Berperan aktif di masyarakat, LPPM UNJ meresmikan kawasan peduli situs Jatinegara - WisataHits
Yogyakarta

Berperan aktif di masyarakat, LPPM UNJ meresmikan kawasan peduli situs Jatinegara

KOMPAS.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNJ meresmikan kawasan binaan Kelurahan Jatinegara Kaum di Masjid Jami Assalafiyah Jakarta Timur pada Kamis, 21 Juli 2022.

Dalam acara yang dihadiri Gubernur DKI Anies Baswedan dan M. Anwar, Wali Kota Jakarta Timur tersebut, Rektor UNJ Prof. Komarudin menegaskan, kawasan binaan yang dimiliki UNJ merupakan bentuk komitmen UNJ untuk turut aktif berpartisipasi dalam pembangunan.

Rektor UNJ juga menyampaikan bahwa UNJ memiliki komitmen jangka panjang untuk menjadi “world class university”.

Prof Komarudin menambahkan, ini merupakan tujuan dan tantangan yang tidak mudah dan membutuhkan perjuangan seluruh civitas akademika UNJ.

“Dengan visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Bereputasi di Kawasan Asia, UNJ memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional guna mempersiapkan reputasi jangka panjang di kawasan Asia,” jelas Rektor UNJ. .

Pada kesempatan yang sama, Prof. Ucu Cahyana, Ketua LPPM UNJ menyampaikan bahwa KKN UNJ yang akan dilaksanakan LPPM UNJ di Desa Jatinegara Kaum Tahun 2022 terdiri dari 25 tim.

Tim fokus pada beberapa bidang program, yaitu: Pendidikan, Industri Kreatif, Lingkungan, Kesehatan Olah Raga dan Iptek.

“Lima prioritas ini akan diterapkan di wilayah binaan UNJ, salah satunya Desa Jatinegara Kaum,” jelas Prof. Ucu Cahyana.

Prof. Ucu Cahyana menambahkan, kawasan binaan merupakan program pengembangan masyarakat dengan sasaran lokasi kawasan yang memenuhi kriteria untuk menjadi kawasan binaan.

“Program di daerah binaan ini bertujuan untuk memberikan dampak positif, yaitu memajukan sumber daya manusia di masyarakat dengan pendekatan pembelajaran melalui melakukan dan belajar melalui bereksperimen”, kata prof. Ucu Cahyana.

Baca Juga: UT Perkuat Literasi Digital Guru Tangsel Melalui Pengabdian kepada Masyarakat

Sebagai informasi: Hingga tahun 2022, UNJ memiliki hingga 13.235 produk yang memperoleh hak kekayaan intelektual (hak cipta) dalam tiga tahun terakhir.

Prestasi ini membuktikan bahwa UNJ telah beradaptasi dengan cepat untuk berkontribusi terbaik dalam memecahkan masalah nyata di masyarakat.

Karena itu, UNJ melihat perlunya menetapkan wilayah binaan sebagai tujuan para pendidik untuk membantu memecahkan masalah dan berperan aktif di masyarakat.

Dalam konteks ini, UNJ telah menetapkan Desa Jatinegara Kaum di Jakarta Timur sebagai daerah binaan UNJ.

“Melalui peresmian daerah binaan, UNJ mengajak semua pihak untuk merapatkan barisan, mempererat niat dan bergandengan tangan sehingga dapat terbangun kerjasama yang solid antara masyarakat dan perguruan tinggi untuk menciptakan kesejahteraan dan kerukunan bersama”, tukang kunci.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dalam sambutannya menyatakan bahwa pengabdian masyarakat yang dilakukan UNJ di Desa Jatinegara Kaum ini dapat dijadikan sebagai pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Ia berharap pemilihan program dan pemilihan wilayah sasaran memperhatikan kebutuhan masyarakat.

“Pengabdian masyarakat seharusnya tidak diterapkan pada ilmu pengetahuan, tetapi untuk memecahkan masalah di masyarakat dengan ilmu yang mereka miliki,” tambah Anies Baswedan.

Baca Juga: Ilustrasi Mas Menteri, KKN MBKM Berbasis Aplikasi Pupuk Hayati di Wisata Klayar Gunungkidul

Anies Baswedan juga menyampaikan bahwa kegiatan amal dosen UNJ di Jakarta dapat menjadi kumpulan bahan kajian untuk pengembangan ilmu dalam rancang bangun sosiologi perkotaan yang baik.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button