Coban Glotak, air terjun indah mempesona di Malang - WisataHits
wisatahits

Coban Glotak, air terjun indah mempesona di Malang

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Coban Glothak, Dalisodo, Kec. Wagir, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Coban Glotak merupakan tempat rekreasi yang menjadi incaran wisatawan dan terlihat begitu ramai. Hampir setiap hari destinasi alam ini tidak pernah sepi. Pelanggan dapat menemukan banyak keindahan alam.

Tumbuhan yang tumbuh di sekitarnya juga tidak sedikit. Bahkan, hampir seluruh lahan air terjun dikelilingi tanaman hijau untuk menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, keindahan Coban Glotak Malang memang menarik perhatian karena begitu menakjubkan. Pengunjung yang suka bermain air bisa langsung menuju kolam renang di bawah air terjun.

Pesona lain bisa ditemukan saat Anda menetap di tempat relaksasi. Pondok bambu yang disediakan seringkali menjadi tempat bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Potret cantik tentu mudah didapat saat traveler mencari background foto.

Daya tarik Coban Glotak

Daya tarik Coban GlotakKredit gambar: Google Maps Ikhlaashul Muaasyiqiin

1. Nuansa alami

Coban Glotak masih memiliki nuansa alam yang tak terhitung jumlahnya. Pelanggan dari berbagai daerah sudah sering memilih Coban sebagai destinasi liburan mereka. Pesona alam yang indah dan mempesona tentu akan membuat kunjungan Anda berkesan. Apalagi pengunjung bisa menjumpai pepohonan tinggi dan rerumputan hijau di sekitar destinasi.

Pemandangan alamnya juga semakin lengkap dengan keindahan hutannya. Wisata berpemandu ini berada tidak jauh dari hutan yang dikelilingi tumbuhan hijau. Bahkan wisatawan yang pergi ke Glotak pada pagi hari pun dapat mendengar kicauan burung yang menandakan bahwa kunjungan ini masih bernuansa alam. Suasana tenang mudah dicapai oleh setiap wisatawan.

2. Keindahan Coban Glotak

Pemandangan terpenting dari destinasi ini adalah air terjun. Coban ini memiliki air yang mengalir dari atas dengan ketinggian sekitar 100 meter. Bahkan, aliran tersebut diyakini berasal dari gunung di atas dan saat mengalir terlihat begitu bersih. Air terjun ini selalu terjaga dengan baik dan wisatawan dapat melihat aliran yang cukup besar.

Destinasi menawan ini menampilkan keindahan air terjun yang selalu memikat perhatian. Anda bisa bermain air saat cuaca sedang bagus. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan air terjun dengan berfoto. Air terjun yang mengalir melalui tebing dan tanaman yang rimbun bisa dijadikan backdrop untuk mengabadikan momen saat berlibur.

3. Tempat relaksasi

Coban Glotak menawarkan tempat bersantai yang memberikan udara segar. Wisatawan yang mencari tempat istirahat sejenak di sela-sela kesibukan bisa langsung memilih bersantai di Coban. Tenang, area relaksasi dilengkapi dengan deretan pondok bambu. Bersantai bersama keluarga tentu menjadi hal yang mudah bagi setiap traveler.

Selain bersantai di tepi air terjun, Anda juga bisa berjalan-jalan. Ruangan yang luas dengan tanaman yang asri pasti akan memberikan keindahan alam yang berbeda. Traveler bisa melihat keindahan Coban dari ujung ke ujung. Berkeliling santai ditemani gemericik air tentu tidak akan membuat siapapun bosan.

Alamat dan rute perjalanan menuju air terjun

Alamat Coban GlotakKredit gambar: Google Maps Kumbarakarta Kharisma

Coban Glothak terletak di Jalan Raya Coban Glothak, Malang, Jawa Timur. Tempat rekreasi yang menawarkan keindahan alam pasti bisa dipilih sebagai destinasi liburan. Wisatawan akan disambut dengan akses yang cukup baik. Bahkan angkutan umum seperti ojek dan trip bisa disewa jika pengunjung tidak sempat membawa kendaraan pribadi.

Anda bisa menuju Coban dari arah barat kota Malang menuju Jalan Joyo Agung. Lurus saja hingga bertemu dengan Jalan Raya Tegalweru dan melihat hiruk pikuk keramaian. Terus saja menuju Jalan Ahmad Yani menuju desa Bedalisodo. Setelah itu, Anda harus meninggalkan kendaraan di depan dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Coban yang indah.

Jalan menuju Coban masih terjal dan berbatu. Pengunjung harus berhati-hati saat berjalan di sepanjang objek wisata alam ini. Kemudian juga terdapat tumpukan batu dan jalan yang masih sangat licin bahkan tidak ada pagar di sudut kanan dan kirinya. Tapi trekking ke destinasi favorit membuat traveler senang karena bisa menikmati alam.

