Daftar 5 PO bus legendaris dari Jakarta, beberapa di antaranya sudah ada sejak 1946: Okezone Otomotif - WisataHits
Jawa Barat

Daftar 5 PO bus legendaris dari Jakarta, beberapa di antaranya sudah ada sejak 1946: Okezone Otomotif

ADA 5 PO bus legendaris dari Jakarta. Autobus Company (PO) adalah perusahaan atau operator yang menawarkan bus sebagai salah satu bentuk transportasi umum. Bus menjadi pilihan transportasi darat untuk jarak jauh.

Sejauh ini, kendaraan roda enam ini masih menjadi alat transportasi paling populer bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, kendaraan yang satu ini dibandrol dengan harga yang relatif murah namun tetap nyaman.

Seiring berjalannya waktu, kualitas bus terus meningkat, tentunya dengan fasilitas penunjang yang semakin banyak. Meski demikian, ada beberapa PO yang melegenda dan sudah ada sejak lama.

Lantas apa saja PO bus legendaris dari Jakarta yang masih eksis hingga saat ini? Untuk mengetahuinya, baca ulasan Okezone di bawah ini.

5 PO Bus Legendaris dari Jakarta

1. Damri

Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau Damri adalah perusahaan bus yang berdiri sejak tahun 1946. Lahir di Jakarta, Damri menjadi perusahaan milik negara Indonesia yang bergerak di bidang transportasi darat.

Damri sendiri menawarkan berbagai jenis kelas bus mulai dari kelas ekonomi tanpa AC dan dengan AC, bisnis, eksekutif dan royal (kualitas terbaik).

2. Mayasari Bakti

Mayasari Bakti merupakan salah satu PO bus dengan antrian terbanyak dan termasuk dalam kategori bus kota. Mayasari Bakti didirikan pada tahun 1964 dengan melayani rute Cililitan – Tanjung Priok.

PO ini mulai berkembang pada tahun 1970, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin memberikan bantuan kredit kepada beberapa operator bus kota untuk pengadaan bus kota di DKI Jakarta.

3. Primayasa

Milik Grup Mayasari, PO ini dikenal memiliki armada bus reguler yang melayani rute bus antar kota dan antar provinsi. Jalur armada bus Primajasa beroperasi terutama ke Jawa Barat dan Banten.

Didirikan pada tahun 1991, PT Primajasa Perdanaraya Utama mulai beroperasi sebagai layanan bus wisata dengan armada 25 bus yang awalnya menyediakan transportasi pulang pergi dari Bogor ke Tangerang melalui Jakarta.

4. Agra Mas

Agra Mas merupakan salah satu PO bus yang berkantor pusat di Jakarta Timur yang sudah bertahun-tahun melayani jasa mengemudi penumpang. Hingga saat ini, Agra Mas terus berkembang bahkan menjadi armada bersusun.

Bus tingkat Agra Mas memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2 dengan reclining seat, bantal dan selimut, televisi, AC, lampu baca dan charging station.

ilustrasi

5. Kontinental

PO. Continental atau Continental Megah Express adalah PO yang didirikan oleh Teddy dan berkantor pusat di Jalan AM. Sangaji dan kolam renang di Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Continental berjaya di tahun 1980-an dengan warna dasar putih yang khas. Namun, menjelang akhir tahun 1990-an, PO ini mengalami kemunduran dan akhirnya diakuisisi oleh pesaingnya yaitu PT. Mitra Rajasa.

Ini dia 5 PO bus legendaris dari Jakarta yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Source: otomotif.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button