Air terjun Putri Palutungan, air terjun cantik yang diselimuti tulisan kuningan - WisataHits
wisatahits

Air terjun Putri Palutungan, air terjun cantik yang diselimuti tulisan kuningan

Harga tiket: Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Curug Putri Palutungan dalam bahasa Sunda, kata curug berarti air terjun, sedangkan kata “Palutungan” diambil dari kata lutung yang memiliki arti linguistik yaitu sarang monyet, dinamai sarang monyet karena kepercayaan penduduk setempat bahwa tempat itu pernah dihuni oleh monyet. Air terjun ini terletak di Kuningan.

Kabupaten Kuningan merupakan salah satu kota yang memiliki potensi wisata. Salah satu objek wisata yang baru dibuka pada tahun 2016 ini adalah air terjun Putri Palutungan ini. Meski terbilang baru, namun pesona keindahan alamnya sudah tidak diragukan lagi. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menyempatkan diri untuk singgah di depan air terjun cantik ini.

Air terjun ini memiliki area yang cukup datar yang bisa digunakan pengunjung untuk berkemah. Tidak hanya itu, rindangnya pohon pinus, suhu yang dingin serta suara gemericik air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Penasaran dengan keindahan air terjun Putri Palutungan? Simak pembahasannya di bawah ini

Objek wisata air terjun Putri Palutungan

Kredit Gambar: Google Maps Mang Dicky

1. Air terjun setinggi 20 meter

Nama lain air terjun di kawasan Kuningan ini adalah air terjun Putri dan Ciputri. Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter, letak air terjunnya yang tersembunyi yang dikelilingi oleh tebing dan pepohonan rindang yang sejuk sehingga menambah pesona tersendiri untuk disaksikan.

2. Dari kejauhan air terjun ini terlihat seperti seorang putri

Daya tarik selanjutnya dari air terjun eksotis ini adalah dari kejauhan terlihat seperti seorang putri dengan gaun putih. Untuk dapat melihat keseluruhan tampilan air terjun ini, pengunjung dapat mengambil foto air terjun dengan kecepatan lambat.

3. Jernih Air Terjun

Aliran air terjunnya tidak terlalu deras, di depannya terdapat cekungan untuk menampung air. Kolam ini tidak begitu dalam, hanya sebatas ukuran orang dewasa, sehingga di dekat air terjun bisa digunakan untuk bermain air, mandi atau berenang. Airnya jernih dan sejuk karena berasal dari kawasan Taman Nasional Gunung Permai.

4. Air Terjun Legenda Putri Palutungan

Masyarakat setempat mempercayai mitos sejarah tentang keberadaan air terjun ini. Konon dulunya air terjun yang indah ini merupakan tempat pemandian dewi langit.

Hal ini ditandai ketika hujan mulai turun tetapi matahari masih pada posisinya, kemudian di antara pepohonan akan muncul pelangi atau katumbiri yang menandakan turunnya dewi langit.

5. Dipercaya dapat menyembuhkan penyakit

Mandi atau berendam di air terjun ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit, juga dipercaya membawa berkah berupa memudahkan pendamping. Warga percaya, wanita yang membasuh wajahnya dengan air dari air terjun akan terlihat jauh lebih cantik.

6. Banyak aktivitas alam yang bisa dilakukan

Salah satu daya tarik wisata di Curug adalah banyaknya aktivitas alam yang bisa dinikmati seperti bermain sepeda gunung, berkemah, arung jeram, jalan-jalan, flying fox, bermain hammock dan masih banyak lagi.

7. Temukan Foto Instagrammable

Di Curug Putri juga terdapat berbagai spot foto alam maupun yang disediakan pengelola. Wisatawan bisa leluasa mengambil foto selama menginap. Spot foto yang ada dibuat sendiri oleh pihak pengelola dan juga alami dari banyaknya pepohonan rindang.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun Putri PalutunganKredit gambar: Google Maps Sin Helina Ayu Tamela

Secara administratif, Curug Putri Palutungan beralamat di Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya sendiri berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Kuningan atau sekitar 20 menit dengan mobil. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Jalan menuju lokasi air terjun tidaklah sulit. Dari Jalan Raya Cirebon-Kuningan, sebelum sampai di Terminal Kuningan, ada jalan ke arah barat menuju Cigugur. Ikuti jalan menanjak untuk sampai ke Desa Cisantana. Sekitar 15 menit dari kawasan Gunung Ciremai, akan ada gerbang masuk ke Bumi Perkemahan Palutungan.

Jika wisatawan yang datang dari Kota Cirebon dan menggunakan angkutan umum bisa naik angkutan umum menuju Terminal Kuningan, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum dari terminal menuju Palutungan atau bisa juga naik ojek. Akses jalan menuju air terjun dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan, meskipun jalannya sempit dan berkelok-kelok.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Air Terjun Putri PalutunganKredit Gambar: Google Maps Dr Ruqoyyah

Menuju Air Terjun Putri Palutungan tidak membutuhkan banyak biaya, harga tour selalu sangat terjangkau. Wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Dengan pajak tersebut, wisatawan bisa merasakan keindahan dan kesegaran air terjun.

