Cerita Akhir Pekan: Cerita dari Pendidik di Museum - WisataHits
Yogyakarta

Cerita Akhir Pekan: Cerita dari Pendidik di Museum

Liputan6.com, Jakarta – Berbicara tentang museum, tentunya yang menjadi faktor pendukung bukan hanya koleksinya saja, tetapi juga yang memenuhi pengalaman berkunjung, termasuk para pendidik. Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) 66 Tahun 2015 tentang Permuseuman, tidak ada istilah pedoman bagi pejabat teknis di permuseuman, melainkan untuk pendidik.

Pemandu museum bukan sekedar pemandu seperti pemandu wisata. Mereka memberikan informasi dan pengetahuan untuk tujuan ilmiah, jelas guru museum layang-layang Liza dalam teks Liputan6.comSabtu, 13 Agustus 2022. Lanjutnya, khusus di museum layang-layang, tenaga pendidik adalah petugas yang memberikan ilmu dan pengetahuan tentang layang-layang kepada pengunjung.

Sementara itu, kurator muda Museum Ullen Sentalu Jonathan Haryono mengatakan pihaknya telah menjadi pionir dalam menyediakan wisata. “Sejak berdiri tahun 1998, tim kuratorial Museum Ullen Sentalu telah merancang wisata edukasi yang dipimpin oleh seorang pemandu (selanjutnya disebut Tour Educator),” ujarnya melalui pesan singkat, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Ia melanjutkan, “Dalam perjalanan wisata, pemandu wisata menjelaskan berbagai data sejarah dan budaya yang menyertai setiap koleksi.” Misinya adalah mempertemukan ahli waris dengan warisannya, yaitu warisan seni dan budaya bangsa. Karena itulah museum di kawasan Kaliurang Yogyakarta ini merancang wisata yang “santai tapi edukatif”.

Oleh karena itu, seorang pendidik harus mampu mengidentifikasi karakteristik tamu dan kebutuhan edukasi agar dapat merancang wisata yang menarik. “Jumlah tenaga pendidik di Museum Ullen Sentalu saat ini sekitar 13 orang,” ujarnya.

Para pendidik di museum layang-layang juga melakukan tugas serupa. “(Informasi tentang layang-layang disediakan) baik untuk masyarakat umum maupun pelajar. Sekarang ada empat (guru),” kata Liza.

* Fakta atau lelucon? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp Liputan6.com Fact Check Number 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Berkencan di museum memang menyenangkan. Yuk, intip beberapa inspirasi gaya busana untuk kencan museum bersama pasangan dalam video berikut ini.

Source: www.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button