Guru SMKN 1 Kertak Hanyar mengikuti magang industri dan uji kompetensi UPW di Batam - WisataHits
Jawa Barat

Guru SMKN 1 Kertak Hanyar mengikuti magang industri dan uji kompetensi UPW di Batam

Banjarbaru, kalselpos.com – Sebanyak 18 guru Ekonomi Perjalanan dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Indonesia, antara lain Rano Welum, guru produktif Ekonomi Perjalanan SMKN 1 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, terpilih untuk mengikuti Prakerin Industri dan Perjalanan Ujian Keterampilan (UPW)
Program upskilling dan reskilling tingkat nasional dilaksanakan di Learning Center SMKN 2 Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, beserta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kacabdisdik), Kepala Bidang Pembinaan SMK Kepri dan Kepala SMKN 2 Batam menerima peserta pelatihan di Raja Ali Ruang Rapat Haji di SMKN 2 Batam, Jumat (9/2/2022).

“Atas nama saya dan Pemerintah Kota Batam, saya mengucapkan selamat datang kepada delapan belas guru pariwisata dari empat belas kota di seluruh Indonesia. Saya mengapresiasi dan menyambut baik karena luar biasa terpilih mengikuti magang ini, yang nantinya bisa dipelajari oleh para pelaku pariwisata yang ditunjuk,” kata Ardi dalam sambutannya.

Secara terpisah, Kepala SMKN 2 Batam, Nursya’bani M.Pd, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI yang telah memilih SMKN 2 Batam sebagai tempat studi guru pariwisata di seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan, 18 guru peserta pelatihan tersebut berasal dari 14 daerah di seluruh Indonesia, yaitu Gorontalo, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Palu, Jakarta dan Kepulauan Riau.

Para pendidik ini menyelesaikan magang industri di industri perjalanan selama 23 hari dan lulus dengan uji sertifikasi kompetensi industri yang diselenggarakan langsung oleh industri pariwisata saat peserta magang, PT. Fantastic Tour & Travel Batam, PT. Hanita Jaya Wisata Tour & Travel, Riztour Indo Wisata dan PT. Wahid Putra Kencana Tour & Travel.

Perwakilan Kalsel dari SMKN 1 Kertak Hanyar Rano Welum, salah satu peserta mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim. Ia tidak menyangka bisa mewakili Kalsel dalam menghadiri acara yang sangat bergengsi ini untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai guru pariwisata di Banua. Sehingga ilmu yang didapat dapat diterapkan kepada para siswa untuk memajukan dunia pendidikan di Banua pada umumnya.

“Wabil sangat mengapresiasi dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel kepada Gubernur H. Sahbirin Noor dan Letnan Gubernur H. Muhidin atas doa dan restunya. Reputasi baik Banua secara nasional akan saya pertahankan dengan fokus mengikuti berbagai kegiatan mulai dari 1 wawancara dengan kalselpos.com melalui telepon, Selasa (6/9).

Sementara itu, Sabli, Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu VET (BBPPMPV) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI Bidang Ekonomi dan Pariwisata, berharap kegiatan tersebut dapat mendorong para calon guru untuk memahami, seperti sebagai proses dan budaya industri dapat diterapkan di sekolah masing-masing agar sesuai dengan kompetensi.

“Kegiatan ini dilakukan agar para guru dapat meningkatkan keterampilannya khususnya di industri travel,” ujarnya.

Selain magang dan uji kompetensi, peserta magang juga akan mengunjungi sejumlah fasilitas dan destinasi wisata di Batam.

www.sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal aplikasi Kalselpos.com

Source: kalselpos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button