Di seberang Nataru, Pemkot Yogya menyiapkan layanan informasi wisata di Malioboro - WisataHits
Yogyakarta

Di seberang Nataru, Pemkot Yogya menyiapkan layanan informasi wisata di Malioboro

Pemkot Yogya telah mendirikan dua posko Pelayanan Informasi Wisatawan Malioboro

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta (Pemkot) menyiapkan layanan informasi wisata untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Layanan ini disiapkan melalui pendirian Tourist Information Service Office (TIS) di kawasan Malioboro.

“Kami di dinas pariwisata sudah menyiapkan dua titik pelayanan wisata. Tapi kami membatasi diri untuk membantu memberikan informasi,” kata Direktur Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko, Senin (12/12).

Wahyu mengatakan, dua posko TIS telah didirikan di Malioboro, yakni di Plaza Malioboro dan Kilometer Nol. Lokasi tersebut dipilih dengan pertimbangan bahwa hingga saat ini Malioboro menjadi pusat kunjungan wisatawan di kota Yogyakarta.

“Layanan TIS dilaksanakan mulai tanggal 24 Desember hingga 31 Desember 2022 mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB,” kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, layanan utama TIS adalah memberikan informasi kepada wisatawan terkait pariwisata di Kota Yogyakarta. Pengabdian TIS sendiri akan melibatkan Mas dan Mbak Wisata Kampung sebagai duta desa wisata di Kota Yogyakarta.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta sendiri mengukuhkan desa wisata Mas dan Mbak dari 18 desa wisata yang ada di Kota Yogyakarta pada November 2022 lalu. “Mas dan Mbak yang kita pakai di TIS, sekaligus untuk mempresentasikan potensi desa liburan di desa liburan yang mereka wakili,” jelasnya.

Selain itu, petugas dari TIS juga berkoordinasi dengan OPD lain di Kota Yogyakarta yang memberikan pelayanan publik. Pasalnya, informasi yang diberikan di TIS memiliki keterkaitan dengan OPD lain di Kota Yogyakarta yang menyediakan layanan publik yang dapat diakses wisatawan.

“Misalnya kesehatan, ketertiban umum, darurat, pelayanan parkir dan sebagainya. Kami memiliki akses ke sana sehingga kami dapat membantu wisatawan dengan keluhan terkait sehingga kami dapat merujuk mereka ke OPD terkait,” tambah Wahyu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button