Tebet Eco Park, taman kota dengan suasana segar dan asri di Jakarta Selatan - WisataHits
wisatahits

Tebet Eco Park, taman kota dengan suasana segar dan asri di Jakarta Selatan

Tebet Eco Park, taman kota dengan suasana segar dan asri di Jakarta Selatan
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Tebet Barat Raya, Tebet Barat, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Tebet Eco Park merupakan taman kota yang terletak di Jakarta Selatan yang kini menjadi alternatif tujuan wisata. Tempat ini dibangun dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara di Jakarta. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jogging track, taman bermain untuk anak-anak, tempat duduk dan area hijau terbuka untuk piknik.

Selain sebagai tempat rekreasi keluarga, taman ini juga digunakan untuk kegiatan edukasi lingkungan. Taman ini sering dijadikan tempat untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti kelas yoga, kelas memasak, dan workshop bertema lingkungan. Banyak masyarakat yang mengunjungi tempat ini karena disediakan wadah khusus di salah satu kawasan.

Ditelisik lebih dekat, keberadaan destinasi wisata alternatif untuk keluarga seperti oasis di tengah gurun pasir. Pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar kawasan sangat membantu dalam menyerap polusi udara. Sebelumnya, tempat ini terbagi menjadi dua, yaitu utara dan selatan. Tapi sekarang dia telah menjadi satu dengan jembatan sebagai penghubung.

Daya tarik Tebet Eco Park

Atraksi Taman Ekologi TebetKredit gambar: Google Maps Bintang Akbar Maulana

Tebet Eco Park dibangun di atas lahan seluas lebih dari 7 hektar dengan berbagai area yang disediakan. Meski merupakan tempat umum, tempat ini memiliki banyak pesona. Karena itulah banyak pengunjung yang datang, mulai dari warga lokal hingga luar kota.

✦ Tempat bermain anak

Taman ini tidak hanya dibuat untuk menghijaukan pusat kota dengan berbagai pepohonan yang tumbuh subur. Selain itu cocok juga sebagai alternatif wisata keluarga. Bagi Anda yang membawa anak-anak, tidak ada salahnya mengunjungi taman yang berada di kawasan Tebet ini. Pasalnya, banyak permainan anak-anak yang ditawarkan kepada mereka.

Taman bermain Tebet Eco Park didesain dengan konsep modern, meskipun dari segi gameplay tetap sama. Misalnya perosotan, anak-anak harus menaiki bangunan mirip rumah yang ada tangganya, baru bisa meluncur. Selain itu, ada juga dua terowongan melingkar berbentuk kapsul yang dihubungkan oleh sebuah jembatan.

Jenis permainan lain yang tak kalah menarik adalah bangunan berbentuk buaya. Bisa dibilang bangunan atau permainan ini merupakan icon dari taman wisata tersebut. Bagaimana tidak, banyak anak yang tertarik dan ingin bermain di kawasan ini. Ukurannya cukup besar, anak-anak bisa masuk dari belakang dan keluar dari mulut buaya.

✦ Area piknik

Daya tarik Tebet Eco Park selanjutnya adalah adanya area khusus yang bisa digunakan untuk piknik. Seperti yang kita tahu, piknik adalah kegiatan berkumpul di tempat terbuka. Dengan suasana yang nyaman ditemani semak belukar, bersantai sambil piknik di sini dijamin seru banget.

Memang tidak banyak pemandangan alam yang bisa Anda nikmati keindahannya. Tapi setidaknya ada banyak pohon untuk meneduhkan suasana. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai tanaman berbunga indah berwarna-warni. Masih di tempat yang sama, terdapat sebuah rawa yang terlihat kumuh, namun kini sangat bersih dan asri.

✦ Jembatan Infinity Link yang unik

Infinity Link Bridge adalah perhentian saya selanjutnya di Tebet Eco Park. Ini adalah jembatan yang menghubungkan taman selatan dan timur. Jembatan ini terbilang unik karena pagarnya memiliki gradasi warna yang kontras. Gradasi warna merah dan putih sangat sempurna, apalagi jika dilihat pada malam hari.

Bukan tanpa alasan kenapa warna ini dipilih, meski masih banyak warna lainnya. Alasannya karena disesuaikan dengan pohon Leda yang mengelilinginya. Keistimewaan lain datang dari bentuknya, tidak seperti jembatan pada umumnya yang lurus. Jembatan ini berkelok-kelok mengikuti pepohonan di sekitarnya hingga menyerupai angka delapan.

