Wisata Spiritual Gunung Kawi bertujuan untuk mendukung Wisata Malang - WisataHits
Jawa Timur

Wisata Spiritual Gunung Kawi bertujuan untuk mendukung Wisata Malang

Malang: Bupati Malang M. Sanusi ingin Wisata Rohani di Gunung Kawi menjadi salah satu pilar Program Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Malang Jawa Timur. Sanusi mengatakan pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) tidak bisa bergerak sendiri untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

“Kawasan Gunung Kawi dikenal sebagai destinasi wisata spiritual yang tidak hanya terkenal di tingkat daerah, tetapi juga di tingkat nasional dan internasional. Akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Wonosari dan Kabupaten Malang jika potensi ini bisa kita maksimalkan bersama-sama,” kata Sanusi, Senin malam, 8 Maret 2020.

 

Sanusi menjelaskan perlu peran serta masyarakat, kelompok dan pemerhati pusaka untuk membuka jalan bagi rencana tersebut.

Di sisi lain, Sanusi mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam penyiapan teater wayang kulit dalam konteks Raden Mas Imam Soedjonos Khoul Eyang. Ia berharap kegiatan ini menjadi titik temu bagi para pimpinan dan manajemen Yayasan Pesarean Gunung Kawi Ngesti Gondo.

“Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan warga sekitar untuk meningkatkan semangat revitalisasi wisata spiritual di kawasan Gunung Kawi,” kata Sanusi.

Sanusi menjelaskan, memperingati hari kematian para pendahulu merupakan salah satu sarana umat manusia untuk mengingat akan datangnya kematian. Karena pada dasarnya semua orang yang hidup di dunia ini suatu saat akan melalui fase ini.

Memikirkan kematian sebenarnya merupakan pengingat bagi orang-orang yang masih di bumi untuk selalu beramal saleh sebagai tindakan pencegahan di akhirat. Seperti kata pepatah: Apa yang kita tabur, itu yang akan kita tuai nanti.

Tokoh Nenek Raden Mas Iman Soedjono sendiri merupakan tokoh yang membawa perubahan besar bagi daerah sekitar Kabupaten Wonosari dan Gunung Kawi pada khususnya. Sebagai pewaris ilmu, adat dan budaya, sudah sepantasnya dicontoh sikap patriotiknya dalam berdakwah di kaki Gunung Kawi.

Tentu saja, ini juga harus didamaikan dengan perubahan pemikiran konservatif selama periode ini. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan bersama hari ini adalah merevitalisasi sektor pariwisata yang hampir hancur total akibat pandemi COVID-19 selama lebih dari dua tahun.

(GUA)

Source: m.medcom.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button