5 Rumah Makan Legendaris di Kota Solo yang beberapa di antaranya sudah ada sejak RI belum merdeka: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

5 Rumah Makan Legendaris di Kota Solo yang beberapa di antaranya sudah ada sejak RI belum merdeka: Okezone Travel

5 Rumah Makan Legendaris di Kota Solo yang beberapa di antaranya sudah ada sejak RI belum merdeka: Okezone Travel

KOTA Surakarta atau Solo merupakan tempat tujuan wisata di Jawa Tengah. Tak hanya dikenal dengan wisata sejarah, budaya, dan alamnya, Solo juga menawarkan beragam kuliner yang nikmat.

Solo adalah kota kuliner murah dan unik.

Jika Anda sedang berlibur di Solo, tidak ada salahnya mencoba beberapa makanan khas di beberapa spot legendaris berikut ini.

1. Tengkleng Klewer Bu Edi (1971)

Sajian Istimewa Solo Legendaris diawali dengan Ibu Edis Tengkleng Klewer. Tengkleng terbuat dari iga kambing yang sekilas mirip dengan gulai namun memiliki rasa yang berbeda. Tengkleng Klewer milik Ibu Edi ini wajib dikunjungi saat ke Solo.

ilustrasi

Ilustrasi kopiah

Untuk mencoba makanan khas ini Anda hanya perlu datang ke Pasar Klewer, Solo. Diketahui, warung tersebut kini dijalankan oleh generasi ketiga. Dengan membayar Rp 50.000, Anda sudah bisa menikmati seporsi tengkleng yang nikmat.

2. Mbak Terbaring di Jalan Solo (1987)

Selat Solo adalah makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Solo. Kuliner khas Surakarta ini juga menjadi salah satu menu di pernikahan Kaesang Pangerep dan Erina.

Selat adalah plesetan dari kata rujak yang bahan utamanya adalah daging sapi. Makanan ini lebih mirip steak daripada salad, disajikan dengan kuah Jawa yang encer dan manis.

Selat Solo Mbak Lies terletak di Jl. Veteran, Gang II, Kota Serengan, Solo, Jawa Tengah.

3. Serabi Notosuman (1923)

Sudah berusia lebih dari 100 tahun, serabi Notosuman sangat populer dan banyak dicari sebagai oleh-oleh sepulang dari kota Solo. Kini Serabi Notosuman sudah memiliki beberapa cabang di kota-kota lain di Indonesia.

Rasa otentik dengan rasa gurih dan manis yang unik membuatnya menonjol dari pancake lainnya. Toko serabi Notosuman terletak di Jalan Mohammad Yamin No. 28, Kota Solo.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

4. Nasi Liwet Wongso Lemu (1950-an)

Cemilan yang terdiri dari nasi liwet, sayur labu, suwiran ayam dan juga telur rebus ini tidak hanya enak tapi juga sangat melegenda yang bertahan hingga saat ini.

Gurihnya nasi liwet dan manisnya sayuran menggugah selera. Nasi liwet wongso lemu terletak di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo.

ilustrasi

5. Soto Ayam Gading (1974)

Makanan legendaris yang terakhir adalah Soto Ayam Gading yang berlokasi di Jalan Brigjen Sudiarto, No. 75, Solo. Soto Ayam Gading memiliki kuah dengan rasa yang kuat dengan bumbu yang beragam, namun warnanya tetap bening.

Untuk menikmati semangkuk soto ayam Gading, Anda juga bisa memilih beberapa lauk tambahan seperti empal, perkedel kentang, sate jeroan, dan lain-lain.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button