Biro Pariwisata Gelar "Gunungkidul Tourism Fest" di Watu Gendong - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Biro Pariwisata Gelar “Gunungkidul Tourism Fest” di Watu Gendong – ANTARA News Yogyakarta

Gunungkidul (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar “Gunungkidul Tourism Fest” di destinasi wisata Watu Gendong di Desa Kalurahan/Beji untuk memperkenalkan destinasi wisata di sisi utara.

Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian mengatakan di Gunungkidul, Kamis, “Gunungkidul Tourism Fest” merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia pada 27 September.

Melonggarnya masa pandemi COVID-19 berdampak positif bagi pemulihan sektor pariwisata di Gunungkidul, yang terlihat dari kunjungan wisatawan ke setiap objek wisata, khususnya wisata pantai.

“Kita tahu pengembangan tempat wisata di sisi utara masih perlu ditingkatkan, makanya kita akan mengadakan Gunungkidul Tourism Fest di Beji untuk memperkenalkan objek wisata di sisi utara,” kata Arif Aldian.

Ia mengatakan Festival Wisata Gunungkidul di Watu Gendong Beji merupakan upaya untuk mempromosikan sisi utara kepada wisatawan. Saat ini terjadi pembalikan tren dalam pariwisata pariwisata massal untuk wisata khusus, salah satunya adalah desa wisata.

“Kenapa Watu Gendong dipilih? Ini merupakan wadah untuk mempromosikan destinasi wisata di sektor utara atau timur wilayah Gunungkidul sehingga dapat meningkatkan aspek ekonomi masyarakat sekitar dan memberikan wadah bagi desa-desa wisata untuk menunjukkan potensinya,” katanya.

Acara juga dimeriahkan dengan kesenian tradisional, demonstrasi tie-dye oleh Dimas Diajeng Gunungkidul, demonstrasi pembuatan tie-dye oleh pengrajin kecil tie-dye, dan penampilan band lokal.

Arif mengatakan pemerintah mendukung implementasi Pariwisata Berbasis Masyarakat (CBT) menuju pariwisata berkelanjutan dengan memperkuat aspek pemberdayaan masyarakat, perlindungan lingkungan dan pelestarian budaya.

“Semoga pariwisata di Kabupaten Gunungkidul dapat mengarah pada pariwisata kelas dunia,” kata Arif.

Kabupaten Gunungkidul sudah memiliki 38 desa wisata. Saat ini, fitur-fitur yang hadir di setiap desa wisata menjadi daya tarik bagi wisatawan dari luar negeri.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Dispar gelar “Gunungkidul Tourism Fest” di Watu Gendong

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button