHits
Yogyakarta

Dikhawatirkan kenaikan harga BBM akan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Gunungkidul – KRJOGJA

WONOSARI, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkiduk memperkirakan kenaikan harga minyak pemanas (BBM) berpotensi berdampak pada penurunan kunjungan wisatawan ke Gunungkidul. Langkah ini diambil karena sebagian besar wisatawan menggunakan transportasi darat.

“Efek kenaikan harga BBM, sementara, diperkirakan akan berdampak pada penurunan jumlah pengunjung,” kata Mohamad Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul.

Kenaikan harga BBM yang signifikan secara otomatis akan meningkatkan biaya perjalanan darat. Dampaknya tentu akan menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan yang berpotensi menurun menjadi berkurang.

Sejauh ini, meskipun ada potensi penurunan, namun dampak penurunan tersebut belum terlihat untuk kunjungan harian selain hari libur dan hari Minggu. Karena pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi juga baru-baru ini, “kami berharap jumlah wisatawan baru turun selama akhir pekan,” tambahnya.

Pihaknya saat ini sedang melakukan kajian dampak kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. Sosialisasi melalui media sosial juga dilakukan. Antara lain dengan memberi tahu wisatawan bahwa meski harga BBM bersubsidi naik, pajak wisata Gunungkidul tetap kompetitif.

Sosialisasi yang baru-baru ini dilakukan bersama Himpunan Pelaku Pariwisata di Gunungkidul, salah satu topik pembahasannya adalah dampak kenaikan harga BBM bersubsidi. “Kami terus menjaga kontak dengan wisatawan,” pungkasnya. (bmp)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button