Di awal tahun, Bus Macito telah melayani ribuan wisatawan yang menjelajahi Kota Malang - Lentera Hari Ini - WisataHits
Jawa Timur

Di awal tahun, Bus Macito telah melayani ribuan wisatawan yang menjelajahi Kota Malang – Lentera Hari Ini

Di awal tahun, Bus Macito telah melayani ribuan wisatawan yang menjelajahi Kota Malang – Lentera Hari Ini

MALANG (Lentertag) – Armada bus Malang City Tour (Macito) milik Pemkot Malang (Pemkot) laris manis setelah melayani ribuan penumpang di awal tahun 2023. Mereka menjelajahi beberapa destinasi wisata di kota Malang.

Pengamat Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Ketut Wahyu mengatakan sekitar 1.716 penumpang telah menggunakan layanan bus Macito sejak mulai beroperasi pada 9 Januari 2023.

“Tahun ini kita kendarai, yakni pada 9 Januari 2023. Setelah itu pada pemeliharaan ke-14 dan ke-15. Beroperasi lagi, lalu libur Imlek. Dan jalan lagi sampai sekarang. Itu berarti kami memiliki 13 hari operasi. Jika kita memiliki 6 perjalanan per hari, satu perjalanan memiliki 22 penumpang. Artinya ada 1.716 penumpang,” kata Ketut Wahyu saat dikonfirmasi awak media, Kamis (26/1/2023).

Ketut menambahkan, penumpang Bus Macito pada awal tahun ini didominasi oleh rombongan anak usia sekolah. Sementara itu, lanjutnya, masyarakat umum biasanya memanfaatkan momen akhir pekan untuk berkeliling dengan bus Macito.

“Sudah penuh sejak Januari. Kami tidak pernah kosong. Jadi di awal tahun kami memiliki 6 perjalanan sehari sejauh ini. Dan selalu penuh. Hari ini dalam seminggu digunakan oleh kelompok anak sekolah. Kalau akhir pekan biasanya masyarakat umum,” imbuhnya.

Ketut dikatakan bisa menikmati suasana sekitar Kota Malang dengan Bus Macito. Pengguna hanya perlu mendaftar melalui aplikasi Macito yang tersedia di Google PlayStore. Dengan begitu, calon penumpang tidak perlu mengantri terlalu lama untuk menaiki armada.

“Sehingga juga berfungsi untuk mengevaluasi kinerja kami selama setahun terakhir. Sekarang mereka bisa memantau kapan waktu yang tepat untuk naik. Dulu masalahnya adalah mereka datang terlalu pagi, mereka juga antri. Bisa diatur kapan mau hari apa,” jelasnya.

Selain itu, Ketut mengimbau masyarakat, khususnya para guru yang ingin mengajak siswanya berkeliling dengan Macito. Untuk mendaftar melalui aplikasi, lanjutkan atau minimal D-4 sebelum menaiki Macito.

“Karena kita pindahkan ke aplikasi. Nanti kalau belum punya aplikasinya bisa kesini. Biarkan kami memandu Anda untuk menggunakan aplikasi. Nanti akan kami cek mana yang kosong. Masalahnya banyak yang mendaftar secara online,” ujarnya.

Terakhir, kata Ketut, saat ini tersisa 1 armada bus yang bisa melayani pemkot. Namun, pihaknya memastikan hal tersebut setelah menerima pelat nomor tersebut pada Februari lalu. Empat armada bus Macito akan dapat mengangkut wisatawan keliling kota Malang dalam waktu yang bersamaan.

“Untuk saat ini masih ada 1 armada. Sebetulnya yang lain sudah selesai, tapi tinggal menunggu plat nomornya saja. Mungkin sudah mungkin di bulan Februari. Karena kami menyerahkan catatan awal bulan ini. Jadi nanti awal Februari sudah bisa langsung beroperasi 4 armada,” jelasnya.

FYI: Jalur bus Macito sendiri dimulai dari kawasan Mini Block Office atau Taman Rekreasi Kota (Tarekot) Malang. Kemudian dilanjutkan ke Alun-alun Tugu Kota Malang. Berkendara menuju Jalan Kahuripan, melewati Kodim 0833 Kota Malang menuju pertigaan Rajabally.

Kemudian belok kiri menuju Kawasan Cagar Budaya Kayutangan, Jalan Majapahit dan menuju ke Tarekot Malang untuk berhenti menurunkan penumpang.

Reporter: Santi Wahyu | Penerbit : Lutfiyu Handi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button