Tuan Rumah MTQ Nasional 2022, Berikut Daftar Tempat Wisata Religi di Kalsel : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Tuan Rumah MTQ Nasional 2022, Berikut Daftar Tempat Wisata Religi di Kalsel : Okezone Travel

MUSABAQAH XXIX. Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2022 yang akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 10-19 Oktober menjadi pendorong untuk menggairahkan pariwisata, khususnya wisata religi. Karavan dari berbagai daerah diundang untuk menjelajahi berbagai situs wisata religi di Kalimantan Selatan.

“Jadi tentunya di sela-sela mengikuti kompetisi jangan sampai melewatkan perjalanan, termasuk wisata religi yang menawarkan banyak peluang di Kalsel,” kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, Zainal Helmie. di Martapura seperti dilansir DIBAWAHMinggu (10/9/2022).

BACA JUGA:5 Wisata Religi di Jawa yang Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Helmie mengatakan ada beberapa tempat wisata religi yang wajib dikunjungi tidak jauh dari lokasi panggung utama acara MTQ di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Antara lain makam Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau Guru Sekumpul di Kota Martapura yang dikunjungi jutaan orang dari berbagai penjuru Nusantara bahkan dari mancanegara.

Kemudian makam Syekh Muhammad Arsyad Albanjari atau Datuk Kalampayan di kabupaten Astambul yang dikenal sebagai penulis kitab Sabilal Muhtadin atau Sabilal Muhtadin lit-Tafaqquh fi Amrid-din yang namanya kini diabadikan sebagai Masjid Agung Sabilal Muhtadin di kota tersebut. Banjarmasin, masjid terbesar di Kalimantan Selatan.

Di kota Banjarmasin yang juga menyelenggarakan MTQ ini terdapat kompleks Kubah Basirih yang selalu dipadati wisatawan yang berkunjung ke makam suci seorang ustadz bernama Al Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau yang dikenal dengan Habib Basirih.

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kubah Basirih pada Mei 2022 yang masuk dalam 50 besar dalam acara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Dengan demikian, sebagai daerah religi muslim terbesar, Kalsel tidak hanya kaya akan wisata alam, tetapi juga surga wisata religi yang sayang untuk dilewatkan,” kata Helmie.

Pengurus PWI Kalsel secara khusus diundang oleh Ketua Harian Panitia Pelaksana MTQ Nasional yang juga Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar untuk melihat secara langsung kesiapan pembangunan panggung utama di Kiram Park.

Helmie didampingi Sekretaris PWI Kalsel Toto Fachrudin menyatakan, seluruh jurnalis di bawah PWI mendukung penuh acara MTQ agar sukses dengan menghadirkan liputan maksimal dari berbagai perspektif termasuk berbagai informasi tentang Kalsel yang perlu diketahui karavan.

ilustrasi

“Dengan hadirnya 3.042 tamu undangan dan peserta, termasuk 200 orang sangat penting (VVIP), MTQ berpotensi meningkatkan reputasi daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Acara MTQ pada 10-19 Oktober 2022 akan dilaksanakan di tiga wilayah yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, dengan acara pembukaan di Kiram Park, Kabupaten Banjar yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button