September, revitalisasi THP Kenjeran dimulai - WisataHits
Jawa Timur

September, revitalisasi THP Kenjeran dimulai

JawaPos.com- Tata letak sisi utara kawasan THP Kenjeran berlanjut. Berdasarkan informasi dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Surabaya, proyek tersebut dalam tahap verifikasi kualifikasi 60 penawar.

Kesepakatan yang memiliki nilai penilaian sendiri (HPS) sebesar Rp 4,3 miliar itu diharapkan membuat kawasan wisata di pantai timur Surabaya (Pamurbaya) itu semakin khas. Terutama taman hiburan Pantai Kenjeran (THP).

Iman Krestian Maharhandono, Kepala Bidang Konstruksi Badan Pertanahan dan Perumahan Rakyat dan Permukiman Kota Surabaya (DPRKPP), mengatakan pihaknya masih menunggu akhir proses lelang hingga saat ini. “Ya, kami masih menunggu keputusan Satuan Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ),” ujarnya. Jika melihat jadwal, penawaran dan penandatanganan akan selesai pada akhir Agustus. Di sinilah pekerjaan September dimulai.

Tata letak sisi utara kawasan THP Kenjeran mencakup beberapa hal mendasar. Yakni perbaikan kanal sepanjang 250 meter. Nantinya, kanal tersebut akan mengatasi masalah banjir saat hujan dengan intensitas tinggi.

Kemudian tata letak trotoar pejalan kaki di kawasan THP Kenjeran di sisi utara. Termasuk perbaikan dermaga, kemudahan penggunaan perahu wisata dan penyambungan ke Jembatan Suroboyo.

Jika rancangan tersebut terealisasi, Jembatan Suroboyo dapat ditempuh melalui THP Kenjeran di sisi utara. “Ini masih dibahas dan dikaji karena akses selama ini dari sisi selatan,” katanya.

Selain itu, Pemprov DKI juga akan memperbaiki beberapa gedung dan lahan parkir di sisi utara untuk menampung lebih banyak kendaraan roda empat. “Termasuk pasar pantai. Juga akan ditambah,” sambungnya.

Bulan lalu, pemerintah kota mulai menyiapkan lahan parkir untuk Pusat Ikan Bulak (SIB) dan Taman Bulak. Batu-batuan diletakkan di beberapa tempat di halaman. Kondisinya lebih tinggi dari susunan sebelumnya. Dengan penataan ini, kondisi jalan sejajar dengan akses menuju Taman Bulak. “Konsepnya terintegrasi. Jadi dulu layout paving di SIB,” kata Iman.

Tata ruang SIB juga tergabung dalam bangunan milik Pemkot Surabaya. Lokasi bangunan berada tepat di sebelah utara SIB. Rencananya, gedung tersebut diperuntukan untuk pusat bisnis lainnya. “Itu akan dimasukkan dalam proses lelang selanjutnya,” katanya.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button