Penyelesaian Bendungan Ciawi dan Sukamahi direncanakan tahun ini - WisataHits
Jawa Barat

Penyelesaian Bendungan Ciawi dan Sukamahi direncanakan tahun ini

ridwan kamil

Membelah


menciak

Membelah

Membelah

Surel


BOGOR-KITA.com, CIAWI – Pj Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Senin (25/7.2022) melakukan kunjungan ke dua proyek nasional bendungan Ciawi dan Sukamahi.

“Insya Allah akan selesai sekitar tahun ini dan langsung diresmikan oleh Presiden. Tugas saya memastikan persiapan dan pelaporan ke masyarakat,” kata Gubernur Ridwan Kamil.

Kang Emil menjelaskan, jika dua bendungan ini dibangun, akan mengurangi jumlah air yang baru saja dialirkan ke Ciliwung.

“Ini adalah contoh keseriusan pemerintah dalam mengurangi bencana air. Ini adalah dua dari sembilan bendungan yang dibangun di Jawa Barat di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Mudah-mudahan, kata Kang Emil, yang lainnya bisa segera selesai sehingga kita bisa mengatasi pengelolaan air di Jawa Barat, provinsi dengan sungai terbanyak.

Dari sisi pengelolaan, Kang Emil menjelaskan, aset utama ini dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Pola tersebut dapat dikelola secara mandiri, kooperatif, atau dilelang kepada pihak ketiga.

“Apapun itu, aset ini tetap milik negara, hanya operator yang fleksibel sesuai regulasi yang ada,” katanya.

Gubernur Jawa Barat menambahkan, tentu pemandangannya sangat indah karena bendungan ini terletak di Kabupaten Bogor.

“Saya titipkan, agar ada ekonomi pariwisata untuk kedua bendungan ini, agar masyarakat bisa menikmatinya sebagai objek wisata saat keadaan air tidak dinamis, yang bisa meningkatkan popularitas Kabupaten Bogor yang indah dari segi pariwisata. “

“Bendungan tidak identik dengan hal-hal yang sangat teknis, tetapi juga dengan hal-hal yang sangat visual yang membuat orang bangga melihat tempat yang luar biasa ini,” tambahnya.

Ia mengatakan daya tarik wisata bisa ditentukan dari apa yang ada di sini, wisata Kabupaten Bogor itu unik, hanya melihat pemandangan yang indah itu menyembuhkan. Hanya saja tidak mungkin kalau orang datang ke sini kalau tidak makan, jadi bisa kuliner juga.

“Agar orang yang pulang dari sini senang dan punya kenangan positif, juga kenyang dengan makanan yang enak-enak,” kata Kang Emil.

Selain itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah mengatakan saat ini prosesnya sudah mencapai 87 persen dan akan selesai dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan.

“Masalahnya adalah cuaca secara umum, karena di sini banyak hujan dan bangunan kami adalah tumpukan tanah. Jadi kita harus mengontrol kadar air secara ketat,” kata Bambang.

Bambang mengatakan kami juga selalu berkoordinasi dengan semua pihak untuk menyelesaikan masalah yang ada, termasuk masalah akses jalan, kami berkoordinasi dengan warga dan pemerintah daerah. [] Info hari/disko

Source: bogor-kita.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button