Tapanuli Kalimantung Central Island - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Tapanuli Kalimantung Central Island – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – pulau kalimantung salah satu pulau eksotis dan hits Tapanuli sedang yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan, keindahan bawah laut, gugusan pulau karang dan pantai berpasir putih.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 1.500.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Kab. Pusat Tapanuli, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Pulau Kalimantung terletak di salah satu kabupaten di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Tapanuli bagian tengah. Dari sekian banyak destinasi wisata, pulau ini menjadi salah satu destinasi terpopuler karena keindahannya. Apalagi pulau ini menjadi semakin populer ketika dipromosikan di jejaring sosial.

Pulau ini bisa disebut pulau perawan, karena kawasan wisata ini sangat jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Sehingga siapapun yang datang kesini bisa menghilangkan rasa lelah. Bahkan jika Anda datang ke pulau eksotis ini, Anda tidak akan menemukan sampah di daerah tersebut.

Keadaan pulau seperti ini tentunya tidak lepas dari proses pemeliharaan dan menjaganya agar tetap bersih. Apalagi masih jarang wisatawan yang datang, karena belum mengetahui lokasi Pulau Kalimantung.

Tempat Wisata Pulau Kalimantung

Objek Wisata Pulau KalimantungKredit Gambar: Google Maps Maul

Seiring berjalannya waktu, destinasi wisata bahari ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Memiliki daya tarik yang tidak dimiliki pulau lain. Untuk itu, kamu bisa menyimak komentar di bawah ini mengenai daya tarik Pulau Kalimantung yang membuat kamu semakin ingin liburan ke sana.

1. Pasir pantai yang lembut

Kawasan wisata alam yang satu ini memang sangat terkenal dengan panoramanya yang mempesona, bahkan ketika datang ke pantai-pantai di pulau Kalimantan, Anda akan menemukan hamparan pasir yang cukup lembut. Pasir pantainya sendiri memiliki warna agak kecoklatan yang selalu menggairahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai.

Banyak turis yang mengoleskan pasir di wajah karena tidak percaya dengan kelembutannya. Anda pasti akan puas ketika datang ke pantai ini untuk bermain pasir.

2. Memiliki laut yang sangat indah

Bukan hanya pantai berpasir yang memukau wisatawan, tetapi pemandangan laut dari pantai tidak akan terlupakan. Lautnya memang sangat bersih dan memiliki warna biru yang bisa memanjakan mata yang melihatnya.

Dengan deburan ombak laut dan penerapan langit yang cukup cerah, tentu akan menjadi pemandangan yang tak terlupakan. Menikmati keindahan ini sambil bersantai di pantai adalah hal yang bisa kamu lakukan bersama orang-orang tersayang. Jika ingin menikmati keindahan bawah laut, Anda bisa berenang di perairan pulau ini.

3. Pulau Tak Berpenghuni

Pulau Kalimantung merupakan pulau yang tidak berpenghuni, tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jadi Anda tidak akan menemukan limbah pabrik di pulau atau di pantai.

Meski demikian, kondisi pulau ini terlihat seperti pulau yang tertata rapi dan bersih. Selama ini, tidak ada yang menyentuh atau melakukan perawatan rutin di pulau ini.

4. Pulau Sunyi

Karena pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni, maka tidak heran jika kawasan alam ini terkesan sepi dan sepi. Jadi jika Anda ingin menghilangkan penat, pulau ini adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan ke Pulau Kalimantung

Alamat Pulau KalimantungKredit gambar: Google Maps Siahaan XV

Bagi sebagian orang yang belum pernah ke Tapanuli Center, tentu tidak tahu rute mana yang harus ditempuh untuk menuju Pulau Kalimantung. Pulau ini terletak di kepulauan Mursala, di pusat Tapanuli, di provinsi Sumatera Utara.

Untuk bisa sampai ke lokasi pulau dari kota Medan akan memakan waktu sekitar 2 jam. Namun, mungkin lebih lambat ketika jalan macet.

Memang bila ingin mengunjungi pulau ini akan sangat menguntungkan jika pergi ke sana secara rombongan. Karena kapal yang digunakan sebagai transportasi menuju pulau ini bisa menampung maksimal sekitar 20 orang. Dengan demikian, tarifnya akan sangat mahal bila Anda bepergian dengan hanya beberapa orang saja.

Untuk bisa berkunjung, wisatawan diharuskan menyewa perahu sebagai alat transportasi. Yang biayanya sekitar 1,5 juta rupee per hari untuk menyewa perahu dan juga membayar kru untuk menemukan rute ke pulau itu.

Jika tidak ingin diganggu, wisatawan bisa menggunakan jasa perjalanan wisata yang membuka wisata Pulau Kalimantung. Sehingga nantinya Anda tidak akan kesulitan mencari tempat makan atau homestay.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kalimantung

Aktivitas Menarik di Pulau KalimantungKredit Gambar: Google Maps Maul

1. Bermain pasir di pantai

Seperti yang kita ketahui, Pulau Kalimantung memiliki pasir pantai yang sangat lembut. Nah, aktivitas seru yang bisa kamu lakukan dengan bermain pasir tentunya. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan ketika Anda dan anak-anak Anda membangun istana pasir. Tidak ada salahnya untuk tidak bermain dengan anak-anak untuk membuat mereka bahagia.

