Jogja Pit Ringke 'Mangkat Gasik' ke Pantai Cemoro Sewu - WisataHits
Yogyakarta

Jogja Pit Ringke ‘Mangkat Gasik’ ke Pantai Cemoro Sewu

Jogja Pit Ringke ‘Mangkat Gasik’ ke Pantai Cemoro Sewu

tanpa judul

Krjogja.com – YOGYA – Puluhan pesepeda dari komunitas Jogja Pit Ringkes bersepeda bersama dari Inna Malioboro menuju Pantai Cemoro Sewu pada Minggu pagi (13/11/2022). Tak hanya mengayuh sepeda, mereka juga membersihkan Pantai Cemoro Sewu di Bantul setelah menempuh rute sepanjang 30 kilometer.

Kegiatan bersepeda kali ini diberi label Mangkat Gasik yang merupakan singkatan dari Bareng Paguyuban Olahraga Karo Reresik. Para pengendara sepeda menggunakan berbagai jenis sepeda seperti sepeda lipat, sepeda road bike dan sepeda gunung untuk melakukan aktivitas tersebut.

Singgih Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata DIY, mengatakan kegiatan mangkat gasik sengaja dilakukan untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan selain untuk menjaga kesehatan masyarakat. Menurutnya, pesepeda bekerja sama dengan pengelola destinasi wisata dengan harapan semua pihak memiliki misi yang sama untuk menjaga lingkungan sekitar.

“Teman-teman ini tidak hanya bersepeda, mereka melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata berkelanjutan. Kami sedang membersihkan pantai Cemoro Sewu yang akan kami kunjungi dan tentunya ini usaha kita bersama yang harus terus dilanjutkan,” kata Singgih.

Pembina Jogja Pit Ringkes Pramusinto menambahkan kegiatan fun bike dari Kota Yogya ke Pantai Cemoro Sewu ini digagas bersama untuk menjaga kesehatan, membersihkan lingkungan dan mengenalkan destinasi wisata. Menurut Pramusinto, Pemkot mendukung upaya Badan Pariwisata untuk menampilkan destinasi wisata dan mempromosikan wisata sehat.

“Kami mengajak komunitas bersepeda yang memang banyak berwisata di Jogja untuk mengeksplorasi destinasi wisata guna memperkenalkannya lebih luas lagi. Kali ini kami ikut membantu membersihkan pantai Cemoro Sewu, ke depan akan kami alihkan ke destinasi lain,” ujarnya.

Masyarakat juga akan memasang spanduk di Cemoro Sewu yang menyerukan kebersihan. “Harapannya, wisatawan bisa lebih sadar untuk tidak membuang sampah untuk ikut menjaga lingkungan. Kita mulai dari yang terdekat saja,” pungkasnya. (fxh)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button