Cara Yogyakarta antisipasi peningkatan kasus Covid-19 saat libur akhir tahun - WisataHits
Jawa Timur

Cara Yogyakarta antisipasi peningkatan kasus Covid-19 saat libur akhir tahun

TEMPO.CO, Yogyakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai mewaspadai potensi peningkatan kasus Covid-19 jelang Natal dan Tahun Baru atau libur akhir tahun. Pada pertengahan Desember, omzet kasus baru Covid-19 di pasar perbaikan rumah turun kembali di bawah 20 kasus sehari, setelah sempat meningkat menjadi lebih dari 100 kasus sehari pada November lalu.

“Kepatuhan terhadap protokol kesehatan harus diterapkan di destinasi wisata mulai sekarang agar wisatawan yang berbelanja, menikmati barang tidak tertular atau membawa atau menularkan virus,” kata Direktur Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana, Minggu, 18 Desember 2022.

Biwara meminta asosiasi pramuwisata dan biro perjalanan mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19. Begitu pula dengan guide di setiap destinasi dimohon untuk tidak lupa menyediakan alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer, dan sabun cair.

“Hingga libur akhir tahun ini, kami telah menyiapkan 142.375 masker, 7.560 paket hand sanitizer, dan 240 paket sabun cair untuk didistribusikan ke destinasi wisata,” kata Biwara.

“Perhatikan kondisi Covid-19 karena Yogyakarta diprediksi akan dikunjungi 4 juta wisatawan lebih pada akhir tahun ini, mobilitas akan sangat tinggi,” tambah Biwara.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, berdasarkan data terbaru Badan Pusat Statistik, saat ini DIY menempati urutan pertama secara nasional untuk jumlah pergerakan wisatawan, dengan indeks 6,2. Angka itu ditarik dari kajian tingkat hunian hotel di Yogyakarta pada triwulan III 2022 sebesar 61,23 persen atau di atas rata-rata nasional.

“Sedangkan durasi tinggal Wisatawan di Yogyakarta saat ini berjumlah 1,9 orang, dengan jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 1.933 orang dan wisatawan domestik sebanyak 5,1 juta orang,” kata Singgih.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan untuk menekan laju penyebaran Covid-19 pada libur akhir tahun, pemerintah dan pengelola pariwisata harus bisa memastikan infrastruktur untuk menjalankan protokol kesehatan sudah sesuai. dan tersedia untuk umum. “Pastikan semua bahan berfungsi, misalnya untuk wastafel, air harus mengalir, sabun ada, hand sanitizer tersedia, masker mudah didapat,” ujarnya.

Baca juga: Simak langkah-langkah persiapan liburan akhir tahun agar nyaman dan hemat

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button