7 Wisata Tarakan di Kalimantan Timur - WisataHits
wisatahits

7 Wisata Tarakan di Kalimantan Timur

Wisata Tarakan – Mendengar kata tarakan pasti ingat Kalimantan. Tarakan adalah sebuah kota yang terletak di sebuah pulau kecil dan merupakan pusat pemerintahan Kalimantan Timur. Saat ini Tarakan dinobatkan sebagai kota terkaya ke-17 dari seluruh kota di Indonesia. Kota Tarakan terdiri dari 4 kecamatan, masing-masing Kecamatan Tarakan Barat, Kecamatan Tarakan Tengah, Kecamatan Tarakan Timur dan Kecamatan Tarakan Utara.

Di Tarakan sendiri, selain banyak mencatat sejarah sebagai tempat raja-raja, tempat berkumpulnya para nelayan, dan tempat penjajah Belanda mengambil minyak Indonesia, Tarakan memiliki potensi wisata yang sangat menguntungkan. Banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun sayangnya tempat ini belum begitu populer.

[artikel number=3 tag=”kalimantan”]

Untuk membantu pemerintah mengejar pariwisata Indonesia secara internasional, dolanyok.com telah mengumpulkan 7 teratas wisata Tarakan.

Pantai Amal Tarakan

pantai amal tarakan

Pantai Charité adalah pantai paling populer di kota Tarakan. Lokasi pantai amal berada di kecamatan Tarakan Timur. Uniknya, Pantai Amalgam sendiri sebenarnya terdiri dari 2 pantai, yang pertama adalah Pantai Amal Baru dan Pantai Amal Lama. Kedua pantai ini berdekatan dan menghadap ke timur dan Anda dapat menikmati matahari di pagi hari, karena bagian timur pulau ini tidak terhalang oleh pulau-pulau lain. Selain bisa melihat lokasi yang cerah, Anda juga bisa menikmati keindahan air laut yang jernih dan makanan khas penduduk setempat.

Pantai Bumi Kuning Tarakan

Pantai bumi kuning

Pasir lautnya membentang lebih dari 1 km sebelah timur Kalimantan, yaitu Pantai Tanah Kuning. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bagus, ombak yang cukup tenang dan air yang sangat jernih. Untuk menuju pantai ini dari Pulau Tarakan, Anda bisa menggunakan speedboat atau pesawat perintis. Pantai

Museum Roemah Boendar Tarakan

Museum Rumah Bundar

Dilihat dari namanya, museum ini sudah ada sejak zaman Belanda. Museum ini menyimpan berbagai dinasti peninggalan Belanda dan Jepang. Museum ini terletak di sebelah kantor DPRD Tarakan dan tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata edukasi populer di Kalimantan Timur yaitu Tarakan.

Bunker Warisan Jepang di Bandara Juwata

istana jepang tarakan

Tarakan adalah tempat pertama yang dikunjungi penjajah Jepang dan Belanda. Maka tidak heran jika di pulau ini banyak peninggalan berupa dinasti yang masih ada sampai sekarang. Bunker Jepang adalah salah satu dari banyak yang tersisa. Bunker Jepang tersebut kini menjadi tempat wisata bagi warga lokal maupun asing. Lokasi bunker peninggalan Jepang ini berada di dekat Bandara Juwata.

Zona Wisata Pembibitan

7 Wisata Tarakan, Kalimantan Timur 1

Jika Anda ingin kunjungan edukasi untuk anak-anak, Anda bisa datang langsung ke crèche. Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai tanaman langka yang dirawat dan dipelihara langsung oleh pemerintah Tarakan Timur. Lokasi pembibitan berada di kecamatan Tarakan Timur.

Hutan Mangrove Tarakan

hutan bakau tarakan

Sebagai kawasan yang didominasi perairan, Pulau Tarakan juga menawarkan wisata hutan mangrove yang menawan. Dan tempat ini menjadi tempat wisata paling populer di Tarakan. Hutan mangrovenya sangat terawat dan bersih, sehingga tidak heran jika wisatawan lokal datang silih berganti ke tempat ini untuk menikmati kesegaran alam.

Taman Oval Tanah

Taman Oval Tanah

Oval Fields Park adalah tempat wisata di tengah kota Tarakan. Penduduk kota sering menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat ini. Karena lokasinya yang berada di pusat kota, Anda juga bisa menikmati kuliner di sekitar taman.

Baiklah, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, apakah Anda pernah ke Tarakan? coba share pengalaman anda di kolom komentar atau anda ingin menambah daftar wisata tarakan, anda bisa menghubungi kami melalui kontak. Sayangnya, saya belum tahu di mana turnya kuliner dalam tarakan populer, oleh karena itu tidak dapat ditampilkan. Saya harap informasi ini telah membantu Anda.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button