Cari tempat kemping di jogja? Ini rekomendasinya - WisataHits
Yogyakarta

Cari tempat kemping di jogja? Ini rekomendasinya

Cari tempat kemping di jogja?  Ini rekomendasinya

Cari tempat kemping di jogja?  Ini rekomendasinyaFoto: Ilustrasi berkemah (chanwit whiset dari Pixabay)

Murianews, Yogyakarta – Berkemah atau berkemah adalah salah satu pilihan banyak orang saat bepergian saat ini. Ada hal yang berbeda ketika Anda sedang berkemah dan Anda tidak bisa mendapatkannya hanya dengan berkeliaran di tempat wisata.

Saat berkemah banyak pengalaman baru dan menarik yang tidak bisa dilupakan. Konon, bagi banyak orang, berkemah bisa menjadi salah satu cara penyembuhan agar semangat segar kembali.

Banyak juga tempat wisata yang menawarkan paket camping atau berkemah bagi para wisatawan. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu tempat terbaik untuk berkemah bersama orang yang Anda cintai.

Baca Juga: Sky Park Pangalengan Bandung, Cocok untuk Camping Keluarga

Ada beberapa tempat perkemahan terbaik di Jogja. Berikut rekomendasi yang dilansir laman Visitingjogja, Sabtu (1/7/2023).

Bukit Klangon

Bukit Klangon Yogyakarta telah lama dikenal sebagai salah satu tempat wisata dan berkemah paling populer di Kabupaten Sleman. Tempat wisata di lereng Gunung Merapi ini menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama anak muda yang hobi hiking dan camping.

Situs yang terletak di Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini berada di atas ketinggian yang memberikan kesejukan pada objek wisata Bukit Klangon. Bukit Klangon berjarak sekitar 36 kilometer dari pusat kota Yogyakarta melalui Jalan Pakem-Kalasan dan memakan waktu sekitar satu jam.

Obyek wisata yang berada di ketinggian 1.200 mdpl ini menawarkan nuansa liburan yang tidak seperti kebanyakan destinasi wisata alam lainnya. Sejauh mata memandang, panorama pepohonan hijau dengan latar perbukitan dan pegunungan memanjakan mata.

Dari atas bukit ini Anda bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas. Tiket masuk ke Bukit Klangon hanya Rp 5.000, Motor Rp 2.000, Mobil Rp 5.000, dan jika ingin berkemah di sini cukup membayar Rp 15.000.

Ledok Sambi

Selain masih dalam satu kabupaten yaitu Sleman, jika ingin piknik atau berkemah di tepi sungai di lembah, salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Ledok Sambi. Ledok Sambi terletak di Jl. Kaliurang No.2, Kawasan Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jarak tempuh 18 km dan berjarak 50 menit dari Tugu Yogyakarta.

Pemandangan yang ditawarkan tempat ini sangat alami dengan sungai yang mengalir di tengahnya, sungai di Ledok Sambi memiliki kedalaman air yang dangkal sehingga aman untuk anak-anak bermain di sungai. Sasaran pengunjung tempat ini adalah keluarga yang ingin piknik di tepi sungai karena anak-anak suka bermain di sungai.

Tidak ada biaya masuk ke tempat ini, hanya saja tidak boleh membawa makanan dari luar, harus membeli makanan di stand Ledok Sambi. Namun tidak menutup kemungkinan tempat ini akan digunakan untuk merasakan sensasi camping di tepi sungai. Jika Anda membawa perlengkapan camping dan tenda sendiri, Anda hanya perlu membayar Rp 35.000 per orang untuk menyewa lahan dari Ledok Sambi.

Jika tidak ingin membawa tenda, Ledok Sambi juga menyediakan tenda dengan harga mulai dari Rp 150.000. Kemudian Ledok Sambi juga menawarkan fasilitas tambahan seperti alat masak, api unggun dan perlengkapan BBQ dengan harga mulai dari Rp 50.000.

Waduk samo

Bumi perkemahan terdekat berada di Kabupaten Kulon Progo yang suasananya berada di pinggir waduk yaitu waduk Sermo. Tempat ini merupakan tempat wisata yang juga merupakan tempat perkemahan. Jadi, untuk mencapai tempat ini Anda tidak perlu kesulitan karena jalanannya bersih dan nyaman untuk dilalui berbagai kendaraan.

Disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang langsung menuju ke lokasi. Waduk Sermo terletak di Sremo Tengah, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 37 km atau 1 jam 10 menit berkendara dari Tugu Yogyakarta.

Pemandangan yang ditawarkan Waduk Sermo berupa panorama alam yang indah di antara perbukitan, pepohonan dan perairan. Cukup banyak fasilitas yang ditawarkan di tempat ini, terdapat beberapa paviliun di pinggir waduk dimana Anda bisa duduk santai menikmati alam. Anda bahkan bisa memancing di waduk ini karena tempat ini juga menjadi salah satu spot mancing di Yogyakarta.

Dulunya tempat ini hanya digunakan untuk bersantai, namun saat ini bisa juga digunakan untuk camping, karena suasana disini sangat bagus pada pagi, siang bahkan malam hari.

Ongkos pulang pergi ke tempat ini relatif murah yakni Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 untuk parkir motor, kemudian Rp 5.000 untuk mobil. Namun jika ingin berkemah cukup membayar Rp 15.000 saja sudah termasuk tiket masuk, parkir sepuasnya dan toilet.

Untuk waktu check-in campsite dari jam 15.00 sampai jam 09.00 pagi harus mulai membongkar tenda, jadi ini waktu yang tepat untuk menikmati sunset dan sunrise.

Bukit Ngisi

Lokasi berikutnya masih dalam satu kabupaten yang sama, yakni Kulon Progo. Untuk bumi perkemahan yang satu ini memiliki suasana yang berbeda dengan waduk Sermo yaitu Bukit Ngisis.

Lokasi Bukit Ngisis cukup tinggi yaitu berada di ketinggian 900 mdpl yang terletak di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan berjarak 38 km atau 1 jam 15 menit. hanya beberapa menit berkendara dari Tugu Yogyakarta.

Pemandangan yang ditawarkan Bukit Ngisis sangat indah, karena lokasinya yang berada di atas bukit kita dapat merasakan suasana yang sejuk dan asri, selain itu anda juga dapat menikmati matahari terbit yang sangat indah di pagi hari dengan awan menghiasi matahari terbit.

Tentunya sangat cocok bagi anda yang ingin camping dan menikmati sunrise yang sangat indah, apalagi disini kami menawarkan paket camping yang memudahkan kami karena tidak perlu membawa banyak barang.

Ada tiga paket yang disediakan pengelola Bukit Ngisis, yaitu:

Paket regular pertama seharga Rp 30.000 namun kita tetap perlu membawa tenda dan perlengkapan sendiri, harga tersebut sudah termasuk fasilitas di Bukit Ngisis yaitu kamar mandi, listrik, air bersih, bahkan ada wifi di tempat ini.

Kedua paket medium harganya Rp 150.000 untuk tenda berkapasitas 2 orang dan Rp 250.000 untuk tenda berkapasitas 4 orang. Harga tersebut juga sudah termasuk fasilitas yang diberikan.

Ketiga paket premium tersebut seharga Rp250.000 untuk 2 orang dan Rp400.000 untuk 4 orang. Dalam paket tersebut Anda mendapatkan perlengkapan yang lengkap, baik tenda, matras, bahkan sleeping bag. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir kedinginan saat tidur di dalam tenda.

Tebing Watu Mabur

Perkemahan terdekat disebut Watu Mabur. Masih dengan pemandangan yang mirip Bukit Ngisis, Tebing Watu Mabur menawarkan pemandangan bukit seindah Bukit Ngisis.

Tebing Watu Mabur terletak di Lembah Bang, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berjarak 26 km dan memakan waktu 1 jam 5 menit dari Tugu Yogyakarta.

Para wisatawan yang berkemah di tebing ini kebanyakan menunggu momen terbitnya pagi, karena pemandangannya sebenarnya begitu indah, matahari terbit dihiasi lautan awan di bawahnya. Karena lokasinya berada di ketinggian, maka udara di lokasi ini juga sejuk.

