Pantai Nambung, pantai unik dengan air terjun yang indah di Lombok - WisataHits
wisatahits

Pantai Nambung, pantai unik dengan air terjun yang indah di Lombok

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Lombok selalu dikenal sebagai tujuan wisata yang indah dan mempesona. Pantai ini mampu menghipnotis banyak wisatawan, sehingga enggan untuk pulang dan melanjutkan rutinitas sehari-hari. Salah satu pantai yang paling populer adalah Pantai Nambung. Banyak informasi menarik terkait pantai. Mulai dari orang asing, penduduk lokal, wisatawan domestik merasa tertarik untuk mampir ke sana.

Pantai unik ini pertama kali populer sekitar tahun 2013. Sejak tahun itu, banyak orang yang mulai mengeksplorasi keindahannya. Dengan bantuan media sosial, pantai ini menjadi hit dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi dengan fitur air terjun. Berikut ulasan lengkapnya!

Atraksi Pantai Nambung

Objek Wisata Pantai NambungKredit gambar: Twitter Jelajahi Lombok

1. Air terjun di tengah lautan

Tidak semua pantai di Indonesia dikelilingi oleh air terjun. Hal tersebut menjadi daya tarik dan keistimewaan Pantai Nambung. Air terjun ini memiliki air yang aneh yang membuatnya berbeda dari air terjun biasa. Tidak jarang wisatawan bertanya-tanya, bagaimana bisa ada air terjun di pantai atau laut.

Air terjun ini bisa terjadi karena deburan ombak yang menghantam bebatuan. Ombak besar menyebabkan air mencapai bebatuan dan sekitarnya. Akibatnya, air yang telah mencapai batu akan turun melalui celah-celah tersebut, sehingga terlihat seperti air terjun. Karena itu, air terjun ini terasa asin karena berasal dari ombak.

2. Pasir yang unik dan menarik

Tidak lengkap membicarakan keindahan pantai tanpa membicarakan keadaan pantai. Saat Anda mengunjungi pantai ini dan berjalan di atas pasir, Anda akan merasakan tekstur yang sedikit berbeda. Tekstur butirannya mirip dengan merica, yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lain di Lombok. Namun, pasir tidak mengganggu.

Anda masih bisa menikmati perasaan melepas sandal dan menginjak pasir. Anda juga bisa membangun rumah pasir atau kreasi pasir lainnya. Meskipun sederhana, itu sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda datang bersama anak-anak. Mereka pasti sangat menikmati aktivitas ini sendirian.

3. Gelombang Besar

Pantai NambungKredit Gambar: Google Maps sangat manis

Karakter utama Pantai Nambung adalah ombaknya yang besar. Atraksi ini sepertinya membuat para peselancar selalu menghabiskan waktunya di sana. Namun, karena ombaknya besar, Anda harus berhati-hati saat berenang, lakukan saja di pantai yang arusnya lebih tenang. Tidak perlu berlebihan, apalagi bagi Anda yang belum mahir.

Bagi Anda yang hobi menyelam, tidak ada salahnya mencoba menyelam. Meski ombaknya besar, pantai ini memiliki arus yang stabil dan tenang. Cukup aman bagi penyelam Anda untuk menjelajahi keindahan bawah laut. Kegiatan ini sendiri juga merupakan kegiatan menarik yang sangat digemari oleh wisatawan.

4. Budidaya rumput laut

Pantai Nambung semakin menarik karena dijadikan sebagai tempat budidaya rumput laut. Wisatawan dapat mendekat untuk melihat ganggang dengan lebih baik. Pengelola merawat tempat tumbuh dengan baik, agar alga dapat berkembang dengan baik. Pengalaman seperti ini tentu tidak dapat ditemukan di pantai-pantai lain.

Keberadaan tempat budaya ini juga menjadi tempat belajar yang menarik bagi anak-anak. Melihat alga secara langsung dari permukaan merupakan ilmu yang unik dan menarik bagi mereka. Jika waktunya tepat, Anda dapat bertemu dengan orang yang merawat tempat kultivasi dan mempelajari lebih lanjut tentang metode dan teknik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai NambungKredit gambar: Twitter Romy Rom

Bagi Anda yang ingin datang ke Pantai Nambung tidak perlu khawatir dan khawatir, destinasi yang satu ini sangat terkenal hingga hampir setiap warga Lombok mengetahuinya. Lokasi tepatnya di Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Perjalanan dari Mataram hanya sekitar 2 jam.