Harga Tiket Masuk Coban Glotak

Harga Tiket Masuk Coban GlotakKredit gambar: Google Maps Wiwin Oktavianti

Air Terjun Glotak tergolong tempat rekreasi yang menawarkan tiket murah. Memasuki tur dengan banyak keluarga tidak membuat kantong kering. Biaya yang ditetapkan untuk liburan di Coban diketahui sebesar Rs 5.000 per orang. Bagi yang mengajak anak kecil tidak perlu lagi membeli tiket karena ikut tour gratis khusus untuk anak-anak.

Pengunjung yang ingin menjelajahi Coban Glotak harus berjalan kaki. Kendaraan tentunya bisa diparkir di depan pintu masuk dengan biaya Rp 3.000 untuk sepeda motor. Pemudik yang mengendarai mobil bisa merogoh kocek Rp 5.000. Harga tiket masuk dan parkir berlaku untuk sehari penuh, bagi yang ingin berkemah bisa menambah biaya tiket.

Di pekarangan sekitar Coban, Anda bisa melihat warung jajanan yang menjual minuman dan menu lainnya. Wisatawan bisa menyiapkan budget mulai dari Rp 10.000 untuk membeli makanan ringan atau makanan instan. Segala biaya yang dibutuhkan para pelancong selama berlibur di wisata indah ini tentu sebanding dengan keindahan setempat. Selain itu, semua harga tersebut berlaku setiap hari.

Aktivitas Seru di Coban Glotak

Aktivitas Seru di Coban GlotakKredit gambar: Google Maps Assaifi Mc

1. Mainkan air

Coban Glotak dengan ketinggian tertentu cocok sebagai tempat bermain air. Aliran air terjun di sana memang dingin, namun tampak sangat jernih. Rasa lelah pun akan hilang setelah berenang atau bermain air di sekitar tabung Coban ini. Pengunjung bisa duduk di atas batu yang telah melewati air terjun atau berenang langsung ke kolam penampungan.

2. Mengambil gambar

Pesona indah yang membuat Coban semakin ramai kerap dijadikan latar foto. Pada waktu-waktu tertentu, para tamu juga bisa melihat pelangi yang muncul di bawah air terjun. Tentu saja, Anda dapat memotret pelangi dan aliran air yang mengalir turun. Berpose menghadap air terjun dijamin membuat hasil foto semakin estetis dan unik.

3. Kamp

Coban Glotak memiliki suasana alam yang tak terbantahkan. Anak muda sering memilih berkemah saat berkunjung karena ingin menikmati suasana sepi Coban lebih lama. Anda bisa membawa tenda, tikar, dan peralatan makan untuk menginap di sana. Kemudian pilih tempat untuk mendirikan tenda yang tidak jauh dari air terjun.

4. Lihat pemandangan alam

Panorama Coban selalu menjadi sorotan pengunjung. Alam bebas yang bisa dinikmati bisa membuat pikiran lebih rileks dan segar. Tumbuhan yang asri juga menambah pasokan udara segar yang membuat tempat ini selalu sejuk. Wisatawan bisa menikmati semua pemandangan itu dengan duduk sejenak di gubuk bambu.

5. Berkendara

Menjelajah atau berwisata sambil berlibur merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan. Kawasan Coban masih alami dengan jalan yang masih berupa tanah tandus. Traveler sering melakukan trekking dan mengunjungi setiap sudut air terjun. Sembari berjalan-jalan, Anda juga bisa mampir sebentar di warung-warung makan yang ada di kawasan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas di kawasan air terjunKredit gambar: Google Maps Yusdi Bachtiar

Coban Glotak dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai dan terbilang minim karena destinasi indah ini masih tersembunyi. Namun tidak perlu khawatir karena fasilitas pendukungnya mampu memperlancar kegiatan. Toilet umum yang ingin Anda temukan dapat dengan mudah ditemukan. Tidak banyak toilet, hanya beberapa kamar untuk pengunjung.

Tempat parkir kendaraan roda dua dan empat tidak terlalu jauh dari pintu masuk. Saat liburan tempat parkir mobil ini dijamin aman karena lahannya dijaga oleh agen. Mushola tidak sulit ditemukan bagi tamu yang ingin beribadah pada jam berkunjung. Ada juga fasilitas wudhu dan perlengkapan ibadah yang disediakan di mushola.

Coban Glotak sudah memiliki toko di dekat air terjun. Namun makanannya tidak terlalu lengkap, hanya mie, kopi, jajanan dan bakso. Belum ada tenda dan pelampung yang disewakan karena fasilitasnya diketahui belum lengkap. Lalu ada saung bambu sebagai tempat bersantai, namun masih minim karena tidak terlalu banyak berjejer.

Coban Glotak merupakan wisata alam yang cocok untuk reuni keluarga. Alam terbuka menawarkan sejuta keindahan yang menakjubkan. Bahkan air terjun menjadi salah satu tempat yang paling menjadi fokus wisata ini. Coban bisa kamu cek saat ada waktu luang dan nikmati serunya bermain bersama orang-orang terdekat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button