Cianjur, taman bermain - WisataHits
Jawa Barat

Cianjur, taman bermain

DAERAH Cianjur, Jawa Barat terkenal dengan produksi padinya yang disebut beras Cianjur. Rasanya harum seperti pandan, lebih empuk, nikmat meski disantap dengan iringan seadanya saja. Cianjur juga terkenal dengan ayam Pelungnya yang bersuara panjang merdu.

Cianjur juga memiliki sejumlah lagu sunda sedih. Lagu cianjuran yang bisa membuat pendengarnya tertawa. Sebut saja beberapa lagu seperti Panglipur Manah, Sad Pati Panyiptaan, Laras Pati Sekar Mawar dan Ayun Ambing yang hingga kini masih populer di kalangan masyarakat.

Kawasan Cianjur seluas 350.148 hektar ini juga dikenal sebagai taman bermain warga kota karena menawarkan seribu wisata.

Kawasan wisata Cianjur sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Cianjur masuk dalam “daftar” taman atau taman bermain bagi warga kota Jakata, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek). Tempat bermain lainnya tentu saja Bogor dan Bandung.

Namun untuk bisa mengunjungi semua tempat wisata di Cianjur ini membutuhkan waktu siang dan malam. Memasuki satu objek wisata saja, misalnya Kebun Raya Cibodas, butuh waktu setengah hari untuk bersantai di dalamnya. Kita sekarang bisa membawa mobil dengan jalan mulus.

Banyak pengunjung yang tergiur untuk turun dan menggelar tikar di bawah pohon rindang yang menghamparkan rerumputan hijau. Anda juga bisa bermain air yang mengalir di antara bebatuan sungai yang membelah Kebun Raya Cibodas.

Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang terbentang dari Kabupaten Cianjur, Bogor hingga Sukabumi juga menjadi tempat wisata. Kedua gunung yang namanya sering disamarkan ini sudah lama ditetapkan sebagai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Namanya sudah terkenal di kalangan pendaki gunung, baik pendaki lokal maupun mancanegara.

Baca Juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Pasca Gempa Cianjur

Traveler juga bisa menjelajahi air terjun atau cascade yang tersebar di desa-desa di Kabupaten Cianjur. Beberapa air terjun yang sering dikunjungi adalah Curug Cibeureum dan Ciismun di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas; Air Terjun Luhur di Desa Cimaskara, Kecamatan Cibinong; Air Terjun Cikondang di Desa Mangunjaya, Kecamatan Campaka; dan Curug Citambur di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda.

Bagi yang menyukai pantai, Anda bisa mengunjungi pantai selatan Cianjur. Ada sebuah pantai yang cukup terkenal. Namanya Pantai Lugina di Desa Wanasari, Kecamatan Agrabinta. Atau bermain di pantai Jayanti dan Apra, terutama bagi yang suka surfing. Apra terletak di Desa Saganten di Kecamatan Sindangbarang.

Jika ada waktu, Anda bisa menginap dan mengunjungi Haurwangi keesokan harinya, di mana terdapat objek wisata berupa hutan pinus seluas 20 hektar. Jika masih ingin jalan-jalan, lanjutkan ke Kota Bunga di Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet. Tidak jauh dari tempat ini terdapat Istana Kepresidenan Indonesia di Jalan Raya Cipanas. Istana ini juga dikunjungi oleh masyarakat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button