Dua Destinasi Wisata di Kabupaten Malang Masuk Tempat Piknik Rekomendasi Mas Menteri - WisataHits
Jawa Timur

Dua Destinasi Wisata di Kabupaten Malang Masuk Tempat Piknik Rekomendasi Mas Menteri

WAKTU INDONESIA, MALANG – Menparekraf Sandiaga Uno RI atau lebih akrab disapa Mas Menteri merekomendasikan tempat piknik di lima kota dan kabupaten di Indonesia. Ada dua destinasi wisata di Kabupaten Malang yang masuk dalam rekomendasi tempat piknik, kata Mas Menteri.

Dikutip dari Instagram Mas Menteri Sandiaga Uno, Senin (19/12/2022), dua destinasi Kabupaten Malang yang masuk dalam rekomendasi tempat piknik adalah Taman Labirin Coban Rondo dan Desa Wisata Pujon Kidul.

Alasan Mas Menteri Sandiaga Uno mengeluarkan rekomendasi tempat piknik karena hasil kajian yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata masyarakat Indonesia kurang memiliki tempat piknik.

Pariwisata-Kabupaten-Malang.jpgDua destinasi wisata di Kabupaten Malang masuk dalam Rekomendasi Tempat Piknik Menteri. (Foto: Instagram Sandiaga Uno)

“Hiks, baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang Indonesia kurang piknik, rata-rata hanya piknik 2,6 kali dalam setahun,” tulis Sandiaga Uno di Instagramnya.

Oleh karena itu, Mas Menteri mengajak masyarakat untuk piknik. Mengingat beberapa daerah di Indonesia memiliki tempat piknik dengan potensi yang luar biasa.

“Ada banyak destinasi wisata yang murah dan dekat dengan rumah yang bisa Anda gunakan sebagai tempat istirahat sejenak dan menikmati quality time bersama orang tersayang,” ujarnya.

Direkomendasikan oleh Mas Menteri Sandiaga Uno, berikut profil dua destinasi Kabupaten Malang yang menjadi salah satu tempat piknik di Indonesia.

Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang.

Pujon-Kidul.jpgSuasana desa wisata Pujon Kidul. (Foto: Instagram Desa Wisata Pujon Kidul)

Siapa yang tidak tahu destinasi Desa Wisata Pujon Kidul yang terletak di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Di tempat ini dikenal dengan Sawah Cafe.

Apalagi Desa Wisata Pujon Kidul sudah berkelas nasional. Tak hanya itu, ia juga mendapat pengakuan dari Presiden Jokowi yang sebelumnya mempostingnya di Instagram miliknya.

Dengan perpaduan pegunungan dan persawahan yang memanjakan mata lagi dan lagi. Ditambah secangkir kopi membangkitkan rasa. Menikmati alam menjadi begitu istimewa. Hal inilah yang ditawarkan oleh Desa Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul.

Sesuai dengan namanya, Sawah Café dibuat seolah-olah pengunjung sedang duduk dan makan di gubuk petani yang biasanya berada di tengah sawah.

Layaknya persawahan, aktivitas para petani yang menggarap lahan pertanian sengaja dilakukan di area café seluas hampir dua hektar ini. Sambil makan, pengunjung bisa menyaksikan pawai para petani.

Ada gubuk-gubuk tempat makan, berdiri di tengah sawah menguning di tengah areal siap panen, bahkan ada yang berdiri di atas kolam dengan ikan-ikan yang menggoda dan siap dipancing kapan saja.

Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang memiliki BUMDes yang mendukung usaha desa. Pendapatan BUMDes luar biasa.

Meski di tengah pandemi Covid-19, BUMDes masih bisa menyumbang Rp 1,4 miliar kepada PADes Pujon Kidul di tahun 2020. Cafe Sawah ditutup selama lima setengah bulan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sawah Cafe dan tempat parkir mobil wisata berkontribusi lebih dari 90 persen (Rp 8,96 miliar) dari total pendapatan BUMDes. Omzet BUM tahun 2020 sebesar 9,5 miliar rupiah. Total, BUMDes mempekerjakan 136 anak muda dari Desa Pujon Kidul.

Taman Labirin Coban Rondo Kabupaten Malang

Labirin Taman.jpgSuasana Taman Labirin Coban Rondo Kabupaten Malang. (Foto: Instagram Coban Rondo)

Lokasi Taman Labirin Coban Rondo Kabupaten Malang ini masih satu kawasan dengan Desa Pujon Kidul yang keduanya berada di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Wisata Taman Labirin Coban Rondo menawarkan banyak pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisatawan akan merasakan sensasi berbeda saat berkunjung ke Taman Labirin Coban Rondo Kabupaten Malang.

Kawasan wisata ini dulunya hanya menawarkan wisata Coban Rondo, namun setelah menyadari potensi kawasan wisata yang indah, pengelola wisata menambahkan objek wisata baru ini ke Labyrinth Park.

Properti wisata Taman Labirin Coban Rondo di Kabupaten Malang sangat cocok untuk mengisi liburan Anda. Taman labirin Jawa Timur ini menampilkan keindahan alam dan lanskap hijau yang memanjakan mata.

Pengelola wisata menggunakan tanaman hijau untuk membangun dinding taman ini membentuk taman labirin. Taman labirin ini tidak terlalu besar dan menempati area seluas 2400 meter persegi.

Labyrinth Park kini menjadi lokasi Photo Hunt. Mayoritas wisatawan hanya datang untuk mengabadikan momen indah dengan foto atau selfie. Tempat untuk foto sendiri ada di taman labirin, dan wisatawan juga bisa berfoto di atas menara.

Selain sebagai destinasi foto, pengunjung dan wisatawan juga bisa merasakan serunya tersesat dan mencari jalan keluar di Taman Labirin Coban Rondo Kabupaten Malang.

Inilah dua destinasi wisata di Kabupaten Malang yang masuk dalam Rekomendasi Tempat Piknik Menteri Sandiaga Uno. Anda bisa mencobanya kali ini saat liburan Natal dan Tahun Baru.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button