Cari kuliner enak di Yogyakarta? Ini dia rekomendasinya! - WisataHits
Yogyakarta

Cari kuliner enak di Yogyakarta? Ini dia rekomendasinya!

KONTAN.CO.ID – Setiap membicarakan destinasi kuliner di Yogyakarta, tidak berhenti sampai di situ. Sebagai kota yang istimewa, Yogyakarta terkenal dengan surga kulinernya yang beragam. Tak heran jika kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka datang untuk mengunjungi kota yang kaya akan destinasi wisata dan tentunya untuk mencicipi berbagai kuliner legendaris di Yogyakarta.

Sudah pernah mencoba Gudeg? Berbicara tentang kelezatan kuliner Yogyakarta, tentu tidak jauh dari Gudeg, sajian kuliner terpopuler di Yogyakarta. Gudeg ini juga menjadi ikon kuliner Yogyakarta. Jadi Anda harus mencobanya jika Anda punya waktu untuk berkunjung ke Yogyakarta. Sekarang sudah banyak tempat yang menjual gudeg disana. Mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran ternama. Anda bisa memilih sesuai selera Anda. Seperti, apakah Anda tertarik untuk mencoba berbagai kuliner enak dan lezat di Yogyakarta? Mohon siapkan semua akomodasi untuk mengunjungi Yogyakarta melalui Traveloka. Anda juga dapat membayar tagihan Anda dengan Traveloka PayLater.

Di bawah ini adalah rekomendasi kuliner di Yogyakarta yang enak dan menggugah selera. Simak ulasan lengkapnya.

1. Goreng petasan Bu Narti

Jika Anda menyukai makanan pedas, Oseng Oseng Kracker dari Ibu Narti cocok untuk Anda. Kuliner ini mengolah berbagai jenis bahan makanan seperti kerikil, kulit, tulang muda dan lemak babi. Kemudian dicampur dengan bumbu pedas dengan cabai rawit di dalamnya. Makan dengan nasi putih, rasanya pasti sangat gurih dan nikmat. Campuran yang tepat.

2. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong merupakan salah satu kuliner yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sate Klathak adalah kuliner yang menyajikan sate kambing. Namun sate klathak ini memiliki keunikan tersendiri. Sate biasanya ditusuk dengan tusuk sate bambu. Berbeda dengan sate klathak ini yang ditusuk dengan jeruji besi. Fungsinya agar kematangan daging lebih merata saat dibakar. Soal rasa wajib kamu cicipi karena sate klathak ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Sate Klathak Pak Pong terletak di Bantul.

3. Angkringan Lik Man

Memang, Yogyakarta identik dengan Angkringan yang populer. Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Angkringan Lik Man. Sambil menikmati Yogyakarta di malam hari, Anda bisa mencoba makan di Angkringan ini. Angkringan Lik Man memiliki menu unik yang sangat digemari oleh karena itu Angkringan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Menunya adalah Kopi Joss, yaitu kopi dengan arang panas. Arang panas direndam dalam kopi untuk menjaga panas dalam kopi. Menurut penikmat kopi Joss, arang panas ini membuat rasa kopi menjadi lebih unik dan bisa menghangatkan tubuh secara alami. Anda bisa mencobanya dengan memesan berbagai menu lainnya seperti B. Nasi kucing dengan berbagai isian, sate dan gorengan.

4. Gudeg Mbah Lindu

Selain Angkringan, Yogyakarta juga identik dengan Gudeg. Gudeg adalah ikon kuliner dari Yogyakarta. Belum lengkap rasanya jika belum mencicipi Gudeg di tempat asalnya. Salah satu Gudeg yang paling populer di Yogyakarta adalah Gudeg Mbah Lindu yang terletak di Sosrowijayan. Gudeg ini terkenal karena sangat melegenda, sudah ada sejak zaman penjajahan. Mbah Lindu sebagai penjual berusia lebih dari seratus tahun. Namun, kini Mbah Lindu telah tiada dan membuat para pecinta Gudeg Mbah Lindu merasa kehilangan. Dia sudah berjualan sejak berusia 13 tahun. Ketika Mbah Lindu meninggal, makanan panas gratis diberikan kepada para pelayat. Gudeg Mbah Lindus selalu disajikan dengan cara tradisional, sehingga cita rasa khasnya tidak pernah hilang. Kini resep gudeg diturunkan kepada anaknya. Jadi Anda tetap bisa mencoba gudeg legendaris ini saat berkunjung ke Yogyakarta.

5. Ikan Lele Mangut Mbah Martos

Mangut Lele Mbah Marto adalah sajian kuliner lezat dan nikmat yang menyajikan ikan lele. Lele di sini diolah dengan cara diasap lalu dimasak dengan santan kuning dan bumbu mangut. Rasanya gurih dan nikmat, tidak perlu diragukan lagi rasa pedas dari bumbu mangut. Mangut lele disiapkan dengan cara yang sangat sederhana. Anda bisa langsung melihat prosesnya saat sudah matang karena bisa langsung berkunjung ke dapurnya. Proses memasak masih dilakukan dengan kompor. Ini mempertahankan rasa khas Mbah Martos Lele Mangut.

6. Soto Sampah

Kedengarannya agak aneh, tapi Soto Sampah ini bukan berarti makanan kotor. Soto Sampah artinya soto dengan isian yang banyak, sehingga terkadang membuat piring menjadi berantakan. Namanya Soto Sampah, tapi justru itulah yang membuat masakan ini begitu populer dan digemari oleh masyarakat umum. Isian soto ini terdiri dari suwiran ayam atau sapi, bihun, dan sayuran seperti irisan kol dan tauge, dipadukan dengan kuah soto yang gurih dan nikmat.

Itulah rekomendasi kuliner enak dan nikmat di Yogyakarta yang wajib kamu coba satu per satu. Apakah Anda ingin mengunjungi Yogyakarta? Rencanakan perjalanan Anda dengan memesan tiket pesawat dan memesan hotel melalui Traveloka.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Penerbit : Indah Sulistyorini

Source: lifestyle.kontan.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button