Festival Ngubek Beber di Cikelet Garut, pelestarian tradisi dan pendidikan lingkungan dengan kearifan lokal - WisataHits
Jawa Barat

Festival Ngubek Beber di Cikelet Garut, pelestarian tradisi dan pendidikan lingkungan dengan kearifan lokal

literasi berita – Ngubek Beber adalah tradisi masyarakat Cikelet yang sudah lama hilang dan digalakkan kembali. Akhir pekan lalu, Minggu 28 Agustus 2022, tradisi itu digelar dalam bentuk festival di Kawasan Wisata Gunung Geder, Desa Cijembe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Iip Sarip Hidayana, dosen ISBI Bandung dan aktivis budaya di Cikelet. Berkat kerjasama ISBI Bandung dengan Yayasan CKLT dan Pemerintah Desa Cijambe, didukung oleh Program Nasional Revolusi Mental (GNRM) Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Forum Rektor Indonesia, Festival Ngubek Beber akhirnya bisa terselenggara.

Acara masyarakat adat ini dikemas dalam bentuk Festival Ngubek Beber yang menarik ribuan peserta diantaranya puluhan mahasiswa ISBI Bandung melalui program IMUN, mahasiswa PKP dari Program Studi Musik Bambu dan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).

Baca Juga: Komunitas Drawinggclass212 Gelar Pameran Seni “Lawang Jenggala”, Sambut Bulan Menggambar Nasional

Selain melibatkan mahasiswa dan dosen dari ISBI Bandung, ratusan siswa dari 4 (empat) SMA dan SMP di Garut, masyarakat umum, tokoh, seniman, pegiat budaya, pemerintah dan TNI/POLRI juga turut berpartisipasi.

Menurut Iip Sarip Hidayana, Ngubek Beber adalah istilah Sunda yang artinya menangkap ikan bersama di muara sungai. Muara adalah ujung sungai sebelum bermuara ke laut.

Festival Ngubek Beber digelar di Kawasan Wisata Gunung Geder, Desa Cijembe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.  Acara tersebut merupakan upaya melestarikan tradisi dan pendidikan lingkungan dengan kearifan lokal

Festival Ngubek Beber digelar di Kawasan Wisata Gunung Geder, Desa Cijembe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Acara tersebut merupakan upaya melestarikan tradisi dan pendidikan lingkungan dengan kearifan lokal

Dulu, kegiatan Ngubek Beber menunjukkan tradisi gotong royong masyarakat dalam mewujudkan kebersamaan dan harapan.

Tradisi Ngubek Beber ini sudah lama ada di masyarakat Cikelet dan biasanya dilakukan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Upaya Pameran “Festival Kerajinan Jabar 2021” untuk Mempromosikan dan Mempersiapkan Kebangkitan Kerajinan di Jawa Barat

Source: literasinews.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button