Desain stempel prajurit Keraton Surakarta menarik perhatian wisatawan - WisataHits
Jawa Tengah

Desain stempel prajurit Keraton Surakarta menarik perhatian wisatawan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:20 WIB

| penulis:

Buku Catatan: beruntung s

Solo, InfoPublik – Memutuskan membuat stempel dengan tema Prajurit Keraton Surakarta adalah keputusan yang tepat. Karena jumlah tersebut menjadi faktor yang menarik wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke kota Solo, Jawa Tengah (Jawa Tengah).

“Ini sebagai bentuk apresiasi budaya yang dimiliki Kota Solo, khususnya Keraton Surakarta, karena prajurit keraton merupakan objek wisata,” kata Riena Retraningrum, Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, saat berpidato di depan gubernur. Ganjar dari Jawa Tengah mewakili Pranowo di Balai Kota Surakarta, Kota Solo, Jumat (5.5/8.2022).

Pesona para prajurit keraton sangat unik karena mereka mengenakan seragam yang sangat mencerminkan budaya Jawa. Disertai dengan pedang panjang dan keris yang merupakan senjata tradisional khas daerah Jawa pada umumnya.

Selain itu, prajurit keraton juga memiliki tanggung jawab untuk menjunjung tinggi nilai-nilai budaya di dalam lembaga. Dengan demikian, kotamadya sekitarnya tetap menjalankan nilai-nilai tersebut sesuai dengan peraturan adat nasional.

Prajurit juga merupakan kekuatan yang bertanggung jawab untuk melestarikan nilai-nilai budaya dan tradisi dalam setiap acara budaya, katanya.

Para prajurit keraton melakukan ini sejak Keraton Surakarta memutuskan untuk bergabung dengan negara Indonesia. Keterlibatan prajurit segera dibatasi pada kegiatan internal dalam kegiatan keraton.

“Ketika mereka mulai bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), para prajurit keraton lebih banyak fokus pada kegiatan internal,” katanya.

Upacara pembukaan rangkaian khusus Prangko ASEAN Paragames 2022 dan Prajurit Keraton Surakarta diketahui menggunakan karnaval budaya dari Kori Kamandungan Keraton Surakarta hingga Balai Kota Surakarta, Kota Solo, Jawa Tengah (Jawa Tengah).

Sebanyak 110 orang mengikuti prosesi budaya tersebut, termasuk 75 prajurit dari Keraton Surakarta dan 35 siswa Pramuka. Harga perangko tersebut adalah Rp 5.000.

Foto: Agus Siswanto InfoPublik

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button