Malam pergantian tahun di Gunungkidul, begini rekayasa lalu lintasnya - WisataHits
Yogyakarta

Malam pergantian tahun di Gunungkidul, begini rekayasa lalu lintasnya

Gunungkidul

Malam Tahun Baru semakin dekat. Gunungkidul merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi, sehingga terdapat teknik transportasi untuk menuju ke sana.

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas (traffic) menuju kawasan pantai menuju lokasi acara pesta kembang api, seperti B. HeHa Ocean View di Kapanewon Panggang dan HeHa Sky View di Kapanewon Patuk. Penerapannya untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Purwanta menjelaskan, rekayasa lalu lintas berlaku mulai dari sepeda motor hingga bus wisata. Nantinya, polisi akan memberlakukan dua jalur bagi kendaraan yang masuk dan keluar kawasan HeHa.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Pengunjung HeHa Ocean View menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat dari arah Parangtritis bisa masuk melalui Simpang 4 Legundi, Simpang 3 Girisekar, Simpang 3 Bolang dan selanjutnya sampai di HeHa,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Sabtu (12/10). 31/2022).

Sedangkan dari arah Panggang bisa melewati pertigaan Legundi-3 Girisekar-3 dan pertigaan Bolang-HeHa OceanView. Selain itu, pengunjung dari Girisekar bisa naik dari Junction 3 Girisekar, menuju Junction 3 Bolang, dan terakhir memasuki HeHa Ocean View.

“Dan untuk jalur keluar sepeda motor dan mobil HeHa Ocean View bisa berkendara dari Bolang Junction sampai Legundi Junction,” ujarnya.

Selain itu, untuk jalur masuk bus wisata pengunjung akan diarahkan dari Jogja melalui jalur Patuk-Playen-Paliyan-Saptosari, kemudian berhenti di pertigaan persawahan Girisekar, Panggang. Pengunjung kemudian melanjutkan perjalanan dengan shuttle.

“Untuk gerbong yang datang dari arah Wonogiri dan Klaten bisa melalui jalur Semin-Karangmojo-Wonosari-Paliyan-Saptosari-Halte di simpang tiga Girisekar Sawah dilanjutkan dengan shuttle,” ucapnya.

Purwanta juga menyebutkan jalur exit bus Pariwsata dari HeHa Ocean View menuju Jogja bisa melewati pertigaan sawah Girisekar di timur menuju Saptorsari-Paliyan-Playen-Patuk-Jogja.

“Kalau jalur keluar bus Solo dan Wonogiri bisa ke timur melalui pertigaan Sawah Girisekar menuju Saptosari-Paliyan-Playen-Siyono-Simpang 4 Selang-Karangmojo-Semin-Solo/Wonogiri,” ujarnya.

Tidak hanya rekayasa lalu lintas di HeHa Ocean View, menurut Purwanta juga ada rekayasa lalu lintas di HeHa Sky View, Patuk. Dimana pengunjung yang datang dari arah Jogja harus memutar di kawasan Kali Pentung dan menuju Junction 4 PJR Patuk untuk masuk ke HeHa Sky View.

“Dengan teknik ini, kami berharap bisa mengurai kemacetan di malam tahun baru,” ujarnya.

Rekayasa jalur di kawasan pesisir

Purwanta mengatakan sedang mengatur lalu lintas ke kawasan pantai. Nantinya wisatawan dari Wonogiri atau Solo menuju Pantai Baron bisa menggunakan jalur Semin menuju Karangmojo-Wonosari-Mulo-Tanjungsari-TPR Baron.

“Wisatawan dari Jogja bisa masuk lewat jalan Playen-Paliyan, lurus ke Trowono-Planyan-TPR JJLS dan masuk ke kawasan pantai,” ujarnya.

Selain itu, polisi juga menyiapkan jalur pelarian dari kawasan pesisir selatan Gunungkidul. Jalur pertama, wisatawan bisa mengambil jalur timur dari pantai menuju pertigaan Tepus 3, terus ke pertigaan Mulo, lalu ke Wonosari di sebelah utara.

“Wisatawan yang kembali ke Solo bisa melalui Karangmojo, Semin dan langsung ke Wonogiri. Juga wisatawan yang berangkat dari arah barat melalui jalur JJLS ke Planjan-Paliyan-Playen dan selanjutnya ke Yogyakarta,” ujarnya.

“Untuk kendaraan pribadi kecil, wisatawan bisa menempuh jalur JJLS lurus ke Planjan, Saptosari, Purwosari dan berakhir di kawasan Parangtritis, Bantul,” lanjut Purwanta.

Berikut agenda malam tahun baru 2023 di Gunungkidul:

– Tahun Baru Dragrace & Dragbike 2022-2023 Lanud TNI AU, Gading, Playen 13.00-20.00 WIB

– Panggung Hiburan Rakyat di Lapangan Pemda Gunungkidul siap pukul 16.00 WIB

– Penyalaan kembang api HehaSky View, Patuk 19.00-00.30 WIB

– Penyalaan Kembang Api HehaOcean View, beacon 21.00-01.00 WIB

***

Artikel ini pernah tayang di detikJateng. Baca berita selengkapnya di sini.

Simak video Dua Korban Longsor Gunungkidul Ditemukan, Tertimbun Beberapa Puluhan Meter
[Gambas:Video 20detik]
(bulan/bulan)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button