Revitalisasi Taman Pura Mangkunegaran, dipersiapkan menjadi destinasi wisata budaya - WisataHits
Jawa Tengah

Revitalisasi Taman Pura Mangkunegaran, dipersiapkan menjadi destinasi wisata budaya

TEMPO.CO, solo – Kota Solo akan segera memiliki destinasi wisata baru lagi. Situs tersebut berada di kawasan Candi Mangkunegaran, tepatnya di taman barat laut kompleks Candi Mangkunegaran.

Kawasan Taman Pura Mangkunegaran atau Pracima Park atau dikenal juga dengan Pracima Tuin saat ini sedang dalam tahap revitalisasi. “Rencananya akan selesai pada akhir Desember 2022,” kata Penguasa Pura Mangkunegaran Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) kata Mangkunegara X Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo saat berbicara dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat meninjau proyek revitalisasi Pracima Tuin. , Selasa, 8 November 2022.

Sebelum revitalisasi, taman ini berfungsi sebagai lapangan tenis. Dengan revitalisasi tersebut, ia berharap kawasan tersebut menjadi lebih produktif dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas sebagai ruang publik, termasuk sebagai pusat pengembangan seni dan budaya.

Mengacu pada konsep Pracima Tuin, Gusti Bhre mengatakan taman ini terinspirasi dari taman kerajaan yang dibuat pada masa pemerintahan Sampeyan-dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (SIJKGPAA) Mangkunegara VII, buyutnya. Desain arsitektur Pracima Tuin menghubungkan Jawa dan Eropa karena merupakan akulturasi dari keduanya.

“Taman ini terinspirasi dari era Mangkunegaran VII berdasarkan kajian yang kami lakukan dan ada dukungan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya. dan seterusnya,” kata Lord Bhre.

Menurut Gusti Bhre, revitalisasi tersebut merupakan salah satu upaya menjadikan kawasan Candi Mangkunegaran sebagai pusat pengembangan budaya Jawa, khususnya Mangkunegaran yang berkelanjutan.

Taman Pracima beserta bangunannya, antara lain Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik, bertujuan untuk menjadi wadah pengembangan seni, kolaborasi budaya, pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dan kuliner khas Mangkunegaran.

Menurut Gusti Bhre, revitalisasi juga merupakan salah satu langkah awal untuk menjadikan kawasan Candi Mangkunegaran sebagai tempat interaksi publik sekaligus ruang terbuka hijau yang akan mendukung Pemkot Solo dalam meningkatkan paru-paru kota dan memperluas daerah resapan air tanah. “Proyek revitalisasi ini merupakan langkah kami untuk mewujudkan Mangkunegaran sebagai pusat budaya untuk terus memenuhi misi melestarikan dan mengembangkan budaya yang berkelanjutan,” ujarnya.

Proyek revitalisasi tersebut dilakukan atas kerjasama Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan Pracima Tuin nantinya bisa menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kota Solo. “Ini (revitalisasi) baru tahap awal ya. Tahap selanjutnya adalah revitalisasi di tempat-tempat lain karena kami ingin Candi Mangkunegaran bisa dinikmati banyak wisatawan dengan tempat-tempat baru,” katanya.

Baca juga: KGPPA Mangkunegara X ingin masyarakat lebih dekat dengan budaya Pura Mangkunegaran

Sselalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button