Coban Bidadari, Pesona Air Terjun yang Indah dan Indah di Malang - WisataHits
wisatahits

Coban Bidadari, Pesona Air Terjun yang Indah dan Indah di Malang

Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Gubugklakah, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Kota Malang memang selalu mampu menghadirkan kawasan wisata yang begitu sejuk dan asri. Bagi Anda yang bepergian ke kota pasti tidak akan kecewa. Salah satu wisata baru yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Coban Bidadari. Tempat wisata ini memang begitu alami dan mampu menghadirkan kesejukan.

Air Terjun Bidadari merupakan wisata berupa air terjun yang sudah ada sejak lama. Hanya saja tempat itu menjadi viral di media sosial. Tak hanya mampu menampilkan keindahan air terjun yang begitu mempesona, berbagai spot foto yang cantik dan kekinian menjadi salah satu daya tariknya.

Kawasan wisata air terjun Bidadari memiliki banyak spot foto yang unik. Spot foto yang begitu kekinian sangat cocok dijadikan latar belakang untuk berfoto, apalagi pemandangan alam sekitar yang dipenuhi pohon pinus dan perbukitan, tentunya akan membuat hasil foto semakin seru.

Daya tarik Coban Bidadari

Daya Tarik Coban AngelsKredit gambar: Google Maps Eka Ardi Lazarus (EkaLazarus)

1. Keindahan air terjun

Daya tarik utama Coban Bidadari tentunya adalah keindahan air terjunnya. Air terjun ini memiliki latar belakang berupa hutan lebat. Wisatawan akan langsung merasakan kesejukan dan ketenangan begitu menginjakkan kaki di tempat ini.

Dengan suasana yang begitu tenang dan sejuk, pasti akan membuat pikiran dan tubuh terasa lebih sejuk. Selain alamnya yang mempesona, kawasan wisata ini juga memiliki keunikan tersendiri karena masih sangat alami. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Aliran air yang deras dan vertikal begitu sejuk, apalagi ketika cipratan air mengenai wajah Anda. Semua udara di sekitar yang berhembus perlahan akan membuat Anda merasa nyaman. Menikmati momen relaksasi di tempat ini tentu sangat mengasyikkan. Apalagi jika Anda datang bersama pasangan.

Tempat wisata Air Terjun Bidadari ini memiliki pesona alam yang terutama berupa tebing dan pepohonan. Pengunjung akan dapat merasakan suasana alam yang begitu khas dari dataran tinggi. Untuk itu, kawasan wisata ini menjadi pilihan yang tepat jika ingin melihat suasana alam.

2. Air Terjun yang Keren

Sesampainya di Coban Bidadari, Anda harus menuruni tebing yang cukup terjal. Namun rasa lelah Anda akan sirna saat tiba di tempat wisata tersebut. Air Terjun Bidadari yang memiliki air yang begitu sejuk, langsung dari hutan alami, akan terasa begitu segar.

Untuk itu, tidak jarang wisatawan datang ke sini untuk mandi dan bermain air. Begitu juga saat Anda berada di tempat ini, jangan lewatkan kesempatan ini. Air yang mengalir dari air terjun Bidadari berasal dari kawasan hutan. Hutan di sana merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Lokasi Air Terjun Bidadari berada di jalur tracking menuju Gunung Semeru jika wisatawan berangkat dari sini dari kota Malang. Oleh karena itu, wajar jika pendaki berhenti di air terjun saat berangkat atau pulang dari perjalanan ke Gunung Semeru.

3. Trekking Seru di Coban Bidadari

Daya tarik lain yang membuat Coban Bidadari sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah air terjun ini memiliki jalur trail yang sangat seru. Untuk menuju kawasan air terjun, wisatawan harus berjalan kaki.

Jarak tempuh untuk sampai ke lokasi air terjun minimal 1 km. Anda harus mempersiapkan tubuh Anda sebelum akhirnya mengunjungi tempat itu. Sebaiknya Anda membawa perbekalan dari rumah berupa air minum atau makanan.

Jadi, ketika di tengah perjalanan Anda merasa lapar atau haus, Anda bisa langsung menikmati bekal yang sudah Anda bawa. Selain karena jarak menuju Curug Bidadari relatif jauh, medan yang harus dilalui juga cukup terjal.

Jalur tracking ini berupa jalan setapak dan masih belum diaspal. Wisatawan disarankan untuk menggunakan sepatu atau pakaian yang nyaman saat mengunjungi tempat wisata. Saat musim hujan, harus berhati-hati karena jalanan cenderung licin. Selain itu, di kanan dan kiri jalan terdapat jurang.

Alamat dan rute perjalanan ke Coban

Alamat Coban BidadariKredit gambar: Google Maps oleh Rizky Pratama

Tempat wisata Coban Bidadari ini terletak di desa Gubuk Klakah, kecamatan Poncokusumo. Lokasi Air Terjun Bidadari berada tepat di bawah naungan Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Jika berangkat dari kota Malang membutuhkan waktu tempuh minimal 1 jam, karena jarak tempuh yang ditempuh adalah 32 km.

