Upaya Pelestarian Budaya Lokal, YPA - MDR Inisiasi Destinasi Edukasi Batik Pandak Kecil - WisataHits
Yogyakarta

Upaya Pelestarian Budaya Lokal, YPA – MDR Inisiasi Destinasi Edukasi Batik Pandak Kecil

telusur.co.id Untuk menciptakan life skills yang berkelanjutan dan melestarikan keunikan budaya Batik daerah, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) bekerjasama dengan Astra Sejahtera Village (DSA) Gilangharjo, Kabupaten Bantul meluncurkan destinasi wisata Edukasi Batik Pandak Kecil.

Dalam sambutannya, Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara mengatakan Astra – Yayasan Pendidikan Michael D. Ruslim (YPA-MDR) tepat memilih Desa Gilangharjo sebagai mitra Destinasi Eduwisata Batik Cilik.

“Yang benar adalah Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) telah bermitra dengan desa Gilangharjo sebagai tujuan eduwisata Pematic untuk anak-anak karena desa ini terus menunjukkan tekadnya untuk maju dan atas dasar dari ‘sawiji greget sengguh ora to work miguh’ sebagai spirit khas Yogyakarta,” kata Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara, Kamis (1 September 2022).

“Dengan adanya komunitas Batik Cilik sebagai pelaku kreatif tentunya menambah daya tarik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gilangharjo,” tambah Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara.

Selain itu, lanjut Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat penting untuk kemajuan peradaban. “Dan bisa mendukung gerakan budaya di Jogja Gumregah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo.ST mengaku bangga dengan kerjasama dan inovasi program yang telah dilakukan YPA-MDR dengan Astra Sejahtera Village (DSA) Gilangharjo.

“Pemerintah Kabupaten Bantul bangga dengan program inovasi Komunitas Batik Kecil ini. Kami berharap program ini dapat mendukung Kabupaten Bantul sebagai kabupaten kreatif dan menjadi pendorong kebangkitan industri kreatif khususnya di Gilangharjo,” kata Hanung Raharjo kepada ST.

“Kami berterima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) atas kesediaannya mendukung kegiatan pendidikan formal dan informal di Kabupaten Bantul,” ujar Hanung Raharjo.


Sementara itu, Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo mengatakan komunitas tie-dye kecil ini berdiri pada tahun 2021.

Komunitas batik kecil ini beranggotakan 87 siswa berbakat di sekolah binaan di dua wilayah binaan Provinsi DI Yogyakarta, yaitu wilayah Gilangharjo dan Desa Sejahtera Astra (DSA), Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul dan Desa Berseri Astra (KBA). Gedangsari, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

“Selama ini bakat dan kreativitas mereka sudah terwujud sepenuhnya 97 Karya Kain Batik menulis yang dapat dilirik wisatawan baik domestik maupun mancanegara serta bersedia bersaing di industri fashion Indonesia maupun internasional,” kata Herawati Prasetyo.

“YPA-MDR berusaha untuk melakukan ini mendirikan Komunitas Batik Kecil melalui kerjasama dengan perwakilan dari guru sekolah binaan, perangkat desa, karang taruna, Pokdarwis serta perajin lokal dalam mendesain Tim Juara Lokal, yang bertujuan untuk membuat program yang efektif dan berkelanjutan. Tim ini akan mengembangkan program ini menjadi program wisata edukasi Batik yaitu Destinasi Eduwisata Batik Kecil,” tambah Herawati.

Dengan diluncurkannya Destinasi Eduwisata Batik Pandak Cilik, diharapkan para mahasiswa Komunitas Batik Cilik dapat menjadi generasi muda yang potensial dan mewariskan kecintaan terhadap Batik secara turun temurun, yang pada gilirannya dapat melestarikan Batik dan juga memupuk potensi untuk pengembangan batik. pariwisata berbasis pendidikan dan industri kreatif.

Program ini sejalan dengan pengembangan pilar kecakapan hidup dan merupakan bentuk konkrit dukungan YPA-MDR untuk realisasinya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

YPA-MDR menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah, Sekolah Binaan dan masyarakat atas dukungannya terhadap program pengembangan YPA-MDR terkait peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

FYI: Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR), didirikan pada tahun 2009, adalah sebuah yayasan yang khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk untuk memberikan kontribusi sosial yang berkelanjutan dalam pendidikan dengan mempromosikan tujuan sekolah di daerah tertinggal atau 3T (Lagged, Frontier and Outermost) di Indonesia dan merupakan perwujudan dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas.

visi, misi dll gerbang YPA-MDR bertujuan untuk menjadi lembaga yang mewujudkan sekolah unggulan di daerah tertinggal dan mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. agen perubahan menuju masyarakat yang sejahtera.

Pola pembinaan didasarkan pada 4 pilar yang meliputi pilar akademik, pilar karakter, pilar kecakapan hidup dan pilar seni budaya.

Selain itu, YPA-MDR juga memberikan dukungan berupa infrastruktur untuk mendukung kegiatan belajar mengajar sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM) yang ditetapkan pemerintah.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah mensponsori 110 sekolah (tingkat SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 kabupaten yaitu Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunungkidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.

Source: telusur.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button