Akhir 2022 Kota Malang Tambah 2 Armada Bus Macito - Lentera Hari Ini - WisataHits
Jawa Timur

Akhir 2022 Kota Malang Tambah 2 Armada Bus Macito – Lentera Hari Ini

MALANG (Lentertag) – Di penghujung tahun 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Kementerian Perhubungan (Dishub) resmi meluncurkan dua unit bus Malang City Tour (Macito). Dengan tambahan tersebut, Kota Malang kini memiliki 3 unit armada bus Macito yang siap mengantar wisatawan ke destinasi wisata di Kota Malang.

“Ini kegiatan dinas perhubungan, bukti nyata kerjasama untuk mengenalkan pariwisata kota Malang. Jadi sebenarnya bukan hanya tugas Disporapar, tapi juga otoritas lalu lintas. Harapannya bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang,” kata Widjaja Saleh Putra, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, dalam pertemuan usai pengoperasian bus Macito, Sabtu (31/12/2022).

Widjaja menambahkan, 2 unit macito yang diluncurkannya berbeda dengan macito sebelumnya. Baik dari segi tampilan maupun fasilitas yang melengkapinya.

“Macito tahun ini berbeda. Karena diwarnai sesuai instruksi walikota. Dan juga ada fasilitas untuk penyandang disabilitas,” imbuhnya.

1 unit Macito baru pada akhir tahun 2022

Selain bekerja sama dengan Disporapar. Dia menjelaskan, Dishub nantinya juga bekerja sama dengan Kominfo Kota Malang untuk mengoperasikan Macito. Wisatawan yang ingin mengendarai Macito dapat dengan mudah mendaftarkan diri melalui aplikasi Google Playstore bertajuk Macito yang telah disediakan.

“Dishub bekerja sama dengan Kominfo telah mengembangkan aplikasi Macito yang berfungsi untuk pendaftaran online. Jadi, setiap saat para peminat datang langsung ke lokasi untuk dapat menikmati Macito. Sekarang aplikasinya sudah bisa diunduh terlebih dahulu , install dan login ke Register the application, nanti juga bisa pilih Macito mana yang mau dikendarai,” jelasnya.

Secara terpisah, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, pengoperasian 3 unit Macito akan dipusatkan di beberapa destinasi wisata di Kota Malang. Diantaranya adalah Kampung Warna-Warni, Kampung 3 Dimensi, Cagar Budaya Kayutangan dan lain sebagainya.

“Nantinya bisa menginap di beberapa titik objek wisata. Tersedia di (Kampung) Warnawarni, Kayutangan, Malang Creative Center (MCC), (Kampung) 3D. Sehingga bisa menjangkau wisatawan yang datang ke Kota Malang. Karena 1 unit, Operasinya kemarin overload, makanya kita tambah agar semua bisa naik ke atas,” kata Wali Kota Malang Sutiaji dalam rapat di kesempatan yang sama.

Di sisi lain, Pemkot No. 1 di Kota Malang itu menyerukan pengawasan kemacetan yang lebih baik di Kota Malang dengan penambahan 2 Bus Macito.

“Karena merupakan fasilitas pendukung, maka langsung dipantau ketika ada titik stagnasi. Harapannya, jika kemacetan segera diperbaiki, berarti ada kehadiran pemerintah di masyarakat dan wisatawan akan merasa lebih nyaman,” ujarnya.

Pada akhirnya, Sutiaji pun berharap agar fasilitas ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kota Malang.

FYI Pada kesempatan kali ini, Pemkot Malang juga mempersembahkan Gowes Bikes kepada 22 pemenang Undian E-Parking Prize. Yang telah menggunakan dan memanfaatkan fasilitas e-parking yang tersedia di 5 titik di Kota Malang.

Reporter: Santi Wahyu | Penerbit : Lutfiyu Handi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button