Resep Kue Bondon, masakan khas Bandung yang patut dicoba! - WisataHits
Jawa Barat

Resep Kue Bondon, masakan khas Bandung yang patut dicoba!

Mitrapost.com – Resep Kue Bondon yang enak dan sesuai dengan rasa aslinya sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang ingin mencoba makanan khas kota Bandung ini. Indonesia memang kaya akan jajanan gorengan yang asin dan renyah. Salah satu gorengan yang patut dicoba adalah kue bondon khas Bandung.

Jika pai biasanya dibuat dengan kentang dengan sedikit daging giling, berbeda dengan pai Bondon. Kue-kue ini berbahan dasar kentang, tepung terigu dan tepung kanji, harganya sangat murah tapi rasanya pasti bikin ketagihan.

  1. kue bondon

Kuliner khas Bandung, Kue Bondon, adalah nama makanan legendaris dari kota kembang ini, yang sudah ada sejak tahun 1982. Awalnya kue ini disebut dengan kue Kostes. Namun alih-alih nightly, namanya berangsur-angsur berubah menjadi kue Bondon.

Dalam bahasa Sunda, “Bondon” sebenarnya berkonotasi negatif karena artinya “pekerja seks”. Menurut warga sekitar, nama “Perkedel Bondon” muncul karena sebelum krisis keuangan, pelanggan kue ini kebanyakan adalah wanita yang baru pulang dari klub malam.

Seiring berjalannya waktu, popularitas tempat kuliner ini semakin terkenal dan berlanjut hingga saat ini. Penikmat kuliner asal Bandung ini berasal dari berbagai kota. Antrian makan di kue bondon ini luar biasa.

Gerai Kue Bondon berlokasi di Stasiun Bandung Hall, Jalan Stasiun Timur 1 dan Jalan Kebon Kawung No. 43, Bandung, Jawa Barat. Rasa kue khas Bandung ini memang tidak bisa dipungkiri, keras saat digigit, namun bagian tengahnya sangat lembut dan terasa sangat enak di lidah.

Untuk mendapatkan kue bondon ini anda harus bersiap mengantri terlebih dahulu karena banyak sekali pelanggan setia maupun yang baru ingin mencobanya.

Kue bondon ini merupakan salah satu tempat makan 24 jam di Bandung. Jadi Anda tidak perlu khawatir melewatkan makanan khas Bandung ini saat berkunjung ke gerainya.

Ciri khas lain dari kue ini adalah memasaknya dengan kompor. Kompor ini dipilih oleh pemilik Bondon Perkedel sebagai alat masak terpenting. Ini berkontribusi pada rasa unik dari kenikmatan kuliner ini.

Kue bondon ini lebih enak disantap dengan sambal terasi khasnya. Sambal Bondon Perkedel tidak terlalu pedas tetapi memiliki rasa ikan yang cukup kuat yang menambah rasa gurih saat dimakan dengan kue. Makin sempurna dengan nasi hangat dan teh.

Harga satuan masakan khas bandung ini hanya 2.000 rupiah, untuk 15 potong kue anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 30.000 rupiah saja. Ukurannya sebenarnya cukup besar dari kue biasa. Harga-harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

  1. Resep Kue Bondon

Resep kue bondon cukup menarik untuk dicoba di rumah. Tentunya warga Bandung dan sekitarnya sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini.

Salah satu kuliner legendaris Bandung yang sayang untuk dilewatkan. Dengan menawarkan sensasi rasa renyah, gurih dan lembut di dalamnya, tak heran setiap stand kue Bondon selalu dipadati pengunjung.

Namun, bagi Anda yang berada di luar kota Bandung dan ingin menikmati makanan legendaris ini di rumah, Anda bisa dengan mudah mencoba sendiri resepnya. Berikut cara membuat kue bondon yang dijamin enak dan otentik:

Resep Kue Bondon

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg kentang
  • 18 bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 6 sendok makan tepung tapioka
  • 6 sendok makan tepung
  • 4 daun bawang
  • 4 butir telur
  • 2 sendok teh kaldu jamur
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • minyak secukupnya

Jauh diatas sudah ada bahan untuk resep kue bondon dan berikut ini cara membuatnya.

  • Pertama, siapkan bahan-bahan dari resep kue bondon
  • Kentang dikupas dan dibersihkan. Kemudian masukkan kentang ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Kukus kentang hingga matang, angkat, lalu masukkan ke dalam wadah. Hancurkan dengan garpu lalu sisihkan.
  • Bawang merah dan bawang putih yang telah diiris sebelumnya, bersama dengan tepung, tepung tapioka, telur, dan daun bawang ditambahkan ke dalam campuran kentang. Kemudian tambahkan garam, kaldu jamur, kaldu bubuk, pala bubuk dan merica bubuk. Aduk kembali hingga rata.
  • Pertama, wajan tempat minyak telah dituangkan disiapkan dan dipanaskan. Jumlah minyaknya harus banyak agar tekstur luarnya bisa renyah. Setelah itu, ambil adonan dengan sendok dan tuang adonan ke dalam loyang.
  • Lakukan langkah sebelumnya sampai adonan habis. Lalu goreng hingga kecoklatan. Tidak perlu terlalu lama karena nanti akan berminyak. Jika sudah, angkat dan tiriskan. Kue-kue siap dinikmati sebagai camilan atau lauk pauk dengan nasi hangat.

Itulah resep kue bondon dan cara membuatnya. Banyak keberuntungan!

Terima pembaruan berita terpilih dan berita terkini dari setiap hari Mitrapost.com di google berita. Silahkan klik linknya dan jangan lupa “Konsekuensi”

Jangan lupa kunjungi sosial media kami

Video Viral

Source: mitrapost.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button