Kemenparekraf mendorong mahasiswa ISI Yogyakarta untuk mengembangkan seni sebagai daya tarik wisata budaya - WisataHits
Yogyakarta

Kemenparekraf mendorong mahasiswa ISI Yogyakarta untuk mengembangkan seni sebagai daya tarik wisata budaya

Warta Ekonomi, Jakarta –

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) mendorong mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta untuk mengembangkan seni sebagai daya tarik wisata budaya sehingga berdampak positif bagi pembangunan dan penciptaan lapangan kerja.

Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf Wawan Gunawan pada kuliah umum sebagai bagian dari program “Praktisi Pengajar” Departemen Teater, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia (ISI), Kamis (29/09/2022). ) mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersedia mendukung dan melatih mahasiswa untuk mengembangkan seni sebagai daya tarik wisata budaya dengan mengedepankan pilar kustomisasi, inovasi dan kolaborasi.

Baca Juga: Menparekraf Ajak Investor Singapura Berinvestasi di Sektor Pariwisata

“Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif bersedia mendorong dan mendukung ISI Yogyakarta untuk mengembangkan seni sebagai daya tarik wisata budaya agar bisa lebih baik lagi kedepannya. Mahasiswa juga harus mampu mengembangkan seni sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraannya untuk memberikan manfaat dan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat,” kata Wawan Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/10/2022).

Keanekaragaman seni di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai daya tarik wisata budaya. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Baca Juga: Dengan Dibukanya Plaza Saraswati, Kemenparekraf Berharap Poltekpar Bali Jadi Center of Excellence

Menurut Wawan, ada tiga poin strategis dalam mengembangkan seni sebagai daya tarik wisata budaya, yaitu budaya sebagai daya tarik wisata, membaca tradisi secara modern, dan memahami bahwa semakin baik budaya dilestarikan maka akan semakin berhasil.

Selain itu, Wawan Gunawan yang juga dikenal sebagai Maestro Dalang Wayang Ajen mengatakan ada 7 nilai yang dapat diimplementasikan dalam mengemas seni sebagai daya tarik wisata budaya, yaitu nilai spiritual, nilai budaya, nilai kreatif, nilai ekonomi. nilai-nilai, nilai-nilai komunikasi dan nilai-nilai Komitmen dan nilai yang sedang berlangsung atau berkelanjutan.

Baca Juga: Bukan Karena Religius Samuel Pikir Itu Kenapa Joshua Tidak Bisa Menganiaya Putrinya Secara Seksual: Kami Tahu Pasti…

Source: wartaekonomi.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button