✦ Kebun masyarakat

Tebet Eco Park memiliki taman komunitas yang terletak di area selatan taman. Ini adalah lahan pertanian yang dikelola oleh masyarakat setempat dan digunakan untuk mengajarkan dan mempromosikan pertanian organik kepada masyarakat. Selain itu, Anda bisa memanen sayur dan buah segar, serta membeli produk organik dari kebun.

Kawasan ini juga menawarkan program pendidikan lingkungan untuk anak-anak dan remaja. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati dan menjaga kelestarian lingkungan. Tidak hanya sebagai pembelajaran, program ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian dan kelestarian alam.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Tebet Eco ParkKredit gambar: Google Maps Leo Bagas 48

Menemukan lokasi Tebet Eco Park tentu tidak sulit karena berada di pusat kota. Lokasinya juga sangat strategis, jauh dan dekat dengan pusat kota. Dari Jakarta Selatan, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menempuh jarak 9 kilometer. Alamat lengkapnya di Jalan Tebet Barat Raya, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jika Anda berangkat dari Jakarta Selatan, silakan ambil Jalan Prapanca Raya, lalu jalan Wijaya I dan Jalan Kapten Tendean. Tujuan Anda selanjutnya adalah Monumen Patung Dirgantara. Jarak tempat wisata dengan titik ini kurang lebih 1 kilometer, silahkan gunakan penunjuk jalan untuk sampai di lokasi.

Tebet Eco Park juga dapat diakses dari arah lain, namun selalu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Misalnya dari Jakarta Pusat, Anda bisa melewati Tol Pusat Kota dan keluar di Gerbang Tol Kuningan Barat. Lalu menuju Jalan HR Rasuna Said, Jalan Gatot Subroto hingga Jalan MT Haryono.

Mengunjungi taman ini gratis. Namun Anda tidak bisa masuk begitu saja, karena harus mendaftar terlebih dahulu. Cara pendaftarannya adalah dengan menggunakan aplikasi JAKI, kemudian Anda akan mendapatkan barcode sebagai tanda masuk yang sah. Tempat ini buka setiap hari dari pagi hingga sore, silahkan sesuaikan waktunya.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Taman Ekologi TebetKredit gambar: Google Maps Rohmat Helos

Pastinya kamu tahu bahwa Tebet Eco Park bukan satu-satunya taman cantik di Jakarta. Namun karena memiliki banyak daya tarik, wisatawan lebih memilihnya sebagai tempat liburan. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

1. Jalan-jalan di Tebet Eco Park

Area yang luas membuat tempat ini cocok untuk segala aktivitas, seperti berjalan-jalan di taman. Udaranya yang segar karena banyaknya pohon payung membuat kegiatan ini semakin menyenangkan. Jangan lupa berjalan-jalan melewati rawa jika ingin pengalaman yang lebih seru, seperti bertualang ke alam.

2. Petualangan Taman Bermain

Untuk anak-anak, pastikan singgah di taman bermain khusus yang tersedia di Tebet Eco Park. Ada banyak jenis permainan yang bisa digunakan, kebanyakan adalah wahana hiburan untuk melatih ketangkasan anak. Selain yang sudah disebutkan di atas, ada juga konsep mainan berupa bukit yang tidak terlalu tinggi, anak-anak bisa memanjatnya lalu meluncur dengan mudah.

3. Belajar bertani

Adanya taman komunitas semakin melengkapi aktivitas yang bisa Anda lakukan. Fungsi utama komunitas ini adalah sebagai pusat pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud adalah pertanian atau apapun yang berhubungan dengan tumbuhan. Selain sharing, Anda juga akan mendapat manfaat dari guide yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Tebet Eco ParkImage credit: Google Maps Raihanah Zhafirah Az-Zahrah

Tebet Eco Park memiliki banyak fasilitas yang memadai sehingga semakin menarik untuk dikunjungi. tempat parkir mobil cukup luas, silahkan pilih lokasi yang nyaman untuk kendaraan. Toilet juga disediakan jika Anda perlu buang air atau sebaliknya. Fasilitas lain di sini antara lain musala, alat fitnes, dan bilik untuk tenant.

Ini bisa dikatakan salah satu alternatif wisata keluarga di Jakarta. Dari semua ulasan di atas, tempat ini layak untuk dikunjungi dan masuk dalam daftar teratas untuk dikunjungi saat berlibur. Tidak hanya memiliki banyak atraksi, namun untuk masuk ke Tebet Eco Park tidak dipungut biaya alias gratis.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button