Kenaikan harga BBM diperkirakan akan mempengaruhi kunjungan ke Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Kenaikan harga BBM diperkirakan akan mempengaruhi kunjungan ke Gunungkidul

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) diperkirakan berdampak pada kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“(Kenaikan harga BBM) tentunya akan mempengaruhi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul,” kata Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Mohamad Arif Aldian saat dihubungi melalui telepon oleh wartawan, Jumat (9/9/2022).

Baca juga:

Ia melanjutkan, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul menggunakan transportasi darat, sehingga berpotensi terkena dampak kenaikan harga BBM. Namun sejauh ini, efek dari penurunan ini belum terlihat.

“Mungkin tidak akan terlihat sampai akhir pekan,” kata Arif.

Baca Juga: Tarif Bus Naik di Yogyakarta, Dampaknya Harga BBM Naik

Pihaknya, kata Arif, akan terus mendistribusikan informasi kepada warga jika angka pembalasan tidak meningkat.

Saat ini, pihaknya juga sedang melakukan kajian terkait dampak kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul.

Naiknya harga BBM memukul pelaku pariwisata yang belum stabil

Wisata Heha Ocean View di Gunungkidul Daerah Istimewa YogyakartaKOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Heha Wisata Pemandangan Laut di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sebelumnya, dikhawatirkan kenaikan harga BBM akan berdampak pada berbagai aspek sektor pariwisata.

“Saya telah menerima pesan dari beberapa biro perjalanan apakah harga tiket transportasi darat akan berubah,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Sunyoto saat dihubungi wartawan, Minggu (4/9/2022).

Ia menambahkan, situasi ini cukup menyulitkan pemangku kepentingan pariwisata yang sudah dua tahun terdampak pandemi dan belum stabil. Kini mereka dihadapkan pada efek domino kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap biaya transportasi atau perjalanan hingga paket liburan.

Baca juga:

Selain itu, harga akomodasi dan harga menu di restoran juga dapat terpengaruh.

“Agak sulit menaikkan tarif ke harga menu, mengingat daya beli masyarakat juga belum stabil,” kata Sunyoto.

Dia juga menyayangkan keputusan pemerintah menaikkan harga BBM. Di sisi lain, ia juga memahami alasan di balik keputusan tersebut.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Harga Jeep Wisata Bromo Juga Naik

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button