Dalam rangka Hari Pariwisata Sedunia, Dispar Gunungkidul memperkenalkan destinasi wisata Watu Gendong - WisataHits
Yogyakarta

Dalam rangka Hari Pariwisata Sedunia, Dispar Gunungkidul memperkenalkan destinasi wisata Watu Gendong

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia yang diperingati setiap tanggal 27 September, maka Gunungkidul Gunungkidul TFestival Ourisme di tempat wisata Watu Gendong di Kalurahan Beji Kapanewon Ngawen, Gunungkidul, Sabtu, 24 September 2022.

Berbagai macam acara digelar untuk memeriahkannya. Kepala Biro Pariwisata Kabupaten Gunungkidul M. Arif Aldian mengatakan rangkaian acara dimulai pada pukul 15.00 WIB sore. Dimulai dengan Bazar UMKM tradisional, dilanjutkan dengan tarian tradisional Reog, demo tie-dye oleh Dimas Diajeng Gunungkidul, demo pembuatan tie-dye oleh pengrajin kecil tie-dye, dan penampilan band lokal. Bersamaan dengan lomba foto di tempat dengan bonus menarik.

“Lalu malamnya ada pertunjukan band bohemian, pertunjukan cahayapertunjukan tari tradisional tarian apiPertunjukan musik Rinding Gumbeng, dapur musik sulap Gaseng Om Wawes dan Band Pendhosa.

Arif Aldian menambahkan, pemilihan destinasi wisata Watu Gendong di Beji Ngawen sebagai tempat penyelenggaraan acara diharapkan dapat membantu mengembangkan minat wisatawan ke depan. Menurutnya, ada pembalikan tren pariwisata Ukuran pariwisata wisata khusus, salah satunya adalah desa wisata.

“Selain upaya pemerintah untuk mendukung pelaksanaan CBT (berdasarkan komunitas pariwisata) menuju pariwisata berkelanjutan dengan memperkuat aspek pemberdayaan masyarakat, perlindungan lingkungan dan pelestarian budaya,” jelasnya.

Selain itu semakin digalakkan dan dipromosikan sebagai tempat destinasi wisata di sektor utara atau timur kawasan Gunungkidul sehingga dapat meningkatkan aspek ekonomi masyarakat sekitar dan memberikan wadah bagi desa wisata untuk menunjukkan potensinya.

“Semoga pariwisata di Kabupaten Gunungkidul dapat mengarah pada pariwisata kelas dunia,” kata Arif Aldian.

Seperti diketahui, Kabupaten Gunungkidul sudah memiliki 38 desa wisata. Saat ini fitur-fitur yang hadir di setiap desa liburan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara dan sudah terbukti bahwa setiap desa liburan memiliki keunggulan dengan berbagai pelayanannya, antara lain: Lebih disukai wisata desa 2021 oleh UNWTO untuk Desa Wisata Nglanggeran, Top 300 dalam Penghargaan Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI) untuk Desa Wisata Tepus.

Sementara itu, Desa Wisata Candirejo-Semin dan Desa Wisata Kampung-Ngawen mencapai Top 100 Event ADWI 2022. Kemudian, Desa Wisata Tepus naik peringkat dan mencapai Top 50 Event ADWI 2022.(perjalanan)

komentar

komentar

Source: kabarhandayani.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button