Lima objek wisata alam paling menarik tahun 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Lima objek wisata alam paling menarik tahun 2022

Lima objek wisata alam paling menarik tahun 2022

Bigoronline.com – Pada tahun 2022, sebanyak 5,29 juta orang akan mengunjungi wisata alam di kawasan lindung. Jumlah tersebut terdiri dari 5,1 juta wisatawan domestik dan 189.000 wisatawan mancanegara.

“Kondisi ini lebih tinggi atau hampir dua kali lipat dibanding data tahun 2021, di mana kunjungan wisman 2,9 juta orang dan kunjungan wisman 12.000 orang,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta, Jumat (13/1/2023).

Berdasarkan jumlah kunjungan wisata alam, maka diperoleh nilai PNBP dari bea masuk obyek wisata alam sebesar Rp. Rp 96,7 miliar pada tahun 2022 dan Rp 34,2 miliar pada tahun 2021.

Selain itu, Menteri Siti mengatakan jumlah kunjungan diharapkan semakin meningkat di masa mendatang. Hal ini sejalan dengan perkembangan objek wisata alam, serta penerapan teknologi informasi sebagai sarana pemasaran/promosi dan kemudahan pelayanan melalui sistem e-ticketing.

“Sistem ini juga sebagai upaya penerapan pembatasan pengunjung atau kuota pengunjung yang ditetapkan berdasarkan hasil analisis daya dukung kawasan lindung untuk melestarikan aspek konservasi,” ujarnya.

Selain memberikan kontribusi PNBP kepada negara, Menteri Siti mengatakan pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam juga memiliki multiplier effect bagi masyarakat. Dari sisi penyerapan tenaga kerja, kegiatan wisata alam di kawasan lindung telah menyerap tenaga kerja sedikitnya 4.000 orang. Mereka terdaftar sebagai pekerja pemegang izin pemukiman di cagar alam.

Selain itu, kegiatan wisata alam di kawasan konservasi juga telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sebagai penyedia jasa makanan dan minuman, pemandu wisata dan penjual souvenir. Hingga Desember 2022, komunitas yang terlibat dalam kegiatan tersebut tumbuh lebih dari 100% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Misalnya pada tahun 2021 dan 2022 di Taman Nasional Rinjani akan terjadi peningkatan pelaku wisata alam yaitu tour operator yang menjalankan usahanya meningkat dari 70 menjadi 109, pemandu wisata meningkat dari 794 menjadi 3.907, kuli angkut dari 1.841 menjadi 11.577.

Nilai manfaat kegiatan wisata alam di kawasan lindung juga memiliki implikasi ekonomi, contohnya wisata alam di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Berdasarkan hasil survei pada Oktober 2021 saat PPKM Level 4 berlangsung, nilai manfaat TNGGP di sektor pariwisata secara umum memberikan potensi pendapatan kotor (penjualan) sekitar Rp 173.000/orang/hari dan pendapatan bersih (laba bersih) sebesar Rp. sekitar Rp 134.000/orang/hari. Nilai ini dihitung untuk semua jenis kegiatan wisata alam.

Contoh lain adalah kegiatan wisata alam di Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Melalui kegiatan wisata alam di TWA Gunung Tunak, Pemkot Tunak Besopoq yang terlibat dalam kegiatan wisata akan menghasilkan pendapatan sebesar Rp471 juta atau 11 kali lipat dari PNBP kegiatan wisata alam pada Juli 2022. Nilai tersebut dihitung untuk jenis kegiatan yang menyediakan makanan dan minuman, pemandu wisata dan penjual cinderamata yang dijalankan oleh komunitas Tanak Besopoq.

Keunikan dan ciri khas suatu kawasan lindung dari segi bentang alam dan ekosistem, keanekaragaman hayati, dan kehidupan sosial budaya serta kesenian lokal masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan lindung merupakan objek dan daya tarik bagi masyarakat yang mengunjungi alam dan melakukan kegiatan wisata. Sebanyak 2.612 objek dan daya tarik wisata alam berupa pemandangan alam, air terjun, goa, laut/pantai, danau, gunung, dll. Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan antara lain berkemah, menyelam, snorkeling, panjat tebing, hiking, menikmati keindahan alam, pengamatan satwa liar, gua dan sebagainya.

1. Kegiatan Pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasi: Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Foto: Direktorat PJLKK.

2. Turis asing berselancar di Pantai G-Land di Taman Nasional Alas Purwo. Lokasi: Taman Nasional Alas Purwo. Foto oleh Balai Taman Nasional Alas Purwo.

3. Kegiatan menyelam bersama hiu paus di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Berenang bersama hiu paus tentunya aman jika mengikuti kode etik. Lokasi: Taman Nasional Teluk Cinderawasih Foto oleh Balai Taman Nasional Teluk Cinderawasih

4. Pemandangan indah Taman Nasional Gunung Rinjani di pagi hari Lokasi : Taman Nasional Gunung Rinjani Foto oleh : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

5. Kios dengan layanan makanan dan minuman di sekitar Curug Sawer Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Lokasi: Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Foto oleh Direktorat PJLKK

Skenario: Aldi S
Foto: KLHK

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button