Mak Itam tidak sendiri lagi, kota Sawahlunto kini memiliki kereta wisata bertenaga diesel - WisataHits
Jawa Barat

Mak Itam tidak sendiri lagi, kota Sawahlunto kini memiliki kereta wisata bertenaga diesel

HARIANHALUAN.COM – Kota Sawahlunto telah menerima kereta diesel dari PT KAI dengan nomor seri BB 30379804 untuk digunakan sebagai kereta wisata pada Sabtu 26 November 2022.

Kedatangan kereta api diesel PT KAI bernomor urut BB 3037804 itu disambut langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta di stasiun Muaro Kalaban.

“Kereta ini akan digunakan sebagai kereta wisata di Sawahlunto yang melaju dari stasiun Kampung Teleng Sawahlunto hingga stasiun Muaro Kalaban,” kata Wali Kota Sawahlunto Dery Asta, Minggu, 27 November 2022.

Dengan adanya kereta diesel tersebut, kata Dery Asta, pihaknya akan mendampingi lokomotif uap E1060 “Mak Itam” yang digunakan semata-mata untuk pariwisata kita.

Baca juga: Bogor Go Green 7 Paduan Ekologi, Ekonomi dan Sosial

“Karena lokomotif Mak Itam kondisinya sudah tua, tidak disarankan bisa jalan setiap hari. Oleh karena itu, untuk KA wisata yang dapat beroperasi setiap hari atau lebih dari dua kali dalam seminggu, kami mohon dukungan dari PT. KAI akan ada penambahan kereta diesel,” ujar Deri Asta.

Atas kedatangan kereta ini, Walikota Deri Asta menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas persetujuan PT KAI atas kedatangan kereta diesel tersebut.

“Pengaktifan kembali kereta api di Sawahlunto tentunya akan memperkuat dan meningkatkan daya tarik wisata kota kuno (heritage) ini. Terima kasih kepada PT. KAI, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan seluruh pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam mendukung revitalisasi perkeretaapian di Sawahlunto,” kata Walikota Deri.

Proyek reaktivasi KA Sawahlunto akan didukung empat BUMN sesuai arahan Menteri BUMN Erick Tohir. Keempat BUMN tersebut adalah PTKAI, Semen Indonesia Group (SIG), PT. Pupuk Indonesia dan PT. Biofarma.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button