Drainase Jalan Pansela melambat akibat banjir. Begini cara mengatasinya - WisataHits
Jawa Barat

Drainase Jalan Pansela melambat akibat banjir. Begini cara mengatasinya

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengerjakan saluran drainase Jalan Tegalbuleud-Sindangbarang-Cidaun Km 19, Desa Cipandak, Jawa Barat.

Selama drainase Jalan Pantai Selatan (Pansela) seksi Jawa, penurunan muka tanah sebelumnya tergerus banjir.

Menurut laporan dari situs resmi Kementerian PUPR, Jumat (28/10/2022), penanganan sementara dilakukan dengan memasang rambu, garis pemisah dan memaksakan.

Penanganan sementara juga dilakukan oleh petugas operasional pemberi isyarat dan perlindungan tenaga kerja (K3) untuk membuka dan menutup alur.

Kepala Satuan Kerja Nasional Penyelenggaraan Jalan di Wilayah (Satker) Jabar, Alik Mustakim mengatakan, penanganan lebih lanjut akan dilakukan secara permanen.

Baca juga: Agar Jalur Pansela Jawa Menarik Bagi Pengendara, Jokowi Instruksikan Ini

Ini termasuk pemasangan dinding penahan tanah, penggantian gorong-gorong, penimbunan kembali dan perkerasan kembali.

“Alat berat sudah bekerja di lapangan, mobilisasi material Bagian kotak prefabrikasi Sudah berjalan dan harus selesai minggu ini,” katanya.

Sebagai informasi: Jalan Tegalbuleud-Sindangbarang-Cidaun merupakan bagian dari Jalur Pansela yang menghubungkan Provinsi Banten dan Jawa Barat di wilayah selatan Jawa Barat.

Jalan Pansela tidak hanya menjadi jalur transportasi masyarakat setempat, tetapi juga menjadi jalur menuju beberapa tempat wisata di Jawa Barat bagian selatan.

Misalnya Pantai Jayanti di Cidaun, Kabupaten Cianjur, Pantai Santolo dan Rancabuaya di Kabupaten Garut, Pantai Ujung Genteng dan Palabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi hingga Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Jembatan Kretek 2 Dibuka, Luncurkan Pemudik Lewat Pansela Jawa

Jalan ini juga menjadi jalur alternatif bagi pengguna kendaraan selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Dengan demikian, dengan stabilnya kondisi jalan Tegalbuleud-Sindangbarang-Cidaun, maka kenyamanan dan keamanan wisatawan ke tempat-tempat wisata di wilayah Jawa Barat Daya dapat ditingkatkan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button