Untuk jalan sendiri menuju kawasan wisata ini tidak terlalu sulit. Wisatawan kemudian dapat memasuki Bromo melalui Malang. Nanti tinggal ikuti petunjuknya lalu temukan area air terjun sebelum masuk ke pintu masuk Gunung Bromo.

Harga Tiket Masuk Coban Bidadari

Harga Tiket Masuk Coban BidadariKredit gambar: Google Maps Sanny Octavia Kusnadi

Seperti tempat wisata lainnya, pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan dan keseruan Coban Bidadari akan dikenakan biaya masuk. Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal. Selain itu, akan ada biaya parkir yang harus dibayar.

Harga tiketnya sendiri adalah Rp 15.000. tidak ada perbedaan untuk anak-anak atau orang dewasa, serta untuk hari libur atau hari kerja. Untuk parkir dikenakan biaya Rp 10.000 sedangkan wisatawan yang membawa sepeda motor dikenakan biaya parkir Rp 5.000.

Kawasan wisata yang masih sangat alami ini memiliki jam buka yang penting untuk Anda ketahui. Waktu terbaik untuk berkunjung tentunya pada pagi hari, karena pada saat itu matahari tidak terlalu terik. Pilih juga cuaca yang cerah agar Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Coban Bidadari

Aktivitas Seru di Coban BidadariKredit gambar: Google Maps Wibisono Autopia

1. Manfaatkan senja

Coban Bidadari yang terletak di kota Malang ini menawarkan suasana senja yang tidak bisa ditandingi tempat lain. Kegiatan bersantai di sore hari tentu akan sangat menyenangkan jika dilakukan di tempat ini, apalagi bersama pasangan.

Sambil menunggu waktu ketika matahari berangsur-angsur terbenam, Anda semua bisa menikmati sajian makanan atau minuman. Di ketinggian ini ternyata ada warung yang menjual makanan enak dan minuman enak dengan harga yang cukup terjangkau.

Saat senja, Anda akan menyaksikan dari atas air terjun Bidadari warna langit yang perlahan berubah menjadi jingga yang sangat indah. Tentu akan terlihat begitu kontras dengan pepohonan hijau di sekitarnya. Cahaya oranye dari matahari akan menyapu tanaman hijau dan mengubah warna menjadi emas.

Matahari akan tampak mulai perlahan turun, kemudian dibarengi semburat merah di langit. Suara percikan air akan terdengar lebih syahdu di telinga. Suasana senja yang indah ini sangat cocok untuk Anda jadikan waktu yang tepat untuk bersantai.

2. Abadikan momen di spot foto kekinian

Coban Bidadari memang sangat populer sebagai destinasi bagi Anda yang ingin berburu foto Instagram. Hal ini dikarenakan banyaknya spot foto yang keren dan rata-rata spot foto yang disediakan berada di kawasan ketinggian.

Spot yang cukup terkenal dan menjadi favorit pengunjung yang datang adalah Sky Garden Swing. Wisatawan mungkin tampak sedang bermain ayunan di atas awan. Spot foto lain yang wajib dikunjungi adalah rumah pohon, sarang burung, dan lainnya.

3. Saksikan keindahan Coban Bidadari dari ketinggian

Panorama yang terdapat di tempat wisata yang megah ini sungguh memukau mata semua orang. Hal ini dibuktikan dengan tumbuhan hijau yang tumbuh lebat dan menutupi wilayah Kuba. Vegetasi tumbuh subur di area tebing yang mengelilingi area air terjun.

Pemandangan yang sangat memanjakan mata ini akan semakin seru untuk disaksikan di ketinggian. Ada banyak tempat yang bisa Anda gunakan sebagai spot untuk membersihkan panorama.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Coban

Pemasangan Coban BidadariKredit gambar: Google Maps Lilia Alstroemeria

Fasilitas yang tersedia di Coban Bidadari cukup lengkap dan memadai. Karena itu, Anda bisa leluasa menggunakan fasilitas tersebut dan tentunya akan membuat aktivitas semakin menyenangkan.

Beberapa fasilitas disediakan seperti toilet. Kondisi toilet di tempat ini cukup bersih dan nyaman digunakan. Di tempat ini juga terdapat tempat parkir yang aman dan juga cukup luas.

Tour leader juga telah membangun mushola bagi anda yang ingin sholat. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin memanjakan diri bisa singgah di warung-warung yang sudah ada.

Demikian kritik terhadap Coban Bidadari di Kabupaten Malang. Saat merencanakan liburan, Air Terjun Bidadari ini bisa Anda jadikan salah satu tempat wisata favorit khususnya di daerah Malang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button