2. Menyelam untuk melihat kehidupan laut

Bagi Anda yang penasaran dengan biota laut di pulau ini, Anda hanya bisa menyelam di dekat pantai. Meski tidak sampai ke tengah laut, Anda bisa melihat terumbu karang dan biota laut. Tentunya kegiatan ini sangat seru untuk dilewatkan.

3. Abadikan momen dengan berfoto

Karena Pulau Kalimantung merupakan kunjungan yang instagenic, sayang sekali jika tidak berfoto dengan dasar lautnya. Selain itu, laut di pulau itu berwarna biru cerah. Bahkan, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang matahari terbenam.

Akomodasi Murah Terdekat di Pulau Kalimantung

Akomodasi Murah Terdekat di Pulau KalimantungKredit Gambar: Google Maps Maul

1. Hotel wisata yang bagus

Untuk akomodasi, ini adalah hotel bintang 3 yang tepatnya berada di nomor 51 Jalan Brigjen Katamso, Kota Sibolga.

Hostel ini sendiri merupakan hotel yang cukup menarik bagi wisatawan. Karena menawarkan pemandangan pantai dan taman yang sangat bagus. Kemudian kamarnya juga sangat bagus dan bersih.

Selain itu, pelayanan para karyawan hotel juga sangat profesional. Bahwa mereka selalu memberikan bantuan jika pengunjung mengalami kesulitan.

2. Akomodasi PIA Hotel Pandan

Yang kedua adalah hotel yang terletak di Jalan Padang Sidempuan nomor 10A, Kabupaten Tapanuli Tengah. Hotel ini sendiri menawarkan banyak fasilitas umum yang digunakan oleh pengunjung hotel. Dari restoran, lalu kolam renang luar ruangan, hingga sarapan gratis.

Kalaupun Anda memiliki kamar standar, pemandangan yang Anda miliki cukup bagus yaitu pemandangan pantai dan juga pemandangan laut. Lokasi hotel juga sangat strategis karena sangat dekat dengan Pulau Kalimantung dan beberapa pulau lainnya.

3. Akomodasi di hotel di pasar baru

Pulau ini terletak di kota Sibolga, tepatnya di Jalan Junjungan Lubis No. 41. Aula ini menawarkan fasilitas terbaik bagi para pengunjungnya. Dimana ada kamar yang bersih, dengan toilet yang bersih.

Soal harga, hostel ini menawarkan rate yang cukup terjangkau. Apalagi jika melihat bagaimana fasilitas yang bisa digunakan.

4. Akomodasi di Hotel Prima Indah

Untuk hotel ini masih berada di kota Sibolga, namun terletak di nomor 45 Jalan Brigjen Katamso. Hostel ini mengusung konsep rumah besar, sehingga terlihat asri.

Selain itu, setiap kamar memiliki pemandangan yang sangat bagus dan kemudian ada sirkulasi udara serta pencahayaan yang baik. Untuk jaminan sarapan, Anda tidak perlu khawatir karena akan disediakan untuk pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kalimantung

Fasilitas Pulau KalimantungKredit Gambar: Google Maps Maul

1. Layanan Trip ke Pulau Kalimantung

Bagi sebagian orang yang datang ke Kabupaten Tapanuli Tengah, sebagian besar dari mereka belum mengetahui bagaimana cara mengunjungi pulau yang indah ini. Untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa travel yang akan memudahkan akses Anda ke pulau tersebut. Ada banyak layanan perjalanan di luar sana, jadi pastikan untuk mengumpulkan anggaran yang tepat.

2. Penyewaan feri

Untuk menuju Pulau Kalimantung, wisatawan perlu menyewa perahu. Nah, fasilitas ini akan tetap disediakan pengelola untuk wisatawan. Tarifnya juga sangat terjangkau, apalagi jika Anda datang secara rombongan.

3. Banyak fasilitas umum di sekitar pulau

Seperti yang kita ketahui, jika pulau tersebut tidak berpenghuni. Namun, di dekat Pulau Kalimantung sendiri, terdapat beberapa fasilitas umum yang tidak akan menyulitkan Anda. Misalnya seperti akomodasi yang bisa dipilih sesuai budget.

Lalu ada toko oleh-oleh yang bisa Anda telusuri untuk membeli oleh-oleh untuk teman atau kerabat di rumah. Bahkan ada beberapa supermarket yang akan memudahkan Anda jika ingin membeli jajanan atau makanan instan. Ada juga ATM center, jadi tidak perlu bingung lagi jika ingin mengambil uang tunai. Karena, apa itu atau ATM.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa diberikan untuk anda tentang Pulau Kalimantung. Meski merupakan pulau tak berpenghuni, destinasi wisata ini patut masuk dalam daftar itinerary saat berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah. Pastikan untuk menyiapkan anggaran agar Anda bisa menyewa perahu untuk beberapa orang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button