Selama perjalanan, Anda akan melewati berbagai destinasi wisata lainnya, seperti Gili Sekotong, Gili Layar, Gili Nanggu dan masih banyak lagi. Intinya, setelah sampai di Gili Nanggu, lanjutkan perjalanan ke Teluk Sapi. Perjalanan yang akan dilakukan hanya sekitar 21 kilometer. Akses sangat baik, sehingga tidak akan menimbulkan masalah pada kendaraan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai NambungKredit gambar: Google Maps Adrien

Informasi terkait jam buka dan tiket masuk merupakan dua hal yang sangat penting untuk diketahui sebelum berangkat ke Pantai Nambung. Untuk memasuki area pantai, Anda hanya perlu membayar 10.000 rupee per orang. Sedangkan untuk jam berkunjung, destinasi ini hanya buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Karena itu, cobalah datang ke momen rentan ini. pantai terlihat sepi dan tidak ada yang bisa dinikmati di malam hari. Semua informasi jam buka dan tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan manajemen dan pemerintah setempat. Tapi setidaknya Anda akan memiliki beberapa ide.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Nambung

Aktivitas Seru di Pantai NambungKredit Gambar: Sona Pribadi dari Google Maps

1. Jalan-jalan di pantai

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di Pantai Nambung adalah berjalan-jalan dan menikmati keindahan pantai. Meski sederhana, aktivitas ini sangat efektif menghilangkan stres dan membuat Anda jauh lebih tenang. Anda juga bisa sesekali membasahi kaki Anda dengan air ombak, karena Anda pasti akan merasa nyaman. agar sepatu tidak basah, lebih baik lepas dan lepaskan.

Setiap sudut pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan nuansa yang berbeda. Anda tidak akan pernah bosan menjelajahi setiap sudut. Namun, aktivitas di sini akan sedikit kurang nyaman jika dilakukan pada siang hari. Oleh karena itu, sebaiknya berkunjung pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik.

2. Bermain pasir

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah bermain pasir. Anda bisa membawa cetakan pasir dari rumah. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan batok kelapa atau benda lain yang bisa dijadikan cetakan. Kegiatan ini menjadi hal yang mengasyikkan, apalagi jika dilakukan bersama anak-anak.

3. Berenang dan menyelam

Sayang sekali jika tidak mencoba berenang dan snorkeling di Pantai Nambung Lombok. Destinasi ini memiliki air tawar, ombak besar, arus pantai yang tenang dan ekosistem dasar laut yang indah. Keindahan lautnya sungguh luar biasa dan tidak akan pernah mengecewakan orang yang pernah melihatnya.

Tetapi sebelum berenang dan menyelam, pastikan untuk mengenakan pakaian yang tepat dan melakukan pemanasan. Hal ini sangat penting, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Faktor keselamatan dan keamanan tetap nomor satu. Anda tidak boleh mengabaikannya hanya untuk bersenang-senang.

4. Berselancar di Pantai Nambung

Aktivitas di Pantai NambungKredit gambar: Google Maps Hanya Didit

Padahal, selancar adalah olahraga air yang tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Laut atau pantai wajib dengan ombak yang tinggi dan besar. Hal ini penting agar gaya dorong papan selancar benar-benar kuat. Dengan begitu, para peselancar bisa menjelajahi setiap sudut pantai dengan lebih leluasa dan nyaman.

Seperti halnya berenang, Anda juga harus melakukan pemanasan dan mengenakan pakaian yang direkomendasikan. Ini penting karena Anda akan berhadapan dengan ombak besar. Selain itu, cobalah berselancar dengan pengawasan, terutama jika Anda seorang pemula. Ini penting untuk menjaga semuanya tetap aman dan terkendali.

5. Pelajari cara menanam rumput laut

Disebutkan sebelumnya bahwa Pantai Nambung adalah tempat budaya. Oleh karena itu, Anda dapat langsung melihat dan menyerap pengetahuan kultivasi. Anda juga bisa menggali informasi lebih dalam dari warga sekitar atau orang-orang yang mengelola pantai indah ini. Pengalaman itu harus sangat berkesan dan tidak mudah dilupakan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Nambung

Fasilitas di Pantai NambungKredit gambar: Google Maps Hamzan Wadi

Padahal, sebuah pantai tidak akan terasa sejuk jika fasilitas pendukung utamanya tidak terpenuhi. Dalam hal ini, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Ada banyak hostel dan hotel di sekitar pantai. Dengan demikian, Anda dapat dengan nyaman tinggal dan menggunakan fasilitas di sana, jika Anda seorang tamu.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan persediaan makanan dan minuman, karena di pinggir pantai banyak terdapat restoran yang buka. Menu yang disajikan juga cukup bervariasi. Keberadaan restoran ini menjadi tempat favorit para wisatawan karena bisa bersantai dan melihat keindahan pantai dengan jelas.

Untuk masalah harga, Anda tidak perlu khawatir. Memang benar harga katering dan akomodasi di dekat pantai sedikit mahal, namun tetap dalam batas wajar. Kondisi ini wajar, karena destinasi ini sangat terkenal dan unggul. Banyak sekali turis yang datang, termasuk yang dari luar negeri.

Itulah sedikit bocoran mengenai Pantai Nambung di Lombok Barat yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki perjalanan ke Nusa Tenggara Barat, jangan lupa untuk mampir. Pengalaman anda disana akan bagus dan akan membuat liburan anda semakin berkesan. Sayang sekali jika tidak memanfaatkan potensi wisata daerah tersebut sebagai sebuah keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button