Harga tiket masuk yang dibayarkan belum termasuk biaya wahana seperti flying fox, outbond, ATP, dll. Sedangkan wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Saat lelah bermain, pengunjung juga bisa bersantai di pondok-pondok dan menikmati berbagai makanan atau jajanan yang dijual di kawasan wisata, tentunya jajanan dan makanan tersebut membutuhkan biaya tambahan di luar biaya masuk.

Jam operasional objek wisata alam ini adalah setiap hari dengan jam buka mulai pukul 08.00 hingga 17.30. Bagi wisatawan yang ingin puas bermain di kawasan Bumi Perkemahan Palutungan bisa datang pada pagi hari.

Aktivitas Seru Di Air Terjun Putri Palutungan

Kredit gambar: Google Maps Dede Husen

1. Menikmati pesona keindahan air terjun

Pesona air terjun memancarkan keindahan yang tak ada habisnya. Air asli pegunungan Ciremai yang jernih dan segar mengalir deras dan bertempat di sebuah kolam alami yang berada di bawah air terjun. Kolam air mengalirkan air melalui bebatuan. Wisatawan yang menginginkan ketenangan bisa mendapatkannya di dekat air terjun.

2. Berendam atau mandi di air terjun

Aktivitas wajib yang harus dilakukan wisatawan saat berada di air terjun cantik ini adalah mandi di air terjun. Air segar berpadu dengan pemandangan indah akan membuat tubuh kembali bugar. Mandi di Curug Putri juga diyakini membawa kebaikan, membuat kulit wanita semakin cantik dan bercahaya. Walaupun hanya mitos, tidak ada salahnya untuk dicoba.

3. Kegiatan berkumpul

Perusahaan yang akan menjadwalkan acara gathering dapat menjalankan bisnisnya di Air Terjun Putri Palutungan. Manajemen memiliki fasilitas yang mumpuni untuk mensukseskan acara gathering sekaligus outbond bagi para peserta nantinya.

4. Camping di Air Terjun Putri Palutungan

Selain kegiatan berkumpul, pengelola juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk kegiatan berkemah. Berbagai fasilitas disediakan antara lain matras, tenda, sleeping bag, tikar, kayu bakar bahkan snack. Ujung-ujungnya tinggal bawa perbekalan pribadi saja ke camp sini.

5. Pergi arung jeram

Kegiatan seru dan memacu adrenalin selanjutnya adalah rafting atau arung jeram. Bagi pengunjung yang belum pernah mencoba permainan air ini bisa mencobanya di Curug Putri. Akan ada tim dan pemandu yang siap menemani pengalaman berharga ini.

6. Ambil foto-foto lucu di tempat-tempat menarik

Di area Bumi Perkemahan Palutungan, disediakan berbagai spot foto menarik seperti bunga matahari, rumah hobbit, menara bambu, wing sky dan sarang burung. Pengunjung juga bisa berfoto di area pinus, dekat air terjun dan lainnya.

7. Fun Games/Outing

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, tempat wisata ini bisa menjadi tempat wisata yang asik bagi mereka. Air terjun ini aman untuk tempat bermain anak di bawah pengawasan orang tua. Selain bermain akrobat, ada juga wahana bermain game dan tempat-tempat keren.

8. Main sepeda gunung

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi seluruh area bumi perkemahan, Anda bisa memanfaatkan jasa rental sepeda gunung. Plus, mereka yang membawa anak-anak akan sangat menikmati bermain ATV ini.

9. Bermain di tempat tidur gantung

Berada di kawasan yang banyak pohon pinusnya dimanfaatkan manajemen sebagai wahana bermain dan selfie. Pengunjung bisa menyewa hammock dan memilih posisi tertinggi untuk merasakan serunya bermain di hammock.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Memasang Air Terjun Putri PalutunganKredit Gambar: Google Maps Dr Ruqoyyah

Berbagai fasilitas disediakan pihak pengelola Bumi Perkemahan Palutungan untuk memanjakan para wisatawan. Terdapat fasilitas umum yaitu tempat parkir, MCK, mushola, saung atau tempat duduk. Beragam fasilitas foto selfie yang instagramable juga disediakan.

Bagi pengunjung yang lapar, tersedia juga warung dan restoran. Pengelola Curug Putri Palutungan juga menyediakan fasilitas untuk berkemah dan penyediaan makanan ringan. Banyak wahana juga tersedia di Air Terjun Putri Palutungan. Ada rubah terbang, tempat tidur gantung, ATV, wahana keluar dan banyak lagi.

Fasilitas lengkap ini dapat digunakan saat mengunjungi kawasan wisata alam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari saat cuaca tidak terlalu panas, namun jangan terlalu pagi agar tidak terlalu dingin mengingat letak air terjun eksotis ini yang berada 1000 meter di atas permukaan laut.

Inilah pesona keindahan Air Terjun Putri Palutungan. Obyek wisata ini terletak pada keindahan alamnya yang selalu asri dan juga berbagai fasilitas menarik yang disediakan oleh pihak pengelola. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berlibur di kawasan air terjun ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button