#HJKB212 Yuk Intip Pengelolaan Sampah Cibunut: Kampung Asri, - WisataHits
Jawa Barat

#HJKB212 Yuk Intip Pengelolaan Sampah Cibunut: Kampung Asri,

gambar

gambar

gambar

gambar

Pengelolaan sampah Cibunut

Salah satu daerah yang berhasil dalam pengelolaan sampah adalah Cibunut, Desa Kebon Pisang, Kecamatan Sumur, Bandung. Warga menyebutnya Cibunut Finest.

Cibunut terbaik terletak di dekat Jalan Sunda, Kota Bandung. Sepanjang jalan di desa Cibunut sangat bersih. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat sangat peduli terhadap lingkungan.

Desa ini telah menjadi desa wisata sejak tahun 2009. Kawasan ini berhasil mengurangi sampah sebanyak 3 ton dalam kurun waktu 1 bulan.

Cibunut Finest memiliki bank sampah dan rutin dengan kegiatan bersih-bersih. Salah satunya adalah pengumpulan sampah organik, yang kemudian diolah menjadi kompos oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (KSM).

Direktur Bank Sampah Agus menjelaskan, untuk sampah organik hingga 200 kg diambil setiap 2 hari sekali. Sampah organik dikumpulkan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat.

“Di bank sampah bisa mencapai 700 kg dalam sebulan dengan jenis sampah yang berbeda-beda,” ujarnya, Selasa, 6 September 2022.

Di bank sampah, pengelola menerapkan aturan yang cukup ketat. Pelanggan tidak diperkenankan membawa atau membersihkan sampah dari luar kawasan Cibunut.

Sampah yang dikumpulkan dari bank harus berasal dari apartemen masing-masing. Sebagian besar pelanggan datang dari stand.

Ada keuntungan bagi pelanggan yang berpartisipasi dalam pengumpulan sampah, yaitu menerima uang dari tempat pengumpulan sampah.

Agus menjelaskan, uang tersebut dibayarkan dari bank induk 2 minggu sebelum lebaran dan dibagikan kepada nasabah 1 minggu sebelum lebaran.

“Uang itu dibagikan 1 minggu sebelum lebaran karena harus menghitung berapa pendapatan setiap pelanggan,” jelas Agus.

Hal ini membuat kawasan cibunut tetap bersih dan asri. Sampah juga memiliki nilai ekonomis. (Penyelamatan)**

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung

Yayan A. Brilyana

Source: www.bandung.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button