Selain orang yang datang untuk berkemah, banyak juga wisatawan yang datang untuk berfoto selfie di beberapa spot foto yang telah disediakan tempat ini. Tiket masuk tebing Watu Mabur hanya Rp 10.000.

Berkemah di tepi Sungai Potrobayan

Kabupaten Bantul juga memiliki bumi perkemahan yang tak kalah asyik. Apalagi bagi anda yang suka menikmati pemandangan sungai yaitu Potrobayan River Camp. Seperti namanya, Potrobayan menawarkan suasana camping di tepi sungai.

Lokasi Potrobayan ini berada di Potrobayan, Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 21 km dari Tugu Yogyakarta dan memakan waktu 55 menit.

Lokasi Potrobayan River Camp masih sangat alami, belum banyak dikembangkan sehingga anda akan merasakan keindahan alam disana. Yang paling menarik adalah di lokasi bumi perkemahan Potrobayan, Anda bisa merasakan aktivitas peternak kambing menggembalakan kambing di sekitar sungai, sehingga Anda bisa berfoto bersama kambing dan domba di sekitar sungai.

Tiket masuknya sangat murah di sini karena Anda hanya perlu membayar 2.000 rupee untuk parkir. Namun, jika ingin berkemah di sini, ada paket yang disediakan pengelola Potrobayan.

Pantai Greweng

Berikutnya adalah Kabupaten Gunungkidul, belum banyak orang yang tahu tentang pantai ini. Selain medan yang agak sulit, juga membutuhkan stamina dan tenaga ekstra untuk mencapai pantai yang terletak di Gunungkidul ini.

Memang Pantai Greweng mewakili perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, namun akan terbayar dengan pemandangan pantai yang sungguh indah. Untuk menuju pantai ini kita perlu parkir di dekat Pantai Wediombo yang berjarak 77 km dari Tugu Yogyakarta dengan waktu tempuh 2 jam 17 menit.

Kemudian Anda harus berkendara dari tempat parkir melewati medan yang cukup terjal selama 30 menit. Dalam perjalanan menuju pantai anda akan melewati hutan dan bebatuan karst yang mengelilinginya.

Selain itu, Pantai Greweng menawarkan panorama pantai yang khas dengan pasir putih, birunya air laut, dan suara deburan ombak. Karena tidak banyak orang yang lewat di sini, Pantai Greweng agak sepi. Sehingga suasana yang dihasilkan cukup tenang dan menenangkan. Garis pantai Pantai Greweng juga relatif kecil, hanya sekitar 150 m.

Masuk ke pantai ini Rp 10.000, tapi tiket sudah termasuk tiket ke Pantai Wediombo, lalu parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil, tetapi jika menginap harus membayar Rp 5.000 untuk sepeda motor Rp 10.000 untuk mobil.

KTT Kosakor

Masih di kabupaten berikutnya yaitu Gunung Kidul. Gunungkidul tidak hanya memiliki gua dan pantai yang indah, tetapi juga perbukitan yang mempesona. Salah satunya Puncak Kosakora yang asyik untuk berkemah.

Puncak Kosakora terletak di Kawasan Hutan, Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kegubernuran Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota yaitu 63 km atau 1 jam 46 menit berkendara.

Puncak Kosakora menawarkan pemandangan yang tidak biasa dari pantai lain meskipun berada di pinggir, namun Puncak Kosakora berada tepat di atas Pantai Ngegrass di mana Anda dapat menikmati pemandangan hamparan pantai dari ketinggian dengan perbukitan berbatu menambah eksotisme tempat ini.

Dari bumi perkemahan anda dapat menikmati 2 kombinasi pemandangan alam yang sangat indah, mulai pagi hari anda dapat melihat matahari terbit dengan indah, kemudian pada malam hari anda dapat melihat matahari terbenam.

Untuk masuk ke tempat ini cukup membayar parkir, Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun, jika ingin berkemah di sini, Anda harus membayar Rp 5.000 untuk menginap semalam dengan sepeda motor dan Rp 10.000 untuk menginap dengan mobil.

Pengarang: Dani Agus
Penerbit : Dani Agus
Sumber: visitjogja.jogjaprov.go